Hal Yang Tidak Perlu Anda Lakukan Untuk Menghemat Keuangan Saat Lebaran


Menghemat keuangan saat lebaran – Saat bulan ramadhan dan lebaran tiba, banyak dari kita yang menganggap jika kebutuhan akan berkurang dan otomatis kita bisa menghemat keuangan. Tapi ternyata kenyataan tidak seindah apa yang kita pikirkan.

Nyatanya pengeluaran bulan ramadhan sangat banyak sekali sampai – smapai uang tabungan terkikis karena ada banyaknya kebutuhan. Untuk menghindari hal tersebut jangan lupa ya membaca ulasan mengenai tips menghemat pengeluaran selama ramadhan yang kali terbitkan sebelumnya.

Dan buat anda yang ingin hemat di hari lebaran agar uang kita tidak terbuang sia – sia di hari lebaran berikut Hal yang tidak perlu anda lakukan untuk menghemat keuangan saat lebaran.

Hal Yang Tidak Perlu Anda Lakukan Untuk Menghemat Keuangan Saat Lebaran

menghemat keuangan saat lebaran
menghemat keuangan saat lebaran

Membeli Baju Lebaran

Bukan hanya admin fispol ya yang menyarankan untuk tidak membeli baju lebaran, karena hampir semua orang termasuk ahli kuangan juga menyarankan hal tersebut. Kalian bisa lihat sendiri kan bagaimana penuhnya lemari kita karena setiaop bulannya sehabis gajian kita menghabiskan uang untuk membeli baju.

Bahkan dari baju yang tertumpuk di lemari tersebut ada yang tidak kita gunakan, nah akan bertambah sayang sekali bukan jika kalian tidak bisa memanfaatkan baju yang ada dan membeli baju baru

Apalagi baju baru tersebut hanya untuk memenuhi rasa gengsi bukan karena anda benar – benar menginginkan. Bayangkan jika biasanya anda membeli baju lebaran seharga Rp 200.000, bagaimana jika uang tersebut kita gunakan untuk berinvestasi bukankah sudah menghasilkan bunga yang cukup banyak.

Membuat Makanan Terlalu Banyak
Sudah menjadi tradisi jika kita akan masak – masak besar saat lebaran, ada banyak pilihan makanan yang tersedia mulai dari kue kering, ketupat, opor, rendang, sate dan masakan lainnya. Membuat makanan sendiri saat lebaran bagus ya karena bisa menghemat pengeluaran karena saat tersebut banyak keluarga yang datang.

Jadi banyangkan berapa banyak uang yang ahrus kita suiapkan untuk menyiapkan makanan untuk keluarga. Tapi sayangnya saat lebaran tidak banyak orang bernafsu makan, sehingga banyak makanan terbuang sia – sia setelah lebaran.

Jadi untuk menghemat pengeluaran ada baiknya pertimbangkan berapa banyak makanan yang harus anda masak untuk keluarga. Jangan sampai anda membuang – buang uang dan membuang sisa – sisa makanan. Ada baiknya berikan pada orang membutuhkan jika makanan yang anda masak tidak habis.

Membeli Makanan Di Luar

Sebagian orang memilih memasak sendiri ketika lebaran namun tidak sedikit oula amsyarakat yang lebih memilih makan di luar dibandingkan makan makanan rumahan. Saat lebaran semua pedagang akan emnaikan harga makanannya karena memanfaatkan momen lebaran.

Jadi jangan heran pengeluaran anda akan bertambah jika amkan di luar, jika biasanya anda hanya menghabiskan 45 ribu untuk 3 orang namun saat lebaran anda bisa membayar lebih dari harga tersebut.

Perabotan Baru Dan Renovasi Rumah

Tidak sedikit amsytarakat yang menginginkan rumah terkesan baru saat lebaran, sehingga mereka melakukan berbagai renovasi muali dari mengecat dinding kembali atau emmbeli perabotan baru. Nah jika anda memang ingin benar – benar menghemat pengeluaran, hindari kegiatan ini.

Merenovasi rumah atau memberi perabotan baru hanya akan menambah biaya lebaran, uang yang seharusnya bisa dialokasikan untuk membeli berbagai kebutuhan saat lebaran harus digunakan untuk membeli hal yang tidak terlalu penting dan tidak mendesak.

Nah itu tadi Hal yang tidak perlu anda lakukan untuk menghemat keuangan saat lebaran yang harus anda hindari.Meskipun saat lebaran adalah hal yang penting dan datang 1 tahun sekali namun bukankah lebih baik jika kita juga bisa memperbaiki diri pada hari lebaran.

Termasuk memperbaiki pola hidup kita dan juga keuangan kita yang salah. Selain itu ada baiknya juga kita saling bermaaf maafan dan mengambil hikmah dari datangnya Ramadhan dan lebaran, Selamat idul fitri, mohon maaf lahir batin ya.


Saran lainnya