Inilah 8 Julukan Kota Kudus


Kota Kudus. Apakah anda salah satu yang tinggal kota kudus? atau bahkan lahir dan dibesarkan di kota ini? Tetapi apakah kamu tahu sudah mengetahui arti nama kota kudus dan julukan kota kudus?. Kota kudus adalah salah satu kota yang ada di Indonesia, meskipun kotanya terlihat kecil, tetapi kota ini mempunyai nama julukan yang banyak.

Masjid & Menara Kudus
Masjid & Menara Kudus

Bagi anda yang tinggal dikota Kudus, perlu anda mengetahui semua nama julukan dari kota ini. Kenapa? Kalau misalnya ada orang luar pulau jawa menanyakan kepada anda, Kota Kudus itu dikenal sebagai kota apa sih? Kenapa disebut sebagai kota kretek? Tentu harus tau dong seluk beluk dari kota kita sendiri.

Mungkin anda salah satu yang belum mengenal secara detail tentang Julukan Kota Kudus, walau sebenarnya anda berdomisili di kota ini. Dan yang bukan orang kudus gak salah juga kalau kita belajar segala sudut alam Indonesia ini. Berikut adalah 8 Julukan kota kudus

Kota Kretek

Kudus diberi nama julukan kota kretek, karena kota inilah sumber penghasil kretek terbesar di pulau Jawa, bahkan di Indonesia. Rokok yang pada dulunya hanya dibuat pada skala kecil seperti rumahan. Namun proses pembuatan rokok yang paling pertama diterapkan dengan skala yang terbesar adalah di kota ini,setelah itu muncul berbagai pembuatan kretek secara modern dan industri, yang pertama kali yang dikembangkan oleh seorang Industriwan dan taipan handal dalam bidang ini yaitu Nitisemito. Setelah beberapa tahun berselang mulai bermunculan industri kretek lainnya, tidak tanggung-tanggung di kota ini didirikan sebuah industri Kretek terbesar di Indonesia Yaitu Djarum, mungkin nama ini sudah tidak asing lagi ditelinga kita, dan beberapa industri besar dan menengah lainnya.

Baca juga : Yuk, kenal lebih dalam lagi kota kudus

Tajug

Julukan Tajug sebenarnya adalah nama kota ini pada zaman dulu, sebelum sunan kudus bermukim disini. Tajug adalah bentuk atap dari arsitektur kuno dan dipakai sebagai tujuan keramat. Diberi nama tajug, karena di Kota ini banyak tajuk. Tajug ini sendiri mempunyai arti tersendiri bagi warga yang tinggal disini, terkhusus bagi yang beragama Hindu, dimana tajug ini dijadikan sebagai tempat sembahyang yang mereka anggap kudus.

Yerussalem Van Java

Salah satu masjid yang berada dikudus adalah Masjid Menara Kudus. Masjid ini dibangun oleh sunan kudus setelah pulang dari arab dan diberi sebuah batu lambang penghargaan atas dimusnahkannya wabah di daerah arab tersebut. Kemudian Sunan kudus membangun masjid ini dengan nama Masjid Menara Kudus dan meletakkan batu itu di masjid yang dibangunnya tersebut, Yang dimana masjid tersebut hampir sama persis dengan yang berada di Yerussalem. Makanya kota Kudus dijuluki sebagai Yerussalem van Java.

Kota Semarak

Kota kudus sama juga seperti kota lainnya yang masing-masing kota mempunyai semboyan untuk kotanya sendiri. Asal muasal kota kudus dikatakan kota Semarak, ketika ada program pemberian semboyan bagi kota-kota di Indonesia, maka kota kudus memiliki sebuah semboyan yaitu SEMARAK kependekan dari “sehat, elok, maju, aman, rapi, asri, dan konstitusional”. Itulah slogan kota kudus yang lebih menerapkan pemeliharaan keindahan kota.

Kota Santri

Kudus juga disebut sebagai kota santri, karena perkembangan agama islam di kota ini sangat pesat bahkan menjadi pusat perkembangan agama islam pada pertengahan abad di Masjid Menara Kudus. Di dukung berperan aktifnya Sunan Kudus dalam penyampaian ajaran agama dan Wali songo lainnya kepada warga yang berada di Kudus. Hal ini dapat dilihat dari lima makam yang terdapa di kota kudus yaitu Kyai Telingsing, Sunan Kudus, Sunan Muria, Sunan Kedu, Syeh Syadzili. Sejak itu kudus dikenal sebagai kota santri.

Kota Jambu Bol

Tahukah anda bahwa kota kudus, mempunyai tanah yang bisa dibilang subur, buktinya hasil pertanian dari kota kudus sangatlah berlimpah, dan memberikan dampak positif bagi para petani di kudus. Salah satu hasil pertanian yang paling terkenal adalah Jambu bol, berita baiknya lagi berkat melimpahnya buah jambu bol yang satu ini menjadikan kota kudus identik dengan flora jambu bol.

Al Quds

Berkat Sunan Kudus juga kudus dikenal sebagai kota Al Quds, karena struktur atas menara yang berbentuk tajug dengan  maksud untuk mendekati warga. Kemudian Nama Tajug berubah menjadi Al Quds (bahasa Arab) yang artinya Kudus.

Kota Jenang

Kota kudus sangat terkenal dengan Jenangnya. Di toko toko oleh oleh pasti ada yang jual jenang kudus. Nah itu lo yang membuat kudus terkenal. Bahkan Jenangnya sampai ke luar kota, di Indonesia.

Itulah 8 Julukan kota Kota kudus, Mari cintai Budaya Indonesia.

 

 


Saran lainnya