5 Jenis Penyakit yang Bisa di Ketahui Dari Bau Tubuh Anda


 

Sebagian orang yang sedang mengalami penyakit, tentunya ingin mengetahui jenis penyakit yang sedang di alaminya. Ada banyak cara untuk mendeteksi atau mengetahui penyakit dari dalam tubuh, seperti check-up ke dokter spesialis atau rumah sakit, dan adapula sebagian dari mereka bisa mengetahui jenis penyakit yang sedang mereka alami tanpa harus pergi ke rumah sakit.

bau mulut
bau mulut

Tanda-tanda seseorang yang sedang mengalami penyakit biasanya akan terlihat dari perubahan suhu tubuh, ada yang suhu tubuhnya panas, dingin, dan bahkan dua-duanya (panas dingin).

Selain itu, dari penampakan wajah seseorang juga kita bisa membedakan yang sedang sakit dan yang tidak sakit, karena akan sangat terlihat dengan jelas perbedaan orang sakit dengan yang tidak sakit. Mereka yang sakit cenderung akan terlihat lemas dan pucat.

Tetapi, tahukah anda bahwa berbagi jenis penyakit dalam tubuh, ada lima penyakit yang bisa dideteksi dari bau dalam tubuh, baik itu yang berasal dari aroma badan dan mulut anda.

Bau Bawang Tanda Keracunan Arsenik

Bau bawang dari dalam tubuh
Bau bawang dari dalam tubuh

Jika anda merasakan bau bawang yang ditimbulkan dari dalam tubuh anda, anda perlu mewaspadainya. Bisa saja anda keracunan arsenik.

Arsenik adalah sebuah bahan kimia yang dijadikan sebagai racun pembunuh. Senyawa arsenik ini biasanya digunakan untuk pembuatan bahan pestisida, herbisida dan insektisida. Gejala unik yang dapat Anda rasakan jika keracunan arsenik adalah bau bawang pada tubuh.

Skizofrenia

skizofrenia
skizofrenia

Skizofrenia adalah gangguan mental kronis yang menyebabkan penderitanya mengalami delusi, halusinasi, pikiran kacau, dan perubahan perilaku.

Skizofrenia sangat berbahaya, jika anda sudah terkena penyakit ini. Anda akan sangat sulit dalam membedakan antara kenyataan dengan pikiran sendiri, kondisi seperti ini biasanya akan berlangsung lama yang dapat mengakibatkan gangguan mental pada si penderita.

Bau dari tubuh yang digambarkan dari skizofrenia ini seperti aroma tubuh sigung (binatang mamalia) dengan bulu berwarna hitam dan putih dan ciri khas kentut yang sangat bau.

Narkolepsi

ilustrasi narkolepsi
ilustrasi narkolepsi

Narkolepsi adalah suatu suasana dimana sisitem saraf mengalami gangguan yang dapat memengaruhi kendali aktivitas tidur. Tanda-tanda seseorang mengalami narkolepsi adalah rasa kantuk yang menghantui pada saat siang hari dan bisa tertidur tanpa mengenaal waktu dan tempat.

Narkolepsi ini disebabkan oleh hilangnya zat kimia otak yang disebut hypocretin. Hypocretin berasal dari hipotalamus dan bekerja di otak sebagai sistem siaga yang membuat kita tetap terjaga dan mengatur tidur.

Sama seperti penyakit lainnya, narkolepsi bisa diketahui dengan bau mulut yang dikeluarkan dari dalam tubuh yang baunya sangat khas. Karena setiap orang berbeda-beda, sulit untuk bisa dijabarkan bau seperti apa yang dikeluarlkan tubuh.

Bau Mulut Rentan Ketoasidosis Diabetik

Ketoasidosis diabetik adalah salah kondisi yang menjurus ke diabetes. Penyakit diabetes merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya, jika anda merasakan gejala seperti ini di anjurkan untuk segera menindak lebih lanjut. Karena jika tidak ditindak dengan cepat akan sangat berbahaya untuk kesehatan.

Apalagi bila anda tidak memiliki cukup hormon alami dalam tubuh yang dihasilkan oleh pankreas (insulin), efek samping dari itu tubuh akan membakar lemak sebagai pengganti energi.

Efek samping dari pembakaran lemak ini, akan membentuk keton didalam tubuh, keton inilah yang dapat membahayakan posisi tubuh karena keton ini bisa menjadi racun dan menimbulkan penyakit. Rupanya, gejala ketoasidosis diabetik dapat dideteksi oleh jenis bau mulut seseorang. Aroma yang diciptakan biasanya beraroma buah yang dapat tercium oleh orang di sekitar.

Deteksi MSUD Lewat Bau Urine

deteksi urin
deteksi urin

Maple syrup urine disease (MSUD) adalah gangguan metabolik yang disebabkan oleh kekurangan senyawa asam dehidrogenase alpha-keto rantai cabang (BCKDC), yang menyebabkan penumpukan asam amino di dalam darah.

Penyakit seperti ini tentu berbahaya, terutama menyerang bayi karena dapat mengakibatkan kerusakan pada otak dan berujung pada kematian.  Cara deteksi penyakit ini biasanya dapat dicium dari aroma urine dan keringat yang berbau manis seperti sirup.

Itulah 5 penyakit yang bisa diketahui dengan bau tubuh.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 


Saran lainnya