Yuk, Kenal Lebih Dalam Kota Kudus


Dikenal sebagai kota kretek, Kota kudus adalah salah satu kota yang berada di jawa tengah yang terletak diantara 2 kota yaitu kota semarang jawa tengah dan surabaya jawa timur,kota ini berjarak sekitar 51 kilometer dari timur kota semarang.

Kabupaten kudus berbatasan dengan kabupaten Pati yang berada di Timur, kabupaten Grobogan, dan kabupaten Demak yang berada di Selatan, serta Kabupaten Jepara di Barat. Dikenal sebagai kota kretek, karena kota kudus adalah penghasil rokok (kretek) terbesar di Jawa Tengah, makanya diberi julukan sebagai kota kretek dan mungkin masih banyak lagi julukan dari kota ini.

Kudus kota kretek
Kudus kota kretek

Asal nama

Pada tahun sebelum-sebelumya kota Kudus bernama Kota “Tajug”. Tajug merupaka salah satu bentuk atap arsitektur tradisional yang sangat kuno dipakai tujuan keramat. Nah, dari situ kota ini diberi nama sebagai Kota Tajug, karena banyak Tajugnya. Dulunya tajug ini dijadikan sebagai tempat bersembahyang warga Hindu yang berada di Kota tersebut, sejak itu kota tajug susah memiliki sifat kekeramatan tertentu. Yang dimana Kota ini dianggap sebagai kota suci bagi warga setempat yang merupakan penganut ajaran hindu atau beragama Hindu.

Baca juga : 3 Air terjun di kota kudus yang paling ngehits di maret 2018

Setelah beberapa puluh tahun kemudian, seorang Sunan kudus bernama Ja’far Shadiq mengubah nama kota tersebut sebagi kota kudus dengan tidak juga menghilangkan makna kekeramatan dan kesucian kota tajug, Kota kudus berasal dari bahasa Arab yang artinya “SUCI”.

Sunan kudus adalah seorang yang pada mulanya sedang mencari ilmu di Arab, tepatnya di palestina Kota Yerusalem yang sedang mengalami sebuah wabah, lalu ia ditugaskan oleh pemimipin daerah itu untuk menghentikan wabah, dan alhasilnya pun dia berhasil memusnahkan wabah tersebut. Nah, sejak itu itu dia diberikan tanah oleh pemimpin daerah tersebut, namun ia menolaknya, karena sunan kudus lebih suka membina tanah yang berada di Jawa. Tidak hanya itu pemimpin daerah tersebut juga memberinya sebuah piagam batu, sebagai tanda kepemilikan tanah pada saat itu.

Setelah pulang ke Jawa, Sunan kudus berdakwah disalah satu kota yaitu kota tajug (nama kota kudus sebelum islam), kemudian membangun masjid disana yang dikenal sebagai masjid Menara Kudus, dan piagam kepemilikan tanah tersebut ditempatkan diatas mihrab, sekaligus menandai berdirinya Kota Kudus. Meskipun yang sebenarnya disebut Al-Quds, tetapi karena kebiasaan lidah orang jawa, cukup disebut Kudus aja.

Letak Geografi

Hampir sebagian besar wilayah Kabupaten kudus adalah dataran rendah. Kudus dibelah dua oleh sungai Gelis dibagian tengah sehingga muncul istilah kudus barat dan Kudus Timur. Sedangkan dibagian wilayah Utara terdapat pegunungan Yaitu Gunung Muria dengan puncak Saptorenggo (1.602mdpl), puncak Argojembangan (1.410mdpl), dan Puncak Rahtawu (1,522mdpl).

Industri

Perkembangan perekonomin di kudus di dukung oleh pengaruh perkembangan perindustrian yang sangat baik. Di kudus sudah mempunyai beberapa perusahaan industri besar seperti PT.Djarum (industri kretek/rokok), petra. PT.Nojorono. PT. Hartono Istana teknologi (polytron-industri elektronik). Djambul Bol, PR. Sukun (industri rokok). PT. Pura Barutama (kertas dan Percetakan) dan juga perindustrian kecil dan menengah (UMKM).

Pariwisata

Masjid & Menara Kudus
Masjid & Menara Kudus

Kota Kudus juga dikenal dengan pariwisatanya yang bagus untuk dikunjungi diantaranya adalah

  1. Wisata alam
  2. Wisata Sejarah
  3. Wisata Keluarga
  4. Wisata Desa
  5. Wisata Religi
  6. Wisata Kuliner
  7. Wisata Malam
  8. Wisata Belanja

Event

Di Kota Kudus juga ada berbagai perayaan yang rutinitas dirayakan oleh penduduk atau masyarakat yang berdomisili dikota kudus seperti

  1. Event Modern (Karshival, Kudus UMKM Expo, Loram Expo, Kirab buday kudus, Kudus Food Expo).
  2. Event Tradisional  (Bulusan, Dhandhangan, Ampyang Maulid, Maulidah Jawiyyan, Tebokan jenang).
  3. Seni Budaya (Tamana Khas Kudus, Lentog Tanjung, Garam Asem, Sate kerbau Kudus, pindang kerbau, Opor bakar Sunggingan).

Kuliner Khas kudus

Kudus juga mempunyai masakan khas yakni

  1. Soto Kudus
  2. Lentog Tanjung
  3. Garam Asem
  4. Sate kerbau Kudus
  5. Pindang kerbau
  6. Opor bakar Sunggingan

Oleh-oleh

  1. Jenang Kudus
  2. Kacang Bawang
  3. Jambu Bol
  4. Duku Sumber
  5. Bordir Kudus
  6. Batik Kudus

Itulah sekilas tentang Kudus Kota Kretek, Semoga bermanfaat.


Saran lainnya