Tips Mengamankan Dokumen Saat Liburan Ke Luar Negeri


Tips mengamankan dokumen saat liburan ke Luar negeri – Buat anda yang sudah sering ke luar negeri pasti berlibur ke luar negeri adalah hal yang menyenangkan karena kita bisa melihat hal – hal baru, wisata baru, kuliner baru dan mendapatkan pengalaman baru.

Namun buat anda yang belum terbiasa ke luar negeri pasti ada beberapa hal yang belum anda pahami dan salah satu yang sering diabaikan oleh traveller luar negeri pemula adalah tidak mengamankan dokumen.

Hal – hal yang tidak diinginkan selalu mengintai kita ya dimanapun kita berada apalagi masalah dokumen penting. Jika saat traveling kita mengalami masalah di dalam negeri hal itu tuidak mengapa karena akan ada banyak orang yang segan membantu namun lain halnya jika di luar negeri.

Masalah dokumen yang sering terjadi di luar negeri antara lain, kehilangan kartu kredit, kehilangan kode booking atau atau tiket pesawat atau hotel, kehilangan paspor visa atau dpkumen rusak. Nah untuk menghindari hal di atas berikut Tips mengamankan dokumen saat liburan ke Luar negeri versi fispol yang bisa anda lakukan.

Tips Mengamankan Dokumen Saat Liburan Ke Luar Negeri

Tips Mengamankan Dokumen Saat Liburan Ke Luar Negeri
Tips Mengamankan Dokumen

Membungkus Plastik

Untuk mengamankan dokumen dari kerusakan ada baiknya anda membungkus dokumen menjadi 1 dalam plastik. Selain bisa meringkas berkas, menjadikan dokumen menjadi satu dapat memudahkan jika ada pengecekan dokumen.

Selain itu tujuan dari membungkus dokus dokumen menggunakan plastik untuk menghindari dokumen dari tumpahan air baik air hujan, air minuman dan lain – lain. Lagi pula membungkus plastik jauh lebih murah karena harga plastik juga murah dari pada harus menggunakan wadah lainnya.

Duplikasi Dokumen Penting

Untuk menghindari hal – hyal yang tuidak diinginkan atau ingin tetap aman meski kehilangan dokumen ada baikny anmada membuat salinan dokumen penting ke dalam bentuk softcopy dan menyimpannya pada email maupun mengirimkannya pada keluarga terdekat.

Jadi jika terjadi kehilangan dokumen anda tidak perlu khawatir karena anda sudah punya salinan dokumen tersebut yang bisa dibuka melalui email maupun meminta keluarga untuk mengirimnya saat dibutuhkan.

Kunci Tas Dan Gunakan Tas atau Koper Yang Aman

Pencurian saat di penerbangan memang marak terjadi mengingat semua orang pasti membawa dokumen penting dan uang yang cukup banyak saat ke luar negeri. Hal inilah yang membuat bandit udara terus bertambah meskipun dari pihak maskapai telah berusaha menangkapnya.

Untuk menghidari bandit – bandit udara ada baiknya nada menggunakan tas yang aman. Gunakan tas yang tahan dari benda tajam, dan panas. Ada abiknya anda juga memilih koper atau tas dengan kunci pengaman. Jika terpaksa tidak ada anda bisa memasanginya sendiri untuk berjaga – jaga.

Menginformasikan Hal Penting Pada Keluarga

Cara aman yang bisa kita lakukan saat ke luar negeri adalah dengan membawa uang secukupnya dan menggantinya dengan membawa kartu kredit agar lebih aman. Namun hal ini bisa berubah menjadi bencana yang sangat besar jika kartu kredit anda hilang atau dicuri.

Jika mengalami hal ini yang harus anda lakukan pertama kali adalah menelphone bank penyedia kartu kredit dan memblokirnya gar kartu kredit tidak di salah gunakan. Namun bagaimana jika anda lupa informasi penting kartu kredit ?

Untuk menghindari hal seperti ini ada baiknya informasikan terlebih dahulu info pentimg kartu kredit pada orang terpercaya. Agar orang tersebut dapat memblokirnya, tapi anda juga harus pintar memilih karena salah memilih orang kepercayaan bisa menjadi boomerang bagi hidup anda.

Nah itu tadi Tips mengamankan dokumen saat liburan ke Luar negeri yang bisa anda lakukan. Berlibur ke luar negeri memang menyenangkan namun ada baiknya anda mencari informasi lengkap tentang tempat wisata liburan, adat istiadat, peraturan dan kebijakan di sana.

Dan buat anda yang sednag berencana ke Jepang berikut daftar wisata bagi pemula dan tempat  wisata musim gugur yang wajib anda kunjungi.


Saran lainnya