Cara Membuat Anak Cerdas Sejak Usia Dini


Cara membuat anak cerdas – Setiap orang tua menginginkan anaknya terlahir sebagai seorang anak yang pintar dan cerdas. Memang tak semua anak terlahir dengan kelebihan atau bakat luar biasa, kita tak bisa membuat anak yang baru lahir bisa langsung berbicara dalam berbagai bahasa dalam usia balita dan sebagainya. Normalnya, kecerdasan seorang anak akan berbanding lurus dengan perkembangan otaknya. Oleh karena itu, menjaga perkembangan otak sang anak akan sangat berguna untuk membuat anak Anda cerdas dan pintar kelak.

Membuat anak Anda menjadi seorang anak yang cerdas tidak bisa dilakukan hanya dalam sekali waktu saja. Dibutuhkan kepedulian serta kesabaran dari orang tua untuk membuat anaknya mencapai perkembangan otak yang baik. Sebagai orang tua yang menginginkan kebaikan bagi anaknya, tak ada salahnya Anda mengetahui apa saja hal yang harus dilakukan untuk membuat anak menjadi cerdas. Selain mendidik anak untuk menjadi cerdas, memperhatikan perkembangan anak sangat berpengaruh untuk kecerdasa anak Anda.

Tahap Perkembangan Otak Anak Yang Perlu Diketahui Untuk Membuat Anak Yang Cerdas

Sama seperti halnya organ tubuh yang lain, otak juga membutuhkan proses perkembangan untuk membuat fungsinya bisa berjalan normal. Kemampuan yang membuat anak bisa berpikir cerdas dihasilkan oleh fungsi otak yang bekerja dengan baik. Apabila Anda menginginkan anak Anda memiliki kecerdasan, hal yang harus Anda lakukan adalah memastikan pertumbuhan otaknya berjalan dengan baik. Berikut proses perkembangan yang dibutuhkan untuk membuat otak anak mencapai fungsi terbaiknya.

1. Tahap janin – usia 5 tahun

Otak anak sebenarnya sudah mulai terbentuk pada usia 35 hari kehamilan. Pada tahap awal ini, pembentukan sel saraf terjadi sangat cepat, sehingga membuat tahap perkembangan ini sangat penting untuk sang anak. Ada dua fase yang terjadi dalam tahap perkembangan ini yang bisa dimanfaatkan untuk membuat anak menjadi cerdas:

Usia 0 – 9 bulan (janin)

Pada fase ini, tubuh mulai membuat perubahan pada bentuk fisik janin. Pembentukan otak dan pertumbuhan neuron atau sel saraf terjadi pada fase awal kelahiran ini. Fase ini akan membuat anak memiliki lebih dari 100 milyar sel saraf. Seperti yang kita ketahui bahwa sel saraf atau neuron adalah unit kerja utama dalam sistem saraf yang mampu membuat otak anak berfungsi.

Untuk membuat anak dapat menyelesaikan proses perkembangan pada fase ini dengan optimal, menjaga pola hidup sehat sang ibu hamil adalah sebuah keharusan. Mengonsumsi obat-obatan atau minuman beralkohol serta merokok dapat membuat keburukan pada otak anak Anda. Selain itu seorang wanita yang sedang hamil juga harus menjauhi benda atau makanan yang mengandung logam berat, seperti merkuri dan obat hama. Hal ini dikarenakan efek buruk dari logam berat yang bisa membuat otak anak terganggu.

Stres yang dialami oleh ibu hami juga mampu membuat otak anak bertumbuh tidak optimal. Untuk itu, seorang wanita yang sedang dalam masa kehamilan harus tetap merasa relaks dan menghindari stres. Zat-zat yang sangat baik untuk membuat anak memiliki otak certas bisa didapatkan dengan mengonsumsi nutrisi dan asam lemak esensial berikut:

  • AA dan DHA (mengonsumsi: ikat tuna, salmon, daging, telur, makarel)
  • Omega 3,6 dan 9 (kacang walnut, biji kapok (flaxseeds), sayuran berdaun hijau, minyak nabati, biji-bijian, serealia)
  • Asam Folat (bayam, brokoli, kubis/kol, pisang, alpukat, pepaya, kentang, dan kacang-kacangan)
  • Vitamin B6 dan B12 (daging, hati, ikan, lemak, susu dan olahannya, telur, rumput laut)

Selain dengan menjaga asupan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi, memberikan rangsangan dari luar juga bisa membuat anak bertumbuh lebih baik sejak dari janin. Rangsangan dari luar yang bisa dilakukan adalah dengan memberi sentuhan hingga suara halus pada janin.

Lahir – Usia 6 tahun

Sesaat setelah lahir, otak anak akan bertumbuh dan menghubungkan seluruh sel-sel seraf yang sudah terbentuk. Terhubungnya seluruh sel saraf ini membuat anak memiliki fungsi otak yang matang. Fase ini akan membuat seluruh fungsi otak anak, seperti berpikir, bergerak serta berpersepsi. Bagian otak Frontal lobes berfungsi untuk mengembangkan daya ingat, serta berperan mengatur emosi.

Pada tahap ini mencukupi asupan nutrisi akan membuat anak Anda memiliki kinerja otak yang optimal. Beberapa nutrisi yang bisa membuat anak Anda memiliki otak yang cerdas seperti asam lemak esensial, asam amino, serta multivitamin seperti berikut

  • AA, DHA dan EPA  (mengonsumsi: ikat tuna, salmon, daging, telur, makarel)
  • Asam Amino L-Glutamat (ikan, daging, telur, unggas, dan produk susu)
  • Vitamin B kompleks, Vit B12 dan Asam Folat

Membuat Anak Memiliki Perkembangan Intelegesi Optimal Dengan Cara Menstimulasi Kecerdasan Anak

Cara Membuat Anak Yang Cerdas Sejak Usia Dini
Membuat Anak Cerdas Sejak Usia Dini

Pengawasan serta keterlibatan orang tua sangat berperan penting dalam membuat anak Anda menjadi cerdas. Terlebih pada masa-masa penting perkembangan otaknya, yaitu di 3 tahun pertama setelah lahir (golden period). Membuat anak memiliki kemampuan intelektual yang optimal tak cukup hanya dengan mengandalkan nutrisi yang diterima oleh anak. Melainkan membutuhkan beberapa pendekatan yang memberikan manfaat untuk membuat anak mampu memaksimalkan fungsi otaknya.

Pada proses perkembangan otak bayi, orang tua adalah sosok utama yang mampu memberikan stimulasi bagi otak sang anak, untuk membuat anak tersebut bertumbuh dengan baik. Menurut para pakar perkemebangan anak, masa balita hingga anak Anda berusia 13 tahun merupakan saat dimana kemampuan daya ingat terkuat yang dimiliki oleh anak. Hal ini berarti pendidikan yang baik yang didapat anak pada usia itu akan membuat anak menerima manfaat sepanjang hidupnya. Korey Capozza, seorang pakar pendidikan anak, membuktikan beberapa rahasia untuk meningkatkan IQ anak dapat membuat anak Anda memiliki kemapuan berpikir sempurna.

1. Membuat Anak Lebih Berkonsentrasi Dengan Belajar Musik

Sudah banyak penelitian yang menyatakan belajar musik mampu membuat anak memiliki kecerdasan pikiran yang lebih baik. Mengajari musik pada anak membuat otak kanan anak terlatih dan meningkatkan IQ (intelligence quotient) yang baik untuk prestasi anak Anda. Universitas Toronto di Kanada berhasil menyimpulkan bahwa belajar musik mampu membuat anak Anda memilik kecerdasan intelektual yang lebih baik. Semakin anak memperlajari musik, perkembangan yang didapatkan akan semakin jelas.

2. Memeberi ASI Mampu Membuat Anak Cerdas

Sebagai nutrisi alami yang diperoleh dari sang ibu, ASI memegang peranan penting untuk membuat anak yang cerdas. Banyak penelitian yang membuktikan pemberian ASI untuk anak jelas membuat anak memiliki kemapuan berpikir serta motorik yang andal. Sebagian besar nutrisi yang diperlukan anak terdapat dalam ASI, seperti DHA dan nutrisi penting lainnya. Sangat baik apabila anak mendapatkan asupan ASI yang maksimal untuk menunjang perkekmbangan otaknya.

3. Membuat Anak Anda Cerdas Dengan Menjaga Kesehatannya

Tubuh yang sehat mampu membuat anak Anda mencapai kemampuan intelektualitas terbaiknya. Menjaga kebutuhan gizi dan vitamin yang dibutuhkan anak tak kalah penting dari memberikan pengajaran paling baik sekalipun. Tanpa kesehatan yang maksimal, Selain itu, olahraga juga sangat dibutuhkan anak untuk memiliki tubuh yang sehat. Membiarkan anak Anda berolahraga bersama teman-temannya juga bermanfaat untuk membangun rasa percaya diri anak, melatih daya kepemimpinan, serta belajar bekerjasama.

4. Permainan Pengasah Otak Untuk Membuat Anak Berpikir Sistematis

Games seru dan menyenangkan bisa membuat anak memiliki kemapuan pikiran serta motorik yang lebih baik. Permainan seperti catur, teka-teki silang dipercaya dapat merangsang daya pikir sang anak. Sedangkan permainan sudoku lebih melatih anak untuk berpikir bijaksana serta meningkatkan kemampuan pemecahan masalah bagi sang anak. Permainan-permainan sejenis sangat baik untuk membuat anak Anda lebih aktif serta merangsang kemampuan pikiran yang ia miliki.

Demikian beberapa cara membuat anak lebih cerdas yang bisa Anda aplikasikan untuk mengembangkan IQ anak Anda, Anda juga bisa menemukan beragam cara untuk membuat anak cerdas yang dianjurkan oleh pakar anak dengan berkonsultasi langsung pada dokter atau ahli di di bidangnya.


Saran lainnya