Ini dia 5 Manfaat Olahraga untuk Kesehatan Kulit Anda


Olahraga. Sebagai seorang yang menginginkan tubuh tetap sehat dan bugar serta jauh dari berbagai jenis penyakit, kita akan melakukan apa pun untuk menjaga kesehatan tubuh. Salah satu caranya adalah dengan berolahraga. Sebab kita tahu sangat baik untuk kita menunjang kesehatan tubuh, menurunkan berat badan yag berlebihan dan membentuk massa otot.

Jaga kesehatan kulit dengan berolahraga
Jaga kesehatan kulit dengan berolahraga

Olahraga tak hanya membuat tubuh tetap bugar, tapi juga dapat membuat kulit tampak lebih awet. Karena ternyata aktivitas ini sangat bermanfaat dan di anjurkan untuk tetap tekun melakukannya untuk menjaga kesehatan kulit.

Faktanya, banyak penelitian yang membuktikan bahwa olahraga dapat membuat kulit menjadi lebih sehat, bahkan awet muda.

Hal ini terjadi karena aktivitas yang kita lakukan (olahraga) terbukti efektif untuk memperlambat penuaan sel dalam tubuh, serta memperlancar sirkulasi darah menjadi lebih baik dan memperbaiki produksi hormon di dalam tubuh kita.

Berikut lima manfaat olahraga untuk kesehatan kulit anda,

Awet muda

Tips awet Muda dengan Berolahraga
Tips awet Muda dengan Berolahraga

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa olahraga secara rutin dan teratur mampu memperkecil hilangnya elastisitas kulit akibat kerusakan kolagen.

Pada sebuah penelitian menyebutkan bahwa aktivitas olahraga yang dilakukan secara rutin dan teratur mampu memperkecil hilangnya elastisitas kulit akibat kerusakan kolagen yang berlebihan didalam tubuh.

Ini karena olahraga terbukti dapat memperbaiki dan meningkatkan fungsi metabolisme sel kulit.

Dalam penelitian tersebut juga disampaikan olahrag yang bersifat aerobik seperti yang disampaikan di atas akan memberikn manfaat pencegahan penuaan dini pada kulit, sehingga anda akan kelihatan awet muda.

Bebas Stres & Penyakit Radang

Olahraga yang dilakukan secara rutin dan teratur akan membantu proses produksi hormon endorfin. Karena tubuh yang tingkat aktivitasnya baik akan meningkatkan produksi endorfin, produksi endorfin yang meningkat akan menekan level stress dan menurunkan kadar kortisol di dalam tubuh.

Zat Endorphin adalah senyawa kimia yang membuat seseorang merasa senang dan untuk kekebalan tubuh. Endorphin diproduksi oleh tubuh kita yaitu pada saat kita merasa bahagia dan pada saat kita istirahat yang cukup.

Hal ini pada akhirnya akan memperkecil risiko terjadinya peradangan seperti jerawat, serta mempertahankan kadar kolagen sehingga kulit Anda akan tetap mulus, elastis dan sehat.

Kulit lebih berkilau

Jika anda menginginkan kulit yang berkilau dan awet muda, rajin-rajinlah berolahraga. Salah satunya yaitu olahraga otot yang membuat tampilan kulit anda lebih sehat dan bugar. Juga mampu menyamarkan tampilan sel kulit dan menyokong bentik kulit dari dalam.

Olahraga aerobik (bersepeda)_
Olahraga aerobik (bersepeda)_

Agar lebih efektif menunjang kesehatan kulit, olahraga wajib dilakukan secara rutin sambil terus memenuhi kebutuhan gizi dan cairan setiap hari, serta melakukan perawatan kulit yang memadai.

Kulit Nampak Lebih Bercahaya

Berkat kegiatan olahraga yang sering anda lakukan, memberikan dampak positif buat kesehatan kulit anda. Dimana kegiatan olahraga dapat membantu memperlancar sirkulasi darah di dalam tubuh, termasuk kulit. Dengan sirkulasi darah yang baik dan lancar sistem tubuh anda akan semakin membaik dan kulit anda tetap nampak awet muda

Anda bisa melakukan berbagai macam jenis olahraga yang bersifat aerobik seperti senam, jogging, dan bersepeda yang akan mendorong perputaran sirkulasi darah dalam tubuh anda, sehingga tubuh akan mendapatkan pasokan oksigen yang cukup memadai dan dibutuhkan oleh organ tubuh.

Proses ini pada akhirnya akan membuat kulit Anda terlihat merona bercahaya, bahkan hingga beberapa jam setelah selesai berolahraga.

Mengusir Jerawat

Manfaat Olahraga untuk Kesehatan Kulit
Manfaat Olahraga untuk Kesehatan Kulit

Bagi anda yang masih malas-malasan untuk berolahraga, mulai sekarang ubahlah kebiasaan buruk anda tersebut. Karena dengan berolahraga bisa mengatasi masalah jerawat yang berlebihan. Nah, jika anda memiliki penyakit jerawat mulai sekarang mulai rajin berolahraga, karena dengan cara ini bisa mengatasi masalah jerawat anda.

Darah maupun oksigen bisa mengalir dengan efektif, jika anda selalu rutin dalam melakukan kegiatan-kegiatan yang bisa membuat tubuh anda beraktivitas dan menghasilkan keringat. Yang bisa membantu membuang kotoran serta racun yang menumpuk dan menyumbat pori-pori kulit anda. Berkeringat saat olahraga juga membantu membuang kotoran yang ada di permukaan kulit Anda.

Untuk mendapatkan mafaat ini, Anda wajib melakukan olahraga secara rutin dan teratur.

Untuk bisa tetap mendapatkan manfaat ini, anda harus melakukan olahraga secara rutin dan teratur sesuai dengan kemampuan tubuh anda. Semakin sering anda berolahraga, maka manfaatnya bagi kesehatan kulit anda akan sangat baik.

Setelah berolahraga, jangan lupa untuk mencuci muka anda dan mandi, supaya semua kotoran dalam tubuh dan muka keluar bersama keringat benar-benar terangkat dari kulit anda.

Itulah beberapa manfaat olahraga bagi kesehatan kulit.

Terima kasih, semoga bermanfaat.


Saran lainnya