Tips Mudik Aman Menggunakan Bus


Tips mudik aman menggunakan bus – Angkutan umum adalah pilihan yang tepat untuk anda yangingin mudik namun tidak memiliki kendaraan pribadi seperti motor atau mobil. Mudik menggunakan angkutan memang memiliki kelemahan dan kelebihan ya.

Salah satu kelebihannnya yaitu kita tidak perlu repot – repot memikirkan service kendaraan dan yang kedua lebih hemat jika anda masih single atau belum berkeluarga. Namun kekurangan mudik menggunakan kendaraan umum yaitu lurang leluasa, apalagi jika barang bawaan kita banyak dan juga rawan tindak kejahatan.

Untuk penggunaan angkutan umum seperti pesawat, kereta dan travel sudah aman, namun bagaimana dengan angkutan lainnnya  seperti bus ? Nah buat anda yang tahun ini mudik menggunakan angkutan umum berikut Tips mudik aman menggunakan bus yang bisa anda jadikan referensi sebelum berangkat.

Tips Mudik Aman Menggunakan Bus

tips mudik menggunakan bus
tips mudik menggunakan bus

Jadwalkan Keberangkatan Anda Jauh – Jauh Hari

Penting sekali mengetahui kapan kita harus berangkat, pantau terus berita mudik dna lihat kalapn bus – bus mulai ramai dipadati pemudik. Jika anda bisa pulang sebelum mendekati hari H, berangkatlah karena semakin mendekati hari raya semakin ramai pemudik.

Bahkan bisa – bisa anda tidak mendapatkan kursi mudik dan semakin mendekati hari H lebaran maka tiket kursi juga akan naik.

Siapkan Barang – Barang Yang Hendak Dibawa

Apapun kendaraan yang anda gunakan baik roda dua, mobil pribaid, mobil rental atau kendaraan umum fipol.com selalu mengajurka untuk menyiapakn barang bawaan jauh – jauh hari. Sehingga kita bisa melihat seberapa banyak yang kita bawa dan apakah kita sanggup membawa.

Bawalah barang – barang yang yang diperlukan, jangan lupa membawa barang – barang yang wajib dibawa saat mudik dengan anak jika anda membawa sang anak serta dalam angkutan umum. Bagaimana jika kita tidak sanggup membawa namun barang tersebu penting ?.

Jika barang tersebut penting digunakan di kampung halaman anda bisa menggunakan jasa ekpedisi untuk mengatasimya. Dan inilah fungsinya mengapa anda harus packing barang jauh – jauh hari.

Jangan Bawa Barang Berharga

Jika menggunakan angkutan umum jangan bawa barang berharga, bawa uang secukupnya. Jika ingin membawa uang untuk sanak keluarga bawalah uang digital atau kartu debit saja. Jangan menggunakan perhiasan karena akan mengundang kejahatan di tempat umum.

Siapkan uang ongkos angkutan sebelumnya di kantong, jangan di dompet agar orang – oarng tidak tahu dimana anda menyimpan barang berharga. Jangan lupa amankan handphone, jangan menaruhnya sembarangan.

Siapkan Tempat Sampah Dan Camilan Sendiri

Anda tidak perlu membawa tempat sampah besar ya sahabat fispol, namun sebagai gantinya bisa menggunakan kresek sebagai tempat sampah. Dan bisa mengunakannnya untuk wadah sampah yang kita hasilkan.

Jangan lupa bawa makanan dan camilan sendiri apalagi perjalanan mudik anda jauh. Dan membuat camilan sendiri sangat disarankan ya karena akan jauh lebih aman dan sehat.  Hindari menerima makanan pemberian orang yang tidak dikenal terlebih lagi ditempat umum untuk berjaga – jaga.

Hal Yang Harus Anda Lakukan Selama Di Dalam Bus

Hindari memberikan informasi penting dan pribadi pada orang lain apapun alasannnya untuk menghindari kejahatan. Hindari menerima makanan dan minuman dari orang mencurigakan. Jangan menunjukan tempat berharga penyimpanan uang dan lain – lain pada orang.

Awasi dan amankan barang berharga, jika bawan banyak anda bisa memisahkan barang tidak berharga seperti baju atau jajanan lebaran di tas sendiri dan barang berharga di tas sendiri. Dengan begitu tas yang berisi barang tidak terlalu berharga bisa dimasukan ke dalam bagasi dan untuk barang berharga bisa anda taruh depan anda.

Bahkan admin sendiri jika menggunakan kendaraan umum dan tidur selalu memeluk tas yang berisi barang berharga sehingga tidak ada yang bisa mengambilnya meski kita sedang beristirahat.

Informasikan Kendaraan Dan Posisi Anda Kepada Keluarga

Jika naik kendaraan umum penting sekali memberikan informasi kendaraan apa yang kita gunakan pada keluarga. Hal ini untuk mengantisispasi jika terjadi hal – hal yang tidak diinginkan pada kita selama diperjalanana.

Informasikan nama kendaraan, plat kendaraan dan juga perkiraan sampai di kampung halaman sehingga keluarga bisa membantu jika anda belum juga sampai tujuan.

Nah itu tadi Tips mudik aman menggunakan bus yang bisa anda lakukan, tetap waspada dan jaga diri ya selama perjalanan. Selamat mudik lebaran.


Saran lainnya