3 Air Terjun di Kota Kudus yang Paling Ngehits di Maret 2018


Kota kudus. Kota yang terkenal sebagai kota kretek, ternyata mempunyai beberapa wisata air terjun yang masih belum diketahui masyarakat banyak, bukan berarti air terjun disini gak bagus ya? Hanya saja para wisatawan atau penikmat alam belum mengetahui keberadaan air terjun di Kudus ini.

Memang sih, kudus tidak memiliki terlalu banyak wisata yang terkenal, sehingga peminat wisata di kudus masih tidak sebanding dengan wisata-wisata lain yang sudah terkenal, seperti bali. Tapi jangan salah, ternyata di Kota Kudus mempunyai 3 Air terjun yang sangat recomended untuk anda kunjugi.

Air Terjun Montel

Air terjun Montel
Air terjun Montel

Air terjun montel adalah salah satu air terjun yang ada di Kota Kudus, yang terletak di daerah Colo, Kudus, tepat dibawah kaki gunung Muria yang merupakan gunung yang paling terkenal di Kota Kudus.

Air terjun montel menjadi pusat primadona pada tahun ini dikalangan anak muda, bisa dibilang air terjun yang paling favorit di kota kudus, karena air terjun ini mempunyai ketinggian sekitar 50 m dengan debit air yang cukup deras yang dilengkapi dengan hutan yang masih sangat hijau, menambah nilai keindahan dari air terjun ini. Setiap percikkan air yang jatuh dari atas memberikan kesan yang sangat luar biasa.

Dibawah air terjun terdapat kolam alami, yang bisa dijadikan sebagai tempat pemandian atau hanya sekedar mebasuh muka. Air disini pun masih terjaga kemurniannya karena berasal dari gunung yang masih blum tersentuh. Air terjun ini sangat direkomendasikan bagi para penikmat alam dan para pecinta pengabadian momen, karena tempat ini sangat indah.

Air Terjun Gua Dawe, Kudus

air terjun gua dawe
air terjun gua dawe

Air terjun gua yang ada di Kota kudus ini masuk kategori 10 air terjun goa yang ada di Indonesia loh. Luar biasa bukan?

Air terjun Goa ini terletak di Desa Piji Kecamatan Dawe, Kudus daerah gunung Muria. Air terjun ini masih sangat asri dan agak tersembunyi yang menjadi buruan para pecinta alam. Lokasi ini sangat ramai dikunjungi pada saat akhir pekan, pengunjungnya pun bukan hanya masyarakat lokal kudus, ada juga mereka yang berada di luar kudus.

Biasanya tempat ini banyak dikunjungi oleh para pelajar, yang datang berombongan hanya untuk menikmati air terjun ini dan juga para penikmat alam dari luar kota. Air Terjun Goa ini memiliki ketinggian sekitar 20 m, kebayang ya 20 m di dalam gua, perfect. Bukan cuman satu aliran saja, melainkan terdapat dua sumber mata air langsung yang berjajar di dalam gua tersebut. Beritanya lagi sumber air ini tidak pernah kering, walau musim kekarau yang berkepanjangan.

Sekitar 100-an meter dari air terjun, itu ada gua yang strukturnya bebatuan, yang sangat kokoh. Gua tersebut sangat luas dan panjang. Bahkan, konon ceritanya dapat tembus hingga Jepara.

Air Tiga Rasa Rejenu

air tiga rasa
air tiga rasa

Salah satu peninggalan dimasa Sunan Muria adalah 3 sumber air yang memiliki rasa yang berbeda. Air tiga rasa ini terletak pas dekat makam Syaikh Syadzali yangmerupakan murid sunan muria yang berasal dari Baghdad.

Air pertama katanya bisa menjadi obat penyakit, sumber air kedua menumbuhkan rasa percaya diri dalam menghadapi permasalahan hidup, dan sumber air ketiga dipercaya berkhasiat dalam bidang rezeki. Dari ketiga rasanya ini terdapat rasa seperti minum air soda, tergantung kepekatan dari ketiga sumber air ini.

Untuk menuju tempat ini, aksesnya masih sangat jauh dan sulit untuk dijangkau, jadi dibutuhkan tenaga yang Fit. Dari tempat parkir diperkirakan sekitar 3 kilometer lagi setelah itu jalan kaki. Tapi bagi pecinta alam itu semua pasti bisa dilalui, apalagi para anak muda & juga orang tua yang masih memiliki tenaga yang bagus. Bisa sih mengendarai motor, tapi kurang  menantang.

Nah, itu dia 3 Air terjun yang  terdapat di kudus, silahkan dikunjungi.

 

 


Saran lainnya