Cara Ampuh 5 CEO Kelas Dunia Hadapi Keluhan Pelanggannya


Sebagai konsumen sebuah produk tentunya setiap orang punya hak untuk menyampaikan ketidakpuasannya atas produk atau layanan yang mereka dapatkan setelah membayar untuk produk tersebut. Biasanya para konsumen ini akan menyampaikan keluhannya pada costumer sevice perusahaan penyedia produk tersebut. Tapi tak selamanya CS mampu menyelesaikan keluhan atau permasalahan yang kita hadapi. Bagi sebagian orang yang ingin menemukan titik terang dari keluhan tersebut, menemui pimpinan perusahaan untuk menyampaikan keluhan adalah pilihan tambahan.

Menanyakan langsung kepada pimpinan seperti CEO bukanlah hal yang keliru, karena itu memang hak konsumen. Secara umum orang kebanyakan memiliki pandangan bahwa orang-orang yang berada di pucuk pimpinan sebuah perusahaan bukan lagi “kodrat-nya” mengurusi hal-hal menyangkut keluhan pelanggannya, apalagi kalau itu adalah perusahaan besar dan ternama. Namun pandangan ini sepertinya tak berlaku untuk para CEO dari perusahaan besar berikut ini. Meski mereka selayaknya adalah petinggi, namun tetap saja mereka mendengarkan keluhan konsumennya dan memberikan solusi.

1. Steve Jobs, CEO-nya Apple

Siapa yang tidak mengenal sosok legendaris ini, orang yang berada dibalik kesuksesan perusahaan teknologi raksasa Apple. Steve Jobs adalah orang yang sangat rendah hati. Pernah seorang pria membeli sebuah Macbook Pro 15 inch dan monitor 22 inch. Setelah menerima barangnya, konsumen tersebut menemukan kendala, dan segera megirimkan email kepada Steve Jobs.

Selang tiga hari kemudian pria itu mendapatkan balasan dari Steve Jobs yang berisis “Kami akan memperbaikinya”. Besoknya karyawan Aplle mengghubunginya dan segera mencari cara untuk menyelesaikan masalah yang terjadi.

2. Akio Toyota, CEO Toyota

Seorang pemilik Toyota Camry di Filipina mengeluhkan dashboard mobilnya yang bermasalah akibat terpapar sinar matahari panas. Ia mengadu melalui email kepada sang CEO, Akio Toyota.

Keesokan harinya dia mendapat telepon dari Toyota Motors Filipina dan mobil Toyota Camry miliknya diangkut oleh teknisi Toyota untuk diperbaiki dashboardnya.

3. Jan Koum, CEO Whatsapp

Tak hanya keluhan fisik produk yang bisa dikeluhkan oleh para konsumen. Hanya karena stiker domba tidak dimuat dalam aplikasi Whatsapp, Nina Michanie mengirim keluhan pada Jan Koum, CEO Whatsapp.

Koum pun memaparkan bahwa dirinya terkejut ketika mengetahui stiker domba itu tidak ada di aplikasinya. Lalu Koum mengkoreksi bahwa sebenarnya Whatsapp memiliki stiker tersebut, hanya saja Nina belum mendapatkannya.

4. Michael Dell

Tami Tritz, seorang mashasiswa yang membeli komputer Dell secara online dari distributor Dell. Tami mengaku berkali-kali menghubungi bagian layanan pelanggan Dell, namun tak menemui titik terang mengenai komputer tersebut.

Akhirnya Tami Tritz menerima respon dari pihak eksekutif Dell setelah dirinya mengirim email kepada CEO Michael Dell.

5. Tim Cook, CEO Aplle

Ketika Mike Gnitecki dan ayahnya membeli sebuah laptop baru dari Apple, mereka menemukan bahwa laptop yang mereka terima mengalami cacat. Hal ini lantas membuat mereka menghubungi layanan pelanggan Apple, namun tak mendapat jawaban yang memuaskan.

Akhirnya dirinya memutuskan untuk mengirim email kepada Tim Cook pada sore hari. Pagi esoknya, Mike Gnitecki merima telepon dari karyawan Apple, dan menyatakan akan mengganti laptop yang telah dibeli oleh ayahnya.

 

 


Saran lainnya