7 Khasiat Kunyit Bagi Kesehatan


Indonesia dikenal sebagai negara Agraris, karena hasil alamnya sangat memadai, didukung dengan tanah yang sangat baik untuk tumbuh-tumbuhan yang akan ditanam di negara ini. Ditambah lagi karena negara Indonesia terletak pas di garis khatulistiwa.

Menghilangkan Bulu di Tubuh dengan Kunyit
Manfaat kunyit bagi kesehatan

Berbicara masalah hasil rempah-rempah, Indonesia tidak perlu diragukan lagi. Salah satunya yakni Kunyit. Kunyit atau Kunir, dalam bahasa latin Curcuma longa Linn. syn. Curcuma domestica Val adalah rempah-rempah atau obat yang berasal dari Asia tenggara. Kunyit ini sudah sangat dikenal oleh masyarakat banyak, baik perkotaan maupun pedesaaan biasanya dijadikan sebagai pelengkap bumbu masakan.

Selain itu, masyarakat juga sering menggunakan kunyit sebagai obat herbal. Kandungan zat yang ada didalam kunyit sangat bermanfaat bagi kesehatan yaitu zat kurkumin. Zat kurkumin pada umumnya dikenal sebagai zat aktif dengan kandungan Antioksidan yang kuat, sehingga dapat melindungi sel-sel yang rusak didalam tubuh yang diakibatkan oleh beberapa faktor salah satunya adalah radiasi.

Berdasarkan pemaparan dr. Kartika, penelitian juga mengungkap bahwa kurkumin dapat membantu mencegah dan mengobati kanker. Meski demikian, penelitian tersebut hanya sebatas pada hewan, sehingga perlu penelitian lebih lanjut pada manusia (sumber : klikdokter, Boby Agung Prasetyo).

Berikut adalah fungsi kunyit untuk kesehatan

Peradangan

Peradangan disebabkan oleh bakteri dan radikal bebas yang ada didalam tubuh yang menginfeksi dapat  beberapa organ tubuh, sehingga dapat menyebabkan pelepasan senyawa Sitokin.

Beberapa penelitian menunjukkan, kandungan minyak volatile dalam kunyit bisa mengatasi aktivitas anti-inflamasi yang signifikan, hal tersebut disebabkan oleh pigmen kuning atau yang sering disebut Kurkumin yang terdapat di dalam kunyit.

Kandungan kurkumin inilah yang dapat meningkatkan kekebalan sel imun dan menghambat aktivitas produksi prostaglandin dan sitokin, sehingga peradangan dalam tubuh dapat diatasi dan rasa sakit berkurang.

Meningkatkan Antioksidan dalam Tubuh

Kunyit juga memiliki kandungan Antioksidan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan kurkumin dalam kunyit inilah yang dapat menunjang penningkatan anti-oksidan dalam tubuh. Selain itu, kandungan kurkumin juga dapat meningkatkan tingkat produktifitas enzim antioksidan. Dengan begitu anti-oksidan yang ada didalam tubuh bisa mengatasi radikal bebas yang menyerang tubuh.

Mencegah Diabetes

Diabetes atau kencing manis merupakan penyakit yang di akibatkan oleh gangguan sel pankreas akibat dari pola hidup yang tidak sehat. Sehingga insulin yang ada dalam tubuh sistem produktifitasnya terganggu karena hal tersebut. Penyebab yang lainnya adalah karena kadar gula dalam darah yang tidak dapat diolah, karena insulin tidak dapat bekerja secara optimal.

Diabetes termasuk salah satu penykit gangguan metabolisme yang perlu diwaspadai. Penelitian menunjukkan bahwa kandungan kurkumin yang terkandung dalam kunyit dapat menurunkan kadar gula dalam darah dan tetap menjaga sensivitasnya agar tetap dalam kondisi yang optimal.

Mengkonsumsi kunyit secara rutin dapat membantu tubuh menjaga sensitivitas insulin dan mencegah munculnya penyakit diabetes seperti yang disebutkan dalam hasil penelitian ilmuwan dari Auburn University, yang dipublikasikan dalam Biochemistry and Biophysical Research Communications.

Mengobati Penyakit Asma

Bagi anda yang selama ini mengidam penyakit asma dan belum menemukan obat yang mujarab untuk mengobati penyakit ini. Tidak salah jika mencoba khasiat obat alami yakni kunyit. Kunyit mengandung senyawa yang disebut dengan anti-inflammatori yang bisa mencegah kambuhnya penyakit asma. Siapa tahu kunyit ini cocok untuk mengobati penyakit asma anda yang selama ini belum bisa diobati.

Untuk mendapatkan khasiatnya sangat mudah, minumlah segelas susu hangat dengan campuran satu sendok bubuk kunyit yang telah diolah dan dipisahkan dengan kulitnya, untuk meredakan sesak nafas dan gejala asma.

Mengobati Jerawat dan Mencegah Penuaan

Untuk bisa tetap menjaga penampilan, masalah kulit adalah hal yang paling utama. Karena jika kulit anda tidak sesuai dengan yang anda inginkan pastinya tidak akan pede untuk keluar ketempat umum, karena malu dengan kulit yang tidak sesuai dengan harapan kita. Terutama masalah jerawat dan menjaga kestabilan penuaan yang berlebihan.

Masalah kulit dapat dialami oleh siapa saja tidak memandang usia remajamaupun orang tua. Bisa saja umurnya sudah tua tapi tetap kelihatan lebih muda, daripada orang yang masih muda umurnya, tetapi kalau dilihat dari penampilannya lebih tua dari yang umurnya lebih tua darinya.

Semuanya itu tergantung dari diri kita masing-masing dalam merawat dan menjaga kesehatan. Jerawat adalah salah satu masalahnya, jerawat ditandai dengan adanya peradangan dan benjolan pada permukaan wajah  dan bahkan leher, sehingga mempercepat penuaan.

Hal ini bisa diatasi dengan mengonsumsi kunyit yang kaya akan antioksidan untuk meredakan infeksi P.acne dan sekaligus menghilangkan jerawat serta penuaan yang disebabkan radikal bebas.

Mengobati Asam Lambung

Kunyit juga sudah tebukti bisa mengobati asam lambung, penyakit yang satu ini bisa diatasi dengan cara memakan makanan yang dicampuri dengan kunyiit. Sebuah penelitian menunjukkan, bahwa satu sendok campuran kunyit didalam makanan bisa mengatasi masalah sistem pencernaan yang terganggu (lambung).

Mengobati Diare

Sudah mencoba berbagai jenis obat, namun masih belum bisa mempan mengatasi diare anda? Diare sebenarnya disebabkan oleh makanan-makanan yang tidak sehat.

Tapi, tahukah kamu bahwa kunyit bisa mengobati penyakit diare? Diare bisa disembuhkan dengan meminum ramuan herbal teh kunyit. Ramuan kunyit sangat membantu untuk mengobati diare karena kandungan magnesium dan kalium yang ada pada kunyit bisa membantu mengatasi dehidrasi dan menyeimbangkan cairan tubuh akibat diare.

 

 


Saran lainnya