Buat Kalian Yang Pengen Nikah, Berikut Cara Menghemat Biaya Pernikahan


Cara menghemat biaya – Pernikahan adalah salah satu acara sakral penyatuan dua insan dalam satu bahtera rumah tangga, pernikahan adalah suatu kewajiban bagi banyak agama dan juga cara menyatukan 2 hati dalam satu ikatan yang jelas.

Namun sayangnya untuk mengikatkan keduan hati tersebut ada banyak kendala yang harus di hadapi salah satunya yaitu pengeluaran untuk acara pernikahan.

Ya…. tarif segala kebutuhan penikahan sangatlah tinggi setiap tahunnya, dari tahun ke tahun selalu mengalami kenaikan yang cukup signifikan baik untuk make up, gedung, makanan, souvenir dan lain – lain.

Nah buat anda yang ingin menikah namun tidak ingin mengeluarkan banyak biaya yang terkesan foya – foya berikut cara menghemat biaya pernikahan yang bisa anda lakukan bersama pasangan.

cara menghemat biaya pernikahan

Membatasi Jumlah Tamu Yang Hadir

Jika anda benar – benar ingin menghemat biaya pernikahan ada baiknya anda membatasi jumlah undangan yang ada.

Undanglah keluarga, teman dekat dan juga orang pentimg lainnya, dengan membatasi jumlah tamu tanpa sengaja anda sudah ,menghemat pengeluaran anda mulai dari undangan, makanan dan gedung.

Selain menghemaat pengeluaran, dengan membatasi tamu yang hadir dan selektif memilihnya bisa menciptakan suasana yang ceria dan kekeluargaan di acara pernikahan anda.

Mengiklankan Vendor di Acara Resepsi

Cara ini banyak digunakan oleh para artis – artis papan atas maupun para artis endorse , dengan memiliki endorse maka beberapa kebutuhan bisa dibiayai oleh perusahaan yang meyewa endorse kita.

Salah satu yang menggunakan endorse hingga pesta pernikahannya sangat mewah adalah rafi ahmad dan gigi.

Ya pernikahan keduanya cukuplah mewah dan menyita perhatian publik dan dari pernihkahan tersebut terdapat beberapa endorse yang mendukung pernikahan bahkan pernikahan tersebut sempat ditayangkan di salah satu tv swasta.

Pernikahan Outdoor yang Simpel Namun Romantis

Cara menghemat biaya
Cara menghemat biaya

Bagi anda yang tidak memiliki banyak ruangan di rumah atau tidak memiliki biaya untuk menyewa gedung yang mahal jangan khawatir karena da banyak cara untuk mencari tempat lainya yang jauh lebih murah atau bahkan memanfaatkan tempat disekitar kita seperti taman atau pekarangan.

Pernikahan outdoor dengan memanfaatkan halaman rumah menjadi tren sekarang ini, dengan menggunakan konsep ini tanpa sadar anda telah menutupi kekurangan anda yang tidak bisa menyewa gedung dan menciptakan suasana pernikahan yang menyenangkan karena pesta penikahan outdoor biasanya berkonsep garden yang hanya dihadiri orang – orang penting dalam hidupmu.

Minta Bantuan Teman

da beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk memangkas biaya pernikahan salah satunya yaitu minta bantuan teman seperti untuk fotografer, sebagian besadr dari kita banyak menghabiskan uang untuk menyewa jasa foto.

Namun tahukan anda jika anda bisa menghemat pengeluaran dokumentasi dengan meminta teman anda yang hoby fotografi untuk menjadi dokumenter.

Jika anda memiliki teman yang pandai berbicara anda juga bisa memintanya untuk menjadi MC pernikahan dengan membayarnya dibawah MC profesional.

Hitunglah berapa banyak uang yang anda keluarkan untuk menyewa MC profesional, dari pada mengeluarkannya untuk orang lain bagaimana kalau anda menghemat pengeluaran sekaligus mewadahi hoby teman – teman anda.

Make up DIY

Banyak orang yang mulai pintar make up diri sendiri sekarang, selain itu banyaknya youtubers yang mengupload video tutorial make up membuat sebagian besar wanita bisa memakai make up sendiri.

Nah jika anda memiliki kemampuan memake up diri sendiri, nggak ada salahnya loh untuk memake up diri sendiri di hari istimewa, dengan make up sendiri anda bisa menyesuaikan bentuk riasan dan juga merwk bedak yang cocok dengan wajah.

Undangan dan Souvenir Pernikahan Yang Simpel

 Banyak orang yang memilih undangan dengan foto prewed di dalamnya atau memilih bentuk Рbentuk tak lazim karena ingin terkesan unik.

Namun tahukan anda jika hal itu dapat memperbesar pengeluaran biaya pernikahan, uang yangb seharusnya bisa untuk hal lain bisa terbuang percuma karena surat undangan atau souvenir yang nanatinya akan di buang.

Kebanyakan masyarakat akan membuang surat undangan setelah membacanya sehingga bentuk atau undangan mahal tidak berpengaruh penting pada pernikahan anda.

Nah itu tadi cara menghemat biaya pernikahan yang bisa anda lakukan bersama pasangan, selamat mencoba dan selamat menempuh hidup baru.


Saran lainnya