3 Makanan yang Cocok Dikonsumsi Penderita Tiroid


Mempunyai tubuh yang sehat dan bebas dari gangguan jenis penyakit adalah keinginan semua orang di dunia ini, tapi semuanya itu pasti ada beberapa di antara kita yang tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Tidak sedikit juga orang di dunia ini mengalami berbagai penyakit yang mematikan. Salah satunya adalah penyakit Tiroid.

Makanan yang kita konsumsi juga sangat mempengaruhi gaya hidup sehat kita, untuk tetap menjaga kestabilan tubuh, sangat baik jika kita mengonsumsi makanan yang sehat dan mempunyai asupan gizzi yang baik, untuk menghindari beberapa penyakit.

Penyakit Tiroid adalah penyakit kelenjar di bagian endokrin. Yang biasanya terletak pas dibawah jakun, yang berfungsi untuk mengatur sistem metabolisme dalam tubuh. Sehingga penyakit ini sangat berbahaya, jika sudah terjadi maka proses metabolisme di dalam tubuh tentunya akan terhambat, karena penyakit tiroid ini.

Hormon yang dikeluarkan oleh kelenjar tiroid sangat berperan dalam perkembangan organ didalam tubuh diantaranya jantung, otak, hati, dan peran reproduksi. Sehingga jika hal tersebut tidak terkendali, maka kelenjar tiroid akan mengalami gangguan yang bisa memberikan efek negati yang signifikan pada tubuh.

Penyakit ini pada umumnya bermula karena beberapa pengaruh, diantaranya yaitu

  • Kadar iodin didalam tubuh yang berlebihan
  • Obat-obatan yang mengandung Litium
  • Radiasi
  • Operasi pengangkatan kelenjar tiroid

Mengingat keberadaan tiroid ini didalam tubuh sangat penting, sangat dianjurkan untuk kita tetap menjaga kesehatan tubuh dengan menjauhi berbagai kegiatan yang dapat memicu penyakit.

Ciri-ciri penyakit tiroid yaitu

  • Timbulnya benjolan di leher
  • Merasa kedinginan atau kepanasan
  • Rambut rontok
  • Siklus menstruasi terganggu
  • Sering merasa lelah
  • Penurunan berat badan secara drastis
  • Nyeri otot dan tulang

Untuk tetap menjaga kesehatan, berikut adalah 3 buah yang baik untuk dikonsumsi penderita penyakit tiroid :

Salmon

Ikan salmon (Kaya kandungan Vit D)
Ikan salmon (Kaya kandungan Vit D)

Makanan yang mengandung banyak Vit D adalah makanan yang baik untuk dikonsumsi penderita penyakit tiroid. Karena hasil dari beberapa temuan menunjukkan salah satu penyebab penyakit hipotiroidisme adalah kuranganya asumsi Vit D.

Ikan Salmon adalah ikan yang kaya akan Vit D, jadi sangat cocok untuk memenuhi asumsi Vit yang kurang di dalam tubuh. Selain itu sangat dianjurkan juga untuk mengonsumsi makanan yang mengandung Vit D lainnya yang bisa menunjang perbaikan kekurangan Vit dalam tubuh seperti Jus jeruk, susu, dan telur.

Kacang Putih

kacang putih
kacang putih

Penyebab lain yang memicu keberadaan penyakit tiroid adalah karena kurangnya zat besi dalam tubuh. Zat besi sangat dibutuhkan tubuh untuk menjaga kekebalan tubuh.

Kacang putih adalah makanan yang kaya akan zat besi yang tinggi, sangat baik untuk dikonsumsi penderita tiroid untuk mengembalikan kandungan zat besi yang kurang didalam tubuh. Sesuai dengan pernyataan diatas penyebab penyakit tiroid adalah kekurangan zat besi, berdasarkan fakta menunjukkan penderita yang kekurangan zat besi akan mempengaruhi aktivitas enzim yang menghasilkan hormon tiroid.

Kacang Brazil

Kacang brazil
Kacang brazil

Kacang brazil mempunyai kadar selenium yang tinggi  juga kadar mineral yang memiliki peran penting dalam proses produksi hormon tiroid, dan kandungan aktioksidan yang baik.

Kandungan Selenium yang dimiliki kacang brazil dapat mencegah peningkatan peradangan yang diakibatkan oleh kondisi penyakit tiroid yang kekurangan selenium, mineral, dan antioksidan dalam tubuh serta menekan efek negatif yang ditimbulkan penyakit tersebut.

Itulah di 3 makanan yang baik utnuk di konsumsi pnderita penyakit tiroid.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 


Saran lainnya