Tips Mudik Menggunakan Mobil Pribadi


Tips mudik menggunakan mobil pribadi – Memiliki mobil pribadi memberi kelebihan sendiri ya seerti bisa digunakan untuk mudik. Saat mudik satu keluarga akan pulang kampung dan masalahnya kita sering kebingungan bagaimana cara pulang kampung hemat dan aman.

Dan salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan rental mobil atau menggunakan jasa angkutan umum. Tapi hal ini tidak berlaku bagi yang memiliki mobil pribadi, dengan mobil pribadi kita tetap bisa mudik sekeluarga tanpa harus menambah biaya untuk menyewa mobil atau membeli tiket.

Nah buat anda yang tahun ini akan mudik menggunakan mobil pribadi berikut tips mudik menggunakan mobil pribadi yang bisa anda jadikan referensi.

Tips Mudik Menggunakan Mobil Pribadi

tips mudik menggunakan mobil pribadi
tips mudik menggunakan mobil pribadi

Cek Keadaan Mobil

Hal pertama yang harus kita lakukan adalah menyiapakan kondisi mibil supaya prima saat diperjalanan. Periksa semua bagian mobil dan jika perlu service mobil. Jangan gunakan mobil jika mobil mengalami masalah karena akan menambah masalah baru saat diperjalanan.

Cek sistem pengereman, sistem pembakaran, AKI mobil dan lainnya jangan sampai mobil mengalami rem blong atau mogok diperjalanan.

Bawa Surat – surat Lengkap Dan Peralatan Mobil

Meskipun saat mudik tidak ada tilangan karena semua polisi sibuk mengatur jalanan, namun surat – surat enting wajib dibawa untuk berjaga – jaga. Selain surat bawa juga peralatan mobil, mulai dari dongkrak, ban cadangan dan lain – lain.

Hal ini untuk berjaga – jaga jika ditengah jalan terjadi hal yang tidak diinginkan sedangkan tidak ada bengkel tersedia di jalur yang anda lewati.

Sewa Supir Pengganti

Usahakan dalam 1 mobil ada 2 orang yang bisa menyeti mobil, dengan begini anda bisa bergantian untuk menyetir. Jika salah satu supir mengantuk maka ada yang menggantikannya. Jika terpaksa tidak ada yang bisa menyetir selain anda maka alangkah lebih baik anda menyewa supir pengganti.

Jadi saat sang sopir lelah anda bisa menggantikannnya begitu juga sebaliknya, meskipun hal ini belum banyak dilakukan namun cara ini efektif agar anda bisa cepat sampai tujuan dengan aman.

Sesuaikan Dengan Kapasitas Tampung Mobil

Jika mobil yang anda miliki berkapasitas 5 orang, sebaiknya patuhi ya jangan menambah penumpang lagi dengan alasan anggota keluarga banyak atau menghemat pengeluaran dan lain – lain. Sudah banyak terjadi kasus kecelakaan dimana diakibatkan karena kelebihan kapasitas.

Anda tidak ingin hal tersebut terjadi bukan, bukankah ada baiknya kita berjaga – jaga dari pada hal yang tidak diinginkan terjadi. Karena kelebihan kapasitas membuat kendaraan sulit dikendalikan saat melaju.

Utamakan Keselamatan

Apapun kendaraan yang anda gunakan, utamakan keselamatan. Jangan memacu kendaraan dalam kecepatan tinggi. Ingat keluarga yang ada di kampung sedang menunggu anda dan sekeluarga untuk berkumpul.

Istirahat

Sebelum mengemudi pastikan anda dan snag sopir sudah cukup tidur, jangan berangkat jika badan tidak enak atau kurang istirahat. Dan selama perjalanan jangan lupa beristirahat di nest area minimal setiap 3 – 5 jam sekali.

Dengan beristirahat sang sopi dan penumpang bisa menghilangkan bosan karena berkendara di jalanan. Waktu istirahat ini juga bisa dimanfaatkan untuk mandi, ke toilet atau sekedar melemaskan otot.

Manfaatkan AC Dengan Bijak

Enaknya mudik menggunaan mobil pribadi, kita bisa menggunakan AC sehingga panas tidak terasa. Nmaun penggunaaan yang kurang bijak bisa menyebabkan aki tekor. Nah penting sekali menggunakan AC dengan bijak.

Saat menggunakan AC tutup semua jendela dan saat AC dimatikan buka semua jendela agar sirkulasi udara lancar. Dan untuk menghemat AC gunakan AC pada siang hari dan mantikan AC dimalam hari. Sebagai gantinya dimalam hari anda bisa membuka kaca mobil agar udara masuk ke dalam mobil.

Nah itu tadi tips mudik menggunakan mobil pribadi yang bisa anda lakukan, hati – hati selama perjalanan ya sahabat fispol karena keluarga besar menunggu di rumah. Dan untuk anda yang membawa anak – anak berikut barang yang wajib di bawa saat mudik dengan anak – anak.


Saran lainnya