Mengenai Kartu Secure Credit Card (SCC) di Bank BNI dan BCA


Artikel ini adalah informasi terkait dengan pembuatan kartu kredit scc dari berbagai bank serta pengalaman pribadi saat menggali informasi kepada bank, apakah benar ada atau sudah tidak ada lagi. Saya akan berbagi pengalaman saat mencoba mengajukan secured credit card di kantor cabang bni dan bca baru-baru ini. Bagaimana caranya membuat kartu kredit dengan jaminan ini dan Apa kata mereka mengenai scc? Saya pikir ini akan penting bagi pemula (Pertama mengajukan kartu kredit) untuk menjadi bahan pertimbangan sebelum ke bank.

KARTU SCC SECURE CREDIT CARD
KARTU SCC SECURED CREDIT CARD

Masih terkait dengan kartu kredit, simak mengenai Cara membuat Kartu Kredit berbagai Bank beserta Syaratnya.

Apa itu Secured Credit Card (SCC)

Seperti yang kita semua tahu, sudah banyak informasi bertebaran mengenai scc atau secure kredit card ini, bila anda tiba dihalaman ini karna menacari di google dengan mengetikkan “syarat kartu kredit scc”, “Secured credit card BCA” atau “Cara mengajukan kartu scc” maka kemungkinan besar anda pernah membaca rujukan tentang hal ini sebelumnya.

Dari semua informasi dan penjelasan yang didapatkan dibeberapa situs web menjelaskan bahwa secured credit card merupakan sebuah program bank yang menerbitkan kartu kredit dengan jaminan pasti langsung approve (disetujui ) oleh bank tanpa lewat peninjauan tim verifikasi kartu kredit layaknya proses kredit biasanya. Anda hanya perlu mendepositkan sejumlah uang kepada bank sebagai jaminan, yang kemudian itu akan menjadi limit dari kartu scc ini.

Dari informasi tersebut, sebagai pemula yang sudah sejak lama ingin menggegam sebuah kartu kredit dengan ambisi tinggi ingin segera mengajukan scc ini, biasanya mereka (termasuk saya) adalah beberapa orang yang terkendala saat hendak apply kartu kredit dikarenakan syarat dan ketentuan yang begitu rumit untuk bisa dipenuhi. Misalnya bagi seseorang yang berprofesi sebagai freelancer, penulis lepas, blogger, web developer mandiri dan profesi yang belum bisa mengurus sertifikasi resmi akan sangat tidak mungkin untuk memenuhi syarat membuat kartu kredit yang diminta oleh bank.

Oleh karena hambatan tersebut, program secured credit card ini menjadi sebuah pintu masuk bagi mereka yang tidak bisa memenuhi persyaratan ini karna proses pengajuannya tidak akan memerlukan slip gaji / keterangan pengahasilan, surat izin profesi, melainkan cukup dengan memiliki sujumlah uang untuk menjadi jaminan kepada bank.

Secured credit card cocok untuk mereka:

  • Seseorang yang belum bekerja
  • Orang yang tidak bekerja tetap
  • Berprofesi sebagai blogger / penulis online dan jasa lainnya
  • Bekerja paruh waktu
  • Tidak memiliki penghasilan tetap
  • Bukan pegawai perusahaan / tidak memiliki slip gaji
  • dan mereka yang tidak memenuhi persyaratan pengajuaan kartu kredit laiinya
  • memiliki usaha yang belum terdaftar resmi, misalnya usaha online

Sudah ajukan kartu kredit bca belum? pelajari Mengajukan Kartu kredit BCA? ini Cara Apply Dan Persayaratannya

Bank yang menerbitkan kartu kredit SCC

Berdasarkan artikel yang kami rangkum, ada beberapa bank yang memiliki program secured credit card ini, sedangkan untuk bagaimana apakah mereka masih mengeluarkan SCC ini masih belum bisa dipastikan karna tidak adanya informasi terkait pada situs resmi bank tersebut. Adapun tertutupnya info mengenai jenis kartu kredit ini tidak dipublikasikan bisa saja karna ini mungkin adalah program rahasia atau bisa juga untuk menjaga privasi nasabah. Berikut adalah daftar bank yang disebutkan pernah berhasil mengeluarkan secured credit card dengan jaminan sejumlah uang:

Secured Credit Card Bank Mega

Terdahulu kabarnya bank mega tengah membuka program kartu kredit SCC ini namun sekarang telah memiliki sebuah fitur baru perbankan yakni “Aplikasi Kartu Kredit One Day Approval (Instant Issuance) ” dikhusukan kepada nasabah atau bukan nasabah, yang bisa diaplikasikan baik oleh individual maupun kolektif. Proses apliaksi cc ini jauh lebih cepat dari biasanya dengan Kharapan untuk disetujui 99%, meskipun demikian bank mega tetap menerapkan syarat dan ketentuan untuk mengajukannya.

Kartu Kredit SCC Bank Central Asia (BCA)

Secured Credit Card BCA diperoleh dengan seleksi khusus (selektif) kepada nasabah yang memenuhi persyaratan saja. Tidak tertutup kemungkinan juga bagi nasabah bca yang baru untuk bisa mengajukan scc bca pada cabang BCA yang menyediakan fasilitas ini, yang artinya tidak semua cabang menerima. Jika tersedia kemungkinan untuk disetujui adalah sangat besar karna dengan jaminan sejumlah uang yang didepositokan. Ingat bahwa meskipun disetujui, ada syarat  berlaku dari bank BCA.

Kartu Kredit SCC Bank Negara Indonesia (BNI)

Secured Credit Card BNI bisa anda peroleh dengan mudah jika cabang menyediakan fasilitas ini. SCC bisa diperoleh oleh nasabah terdaftar disemua cabang BNI dengan proses cepat dan kemungkinan disetujui adalah lebih besar dibanding kartu kredit umumnya. Dimana meskipun demikian, syarat dan ketentuan diterapkan, termasuk deposito sejumlah uang yang dinilai luamayan tinggi jika dibanding dengan bca, BNI mengwajibkan minimal 10jt untuk deposit pengajuan SCC. Deposito tersebut digunakan sebagai jaminan kartu kredit Anda.

Secured Credit Card Bank Mandiri

SCC Bank Mandiri juga merupakan program khusus yang artinya tidak semua pihak bisa mengakses program ini, hanya beberapa yang memenuhi kriteria saja (selektif), contohnya nasabah lama/preferred yang memiliki tabungan dengan jumlah banyak.

Secure Credit Card Bank CIMB Niaga

Pernahkan anda mendengar “CIMB Niaga Pledge Card”? itu adalah sebutan untuk SCC CIMB Niaga terdahulu  yang dikhususkan untuk nasabah terdaftar disemua cabang Bank CIMB Niaga indonesia dengan proses verifikasi kartu kredit cepat karena memerlukan jaminan berupa tabungan deposito setidaknya sejumlah 8jt IDR.

Secured Credit Card Bank Sinarmas

SCC Sinarmas identik dengan “Sinarmas Indigo Credit Card” terdahulu yang pernah ada pada nasabah bank Sinarmas. Secured credit card sinarmas ini dikhususkan bagi nasabah terdaftar Sinarmas dengan minimal deposito uang sebesar 500rb IDR. Meskipun demikian, tetap akan ada syarat dan ketentuan dari Bank sinarmas.

Update baru tentang pengajuan kartu scc sinarmas bisa dibaca pada artikel Produk kartu kredit SCC sinarmas


Nah, sebagaimana saya katakan tadi bahwa saya akan berbagai informasi lebih banyak lagi mengenai pengalaman Saya terkait dengan secured credit card. Disini saya sudah mencoba 2 bank yakni bank bca dan juga bank BNI. Berikut adalah wawancara yang pernah saya lakukan pada masing-masing kantor cabang, baik itu BNI maupun BCA.

Apa kata BNI tentang Secured Kredit Card?

Berdasarkan materi yang telah didapatkan diatas, saya pun bergegas kebank terdekat untuk mengajukan aplikasi kartu kredit ini, yakni secured credit card dan yang pertama adalah bank BNI. Hasilnya adalah Nihil, bahwa Customer service BNI tidak memeliki informasi terkait secure credit card tersebut, padahal kalau dikatakan nasabah baru, saya bukan nasabah baru. Bahkan pada rekening BNI saya tersebut ada banyak transaksi setiap harinya karna merupakan tabungan utama Saya pribadi. Panjang x lebar wawancara saya dengan Customer service dikantor cabang BNI seperti dibawah ini:

Saya: Mbak cs, apakah ada program dari BNI terkait Secured Credit card?

Customer Service: Maaf, BNI tidak memiliki program kartu kredit semacam yang anda maksudkan…

Saya: Tapi saya pernah membaca informasi SCC di beberapa situs yang menyebutkan bahwa bank BNI memiliki fasilitas ini…

Customer Service: Maaf sekali bapak, untuk sementara kami tidak memiliki informasi tentang hal ini.

Saya: Itu loh mbak, kartu kredit dengan jaminan sejumlah uang yang didepositkan.

Customer service: Maaf sekali bapak, untuk pengajuan kartu kredit, bni tidak memerlukan deposit sejumlah uang seperti yang bapak sebutkan. Saya sarankan untuk mengajukan kartu kredit seperti biasa. Aplikasi anda akan ditinjau oleh pusat.

Apa kata BCA tentang Secured Kredit Card?

Tak puas dengan jawaban dari Bank BNI tersebut, Karna saya masih penasaran akan SCC ini, juga karna saya memang benar-benar mebutuhkan fasilitas tersebut terkait bisnis dan pekerjaan online Saya sebagai web developer dan penulis lepas diberbagai situs maka Saya pun melanjutkan ke bank BCA untuk mengajukan kartu kredit SCC.

Dari penjelasan CS bank BCA bahwa dia tidak pernah mendengar tentang bca secure kredit ini, bahkan dia sampai menanyakan atasannya pada saat itu dan memang kantor cabang BCA tersebut belum membuka kesempatan untuk pengajuan kartu kredit bca dengan jaminan sejumlah uang. Mereka hanya menerima aplikasi dengan pengajuan normal, yakni persyaratan sebagai karyawan, pengusaha, dan profesional.

Kesimpulan tentang Kartu kredit SCC

Dari materi yang kita miliki tentang SCC diatas jelas bahwa Jenis kartu Secured Credit memiliki keunggulan berbeda-beda disetiap bank dan tidak semua bank di Indonesia memiliki program yang satu ini. Pada daftar bank yang membuka aplikasi scc diatas yaitu CIMB Niaga, BCA, BNI, Mandiri, Bank mega dan juga permata menerapkan beberapa kebijakan dan terutama harus menyetorkan sejulah dana yang kemudian dikunci sebagai jaminan.

Terkait dengan pengalaman saya pribadi saat mengajukan secure credit card di bank BNI dan BNI diatas kita dapat mengambil kesimpulan bahwa meskipun bank memiliki program scc, tentu saja tidak keseluruhan cabang bank tersebut. Bisa saja salah satu cabang membuka kesempatan sedangkan cabang BCA atau BNI lainnya tidak menyediakannya.

Sedangkan untuk selanjutnya, saya akan terus menambahkan informasi lebih detail mengenai bank lainnya yang akan segera saya kunjungi untuk mengajukan scc ini. Saya akan membagikan pengalaman saya pada artikel selanjutnya. Oh ya, jika Anda memiliki pengalaman yang sama terkait pengajuan secured kredit card, bisa dong dibagikan melalui kotak komentar untuk menjadi referensi bagi saya dan teman2 pembaca….


Informasi Lain tentang Kartu Kredit

Jika anda masih belum memahami apa itu kartu kredit? cobalah bandingkan persamaan dan perbedaannya terhadap kartu debit atau atm: Perbedaan kartu kredit dan Debit, ATM. Selain scc masih banyak pilihan kartu kredit unggulan untuk anda baca:


Saran lainnya