Tips Mudik Aman Menggunakan Motor


Mudik aman menggunakan motor – Lebaran sudah di depan  mata ya sahabat fispol.com dan kini sudah waktunya kita mulai menyiapkan armada apa yang akan kita gunakan saat mudik. Ada banyak pilihan armada yang bisa anda pilih mulai dari pesawat, kereta api, mobil, kendaraan umum atau kendaraan roda 2.

Pada dasarnya kendaraan roda dua tidak dianjurkan untuk digunakan untuk mudik. Hal ini juga sudah disampaikan oleh pihak berwenang. Saat mudik jalanan akan penuh dengan kendaraan besar dan kendaraan roda dua sangat tidak dianjurkan karena menimbulkan kemacetan dan berbahaya.

Tapi apa daya jika keuangan kita tidak mencukupi untuk menyewa satu mobil atau membeli tiket kendaraan umum. Mau – tidak mau kita hanya bisa menggunakan sepeda motor untuk mudik. Nah anda ingin mudik aman selama lebaran, berikut tips mudik aman menggunakan motor.

Tips Mudik Aman Menggunakan Motor

tips mudik menggunakan sepeda motor
Source : pikiran-rakyat

Service Kendaraan Bermotor

Penting sekali memastikan kendaraan dalam keadaan fit saat mudik menggunakan motor, karena saat mudik motor terus bekerja bahkan jarang sekali istirahat. Dengan melakukan pengecekan dan service sepeda motor, motoh akan lebih enak digunkan.

Yang perlu di cek untuk persiapan mudik yaitu sistem pengereman, sistem pembakaran, service berkala, jangan lupa periksa rantai motor apakah layak pakai atau tidak, ganti oli samping dan oli mesin agar motor mulus saat melaju.

Dan yang terakhir yaitu jangan lupa isi full bensin, meskipun ada banyak pom bensin dan pom cadangan yang tersedia di sepanjang jalan namun kalian pasti tahu seperti apa antrinya di SPBU.

Bawa Barang Seperlunya

Pelanggaran yang dilakukan pemudik menggunakn sepeda motor yang sering dilakukan yaitu membawa barang berlebihan. Siapkan barang seperlunya dan jauh – jauh hari agar saat mudik anda tidak kebingungan.

Jika barang bawaan tidak mungkin dibawa, maka anda bisa menyewa jasa ekspedisi, paketkan barang anda melalui jasa ekspedisi ke kampung halaman agar praktis.

Sepeda Motor Hnaya Untuk 2 Orang

Sepeda motor diciptakan untuk 2 orang saja ya, bukan untuk bertiga maupun berempat. Meskipun yang dibonceng adalah anak – naka namun tidak seharusnya motor digunakan beramai – ramai. Penggunaan yang melebihi kapasitas akan memperlambat gerak motor dan membuat pengemudi sulit mengendalikan kendaraannya.

Sebagai alternatif jika anggota keluarga banyak yaitu 2 orang menggunakan sepeda motor dan lainnya bisa menggunakan angkutan umum. Atau mengikuti mudik gratis yang banyak disediakan pemerintah dan pihak swasta.

Tidur Dan Istirahat

Sebelum berkendara, anda sebaiknya tidur sekitar 8 jam agar fit saat diperjalanan, dan jangan lanjutkan perjalanan jika anda merasa capek atau mengantuk. Beristirahatlah di pos – pos istirahat yang banyak disediakan.

Berhentilah mengemudi minimal setiap 2 – 3 jam sekali apa lagi jika anda membawa anak kecil, ajaklah si kecil beristirahat agar bisa fresh melanjutkan perjalanan.

Gunakan Alat Safety Riding

Penting sekali menggunakan alat pengaman untuk pengendara sepeda motor, gunakan jaket, masker, helm SNI, sarung tangan jika perlu tambahkan alat pengaman kaki untuk berjaga – jaga mengingat saat mudik jalanan sangat ramai.

Jangan Tergesa – gesa

Dengan alasan ingin ketemu keluarga atau tidak kuat di jalanan banyak kita yang tergesa – gesa, menyalip sana sini dan tidak melihat peraturan. Ngebut di jalanan beresiko fatal terlebih lagi saat mudik lebaran.

Jadi jangan sampai anda mengecewakakan orang yang menanti anda di rumah ya, hanya karena ingin cepat sampai anda bisa membawa duku dalam bagi keluarga. Tidak apa – apa pelan asal selamat.

Tentukan Waktu Berangkat

Siapkan keberangkatan anda jauh – jauh hari, pilihlah saat hari masih sepi jika bisa, namun jika tidak bisa berangkatlah subuh. Saat itu kendaraan masih lengang tidak banyak kendaraan lalu lalang. Jdi ini waktu yang tepat, dengan begini waktu tempauh juga kaan lebih cepat dibandingkan berangkat di jam – jam sibuk.

Nah itu tadi tips Mudik aman menggunakan motor, meskipun sedang buru – buru namun tetap tenang selama di perjalanan ya. Jangan memaksakan membawa banyak barang dan memaksa tenaga, selamat mudik. Dan untuk anda yang mudik menggunakan mobil pribadi jangan lupa membaca tips yang sudah kami ulas sebelumnya ya.

 


Saran lainnya