Cara Ampuh Mengembalikan Pola Tidur Yang Sehat


Kurang tidur dapat membuat tubuh kita menjadi kurang fit, dan juga gampang terserang oleh berbagai penyakit. Begitu juga dengan kelebihan jam tidur, hampir sama halnya dengan kurang tidur. Hanya saja jika kurang tidur akan lebih beresiko untuk kesehatan kita. Tubuh kita juga memerlukan istirahat atau tidur selama 7-8 jam dalam sehari setelah aktif seharian beraktifitas.

Jika kita memiliki pola tidur yang sehat maka kita akan lebih fresh dan berenergi. Namun ada banyak juga orang yang memiliki pola tidur tidak sehat. Kadang begadang sampai pagi hari sehingga tidurnya jadi tidak teratur. Kebiasaan begadang hingga larut malam juga dapat mempengaruhi kondisi kesehatan kita.

Pada artikel sebelumnya saya sudah membahas mengenai manfaat bangun pada pagi hari, kali ini saya akan berbagi tips atau cara mengembalikan pola tidur yang sehat, agar tubuh kita tetap fit dan terhindar dari berbagai penyakit.

Cara Mengembalikan Pola Tidur Yang Sehat

Konsumsi Buah dan Sayur
Buah-buahan dan sayuran sangat penting untuk tubuh kita. Jika kita rutin mengkonsumsi buah dan sayur setiap hari, maka tubuh kita akan tetap sehat. Jika pola hidup sehat sudah kita terapkan maka akan mempengaruhi juga pola tidur yang sehat. Kalau tubuh kita sehat jadi kita mampu menerapkan pola tidur yang sehat, tetapi yang lebih penting lagi hindarilah makan termasuk buah dan sayur menjelang istrahat atau tidur.

Biasakan Membuka Tirai Atau Jendela Kamar di Pagi Hari
Dengan membuka tirai atau jendela kamar di pagi hari akan membuat sinar matahari pagi bisa masuk. Biasanya kita akan malas bangun jika di pagi hari suasana kamar masih gelap dan adem, sehingga membuat kita terbuai akan suasana. Tapi jika kamu biasakan membuka jendela kamar setiap pagi, otomatis kamu akan terbiasa bangun pagi dan tidak melanjutkan tidur sampai siang hehehe.

Tidur Yang Cukup
Tubuh membutuhkan istrahat atau tidur minimal 7-8 jam dalam satu hari. Usahakan jangan tidur terlalu larut malam (diatas jam 10 malam) karena akan mengganggu pola tidur kamu. Tidur berlebihan juga tidak baik karena membuat pola tidur menjadi tidak teratur, ada baiknya tidur jam 10 malam, sehingga kamu bisa terbangun disaat pagi hari dengan fresh. Jika kamu lakukan hal ini secara rutin maka otomatis kamu akan terbiasa dengan pola tidur sehat seperti ini.

Melakukan Yoga
Yoga juga ternyata dapat mengubah pola tidur menjadi lebih baik. Yoga membuat pernapasan menjadi baik dan teratur. Dengan rutin melakukan yoga juga dapat membantu kita untuk mengurangi stress dan bisa membuat tidur lebih nyenyak. Jika kita memperoleh tidur yang nyenyak maka otomatis kita bisa bangun dengan teratur.

Itu dia sahabat fispol beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan pola tidur sehat kamu, semoga informasinya bermanfaat.


Saran lainnya