Ibu Rumah Tangga Bisa Memiliki Kartu Kredit, Ini Syaratnya


Kartu kredit memberikan banyak kemudahan yang bisa didapatkan ketika memilikinya. Memiliki kartu kredit bisa digunakan untuk alat pembayaran yang membantu untuk memproses transaksi keuangan dengan mudah dan juga nyaman. Penggunaan kartu kredit bisa untuk menggantikan fungsi dari uang tunai yang anda simpan di dompet. Tidak hanya fungsi itu saja, kartu kredit juga bisa dipakai untuk memenuhi berbagai transaksi dari keuangan secara online yang sewaktu-waktu anda butuhkan.

Ibu Rumah Tangga Bisa Memiliki Kartu Kredit
Ibu Rumah Tangga Bisa Memiliki Kartu Kredit

Kemudahan dan kenyamanan yang diberikan oleh kartu kredit, ternyata bukan hanya 2 hal itu saja yang bisa didapat dari kartu kredit. Banyak tawaran menarik yang diberikan dan tentunya menguntungkan. Banyak diskon menarik dari gerai-gerai terkemuka serta puluhan penawaran lainnya dari brand-brand terkenal dihadirkan untuk memberikan daya tarik memiliki kartu kredit. Maka tidak mengherankan jika banyak orang yang ingin memiliki kartu kredit termasuk ibu rumah tangga.

Untuk dibaca ibu: Bisnis Rumahan Terbaik untuk Ibu rumah tangga (juga Ayah)

Persyaratan Umum untuk Mengajukan Kartu Kredit

Tidak sulit untuk mendapatkan kartu kredit. Terutama anda yang memiliki usaha atau anda seorang karyawan sebuah perusahaan. Pihak bank hanya meminta beberapa persyaratan yang bisa anda lengkapi ketika mengajukannya, seperti.

1. Salinan kartu identitas diri berupa KTP.
2. Salinan SIUP, TDP syarat ini digunakan bagi anda yang memiliki usaha.
3. Salinan rekening tabungan selama 3 bulan terakhir.
4. Salinan NPWP
5. Bagi yang berstatus karyawan juga harus melampirkan slip gaji atau surat keterangan penghasilan asli.

Persyaratan di atas wajib anda penuhi supaya permohonan anda untuk mengajukan kartu kredit segera diproses dengan baik. Selain memenuhi syarat-syarat di atas, anda juga harus mengisi aplikasi dan diajukan bersama-sama dengan kelengkapan syarat di atas.

Setelah semuanya lengkap dan dikumpulkan ke pihak bank, maka bank akan segera memproses dengan melakukan hal-hal seperti, verifikasi data yang dilakukan melalui telepon, survei ke kantor atau ke rumah bila diperlukan. Waktu untuk mengajukan kartu kredit tidak perlu lama-lama. Bila semua persyaratan dan semua proses berjalan lancar dan mendapatkan persetujuan dari bank, maka dalam waktu 14 hari kerja anda bisa mendapatkan kartu kredit yang diantar baik ke rumah atau ke kantor.

Proses Pengajuan Kartu Kredit bagi Ibu Rumah Tangga

Proses dan persyaratan di atas berlaku bagi anda yang berstatus karyawan atau wirausahawan. Lantas, bila anda seorang ibu rumah tangga yang ingin mengajukan kartu kredit bagaimana caranya? Karena hanya berstatus sebagai ibu rumah tangga dan tidak memiliki pekerjaan secara aktif. Apakah sama mudahnya dengan ketentuan umum memiliki kartu kredit.

Seorang ibu rumah secara umum sering untuk berbelanja serta melakukan pengelola manajemen keuangan di dalam rumah tangga. Mereka terbiasa menerima uang bulanan yang alokasinya sudah disesuaikan dengan kebutuhan bulanan yang harus dipenuhi untuk kebutuhan rumah tangga. Bila ingin melakukan penghematan untuk melakukan berbagai transaksi tersebut, tentu keinginan untuk memiliki kartu kredit sangat dibutuhkan.

Bagi ibu rumah tangga tidak perlu khawatir. Bank tetap memberikan peluang bagi ibu rumah tangga supaya bisa mendapatkan kartu kredit. Para ibu rumah tangga memiliki kemampuan untuk mengatur keuangan dan daftar belanja keluarga. Kemampuannya yang dimiliki itu, tentu termasuk ke dalam segmen pasar yang sangat menguntungkan bagi bisnis ini, karena transaksi-transaksi yang dilakukan tentu akan lebih banyak nantinya.

Mungkin hal ini bisa dibilang mustahil. Namun, beberapa bank sudah sering memberi penawaran khusus bagi para nasabah yang memiliki dana mengendap atau deposito dalam jumlah tertentu di bank, meskipun itu seorang ibu rumah tangga. Para ibu rumah tangga ini, dianggapnya sebagai calon konsumen yang produktif dengan menggunakan kartu kredit untuk melakukan transaksi dalam usaha memenuhi kebutuhan rumah tangganya.

Meski potensial sebagai calon konsumen yang produktif, tetap saja bank akan memberikan kriteria khusus untuk proses kepemilikan kartu kredit bagi ibu rumah tangga. Pihak bank akan melihat calon-calon nasabahnya yang memiliki potensi atau tidak. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi bagi para ibu rumah tangga ketika akan memiliki kartu kredit. Adapun persyaratannya seperti di bawah ini.

1. Memiliki saldo yang mengendap di rekening

Seorang ibu rumah tangga modern, tentu memiliki rekening tabung pribadi. Rekening tabungan itu dipakai untuk menyimpan dana yang digunakan untuk kebutuhan keluarga. Besarnya saldo yang mengendap di rekening ternyata bisa dipakai untuk pertimbangan pihak bank ketika ingin mengajukan kartu kredit. Pihak bank akan memberikan pertimbangan melalui jumlah saldo yang mengendap di rekening sebagai jaminan akan kemampuan untuk mengelola dan menggunakan kartu kredit yang diberikan.

Akan menjadi suatu yang menggembirakan bila anda ibu rumah tangga dengan saldo mengendap di rekening dalam jumlah besar, untuk mendapatkan kartu kredit dengan cepat. Memang jumlah berapa saldonya adalah hal yang relatif. Hal ini tergantung pihak bank yang ingin anda pakai produk kartu kreditnya. Peluang mendapatka kartu kredit yang besar bisa anda dapatkan saat anda memiliki saldo mengendap di rekening dalam jumlah besar.

2. Adanya arus kas

Tidak hanya saldo mengendap yang menjadi syarat untuk memiliki kartu kredit bagi ibu rumah tangga. Bank juga akan melihat bagaimana perputaran kas di rekening tersebut. Pihak akan lebih menyukai ketika rekening tabungan tersebut aktif. Dengan kata lain, adanya aliran dana masuk dan dana keluar yang lancar serta stabil sepanjang tahun.

Bank tidak pernah mempermasalahkan asal usus dana yang masuk ke dalam rekening tabungan anda. Paling penting bagi pihak bank adalah di rekening tabungan anda memiliki transaksi yang berjalan lancar. Bank akan lebih menyukai jika di rekening tabungan tersebut memiliki transaksi-transaksi yang tinggi, dimana potensi untuk menggunakan kartu kredit pun juga tinggi ketika aplikasi yang diajukan disetujui bank.

3. Memiliki rekening deposito

Tidak semua ibu rumah tangga hanya mengetahui rekening tabungan dan uang belanja saja. Ibu rumah tangga masa kini jauh lebih modern dan smart, termasuk anda bukan? Mereka ternyata tidak hanya menyimpan dana di dalam rekening tabungannya saja. Melainkan beberapa ibu rumah tangga juga banyak yang sudah menggunakan deposito. Deposito ini bisa dikatakan sebagai investasi serta tabungannya juga. Bila anda termasuk pemilik deposito, tentunya bisa anda gunakan untk jaminan pengajuan kartu kredit.

Pihak bank lebih senang memproses pengajuan kartu kredit bagi ibu rumah tangga yang menggunakan jaminan deposit. Ibu rumah tangga yang memiliki deposito tentu berpeluang untuk disetujuinya pengajuan kartu kreditnya. Menggunakan deposito sebagai jaminan dalam kepemilikan kartu kredit disebut juga secured credit card. Dengan menggunakan deposito, akan jauh lebih mudah bila dibandingkan dengan syarat-syarat lainnya. Pihak bank tidak akan melakukan survei serta persyaratan penghasilan lainnya yang kadang anda terasa sulit untuk memenuhinya.

Artikel terkait seputar kartu kredit dengan jaminan:

Penggunaan secured credit card, bagi ibu rumah tangga merupakan syarat paling mudah dan praktis. Maka tidak ada salahnya jika untuk dicoba dan proses pengajuannya pun memerlukan waktu yang tidak lama.

Mengajukan Kartu Kredit bagi Ibu Rumah Tangga dengan Tepat

Sejumlah syarat yang telah diterapkan oleh bank untuk mengajukan kartu kredit yang diterbitkan, ternyata tidak membuat para ibu rumah tangga merasa kesulitan untuk mendapatkan kartu kredit. Adanya rekening tabungan serta rekening deposito menjadi persyaratan yang memudahkan bagi ibu rumah tangga yang ingin mengajukan kartu kredit. Bila anda ibu rumah tangga yang ingin memiliki kartu kredit, tentu tidak ada salahnya untuk mengajukannya dan menggunakan persyaratan-persyaratan di atas.


Saran lainnya