5Penyebab Kulit Ketiak Hitam Dan Cara Mudah Mengatasinya Menggunakan Bahan Alami


Kulik ketiak yang hitam bisa menjadi masalah sendiri bagi wanita ya, selain membuat penampilan kurang menarik anda juga akan disibukan dengan pemilihan busana karena tidak mungkin anda akan menggunakan baju yang memperlihatkan ketiak.

Karena dijamin anda tidak akan percaya diri menggunakan model – model baju tanpa lengan, padahal bagi anda yang tidak berhijab baju model tersebut sangatlah praktis dan juga anggun.

Meskipun berada di tempat yang tertutup dan tidak terkena pancaran sinar matahari, namun banyak para wanita yang mengalami penghitaman di area ketiak.

Nah berikut 5 penyebab kulit ketiak hitam dan cara mudah mengatasinya yang bisa anda lakukan di rumah tanpa medis.

5 Penyebab Ketiak Hitam

kulit ketiak
kulit ketiak

Pengggunaan Deodoran Terlalu Sering

Deodoran adalah salah satu kosmetik yang harus ada di kotak kosmetik baik untuk perempuan maupun laki – laki karena bisa mengurangi bau dan juga ketiak basah.

Namun penggunaan deodoran yang berlebihan bisa menyebabkan ketiak menghitam karena terdapat kandungan bahan kimia di dalam deodoran yang berpengaruh pada kulit bahkan untuk kulit sensitif bisa menyebabkan iritasi.

Jadi ada baiknya anda menggunakan deodorant ketika perlu saja dan juga membersihkan bekas deodoran setelah menggunakannya karena bisa menumpuk dan menyebabkan kulit menghitam.

Pakaian Terlalu Ketat

Pakaian yang ketat memang menimbulkan banyak masalah seperti penggunaan yang celana yang ketat dapat menyebabkan area selangkangan menjadi hitam, begitu juga dengan penggunaan baju dengan lengan yang ketat dapat menimbulkan kulit ketiak menghitam.

Kulit yang menghitam ini disebabkan karena adanya hesekan baju dengan kulit karena tidak memiliki ruang gerak yang cukup sehingga gesekan tersebut lama kelamaan akan menghitam. Gunakanlah baju dan celana yang longgar jika tidak ada kepentingan atau untuk kegiatan di rumah sehari – hari.

Mencukur Bulu Ketiak

Mencukur bulu ketiak bisa menjadi penyebab kulit ketiak menghitam, bulu di kulit ketiak sangatlah memalukan bahkan orang yang memiliki bulu ketiak akan terkesan kotor dan tidak bisa menjaga kebersihan diri.

Selain membuat tidak percaya diri dan juga masalah di atas, bulu ketiak juga bisa menjadi tempat berkumpulnya bakteri penyebab bau badan. Jadi tidak ada pilihan lain selain mencukurnya.

Nah untuk mengurangi akibat yang ditimbulkan dari mencukur bulu ketiak ada baiknya anda menggunakan alat cukur yang tajam dan tidak tumpul untuk menghindari gesekan pada kulit ketiak berkali – laki.

Jangan lupa gunakan cream pencukur agar bulu diketiak bisa dengan mudah terangkat dan jangan menggunakan deodoran secara langsung setelah pencukuran untuk menghindari iritasi dan penghitaman kulit ketiak.

Penumpukan Sel Kulit Mati

Penghitaman kulit ketiak bisa juga disebabkan karena adanya penumpukan sel kulit mati di area ketiak karena jarang dibersihkan.

Ada baiknya anda membersihkan dan mengangkat sel kulit mati setiap mandi, untuk mempermudah anda bis amenggunakan lulur berteksture lembut atau sabun, namun jangan menggososknya terlalu keras karena bisa menyebabkan iritasi.

Masalah Kesehatan

Selain penyebab di atas, menghitamnya kulit ketiak juga bisa di sebabkan karena adanya gangguan kesehatan seperti hormon yang tidak seimbang, gangguan pemrosesan insulin yang erat kaitannya dengan diabetes.

Ada juga penyakit Addison yang disebabkan karena kelenjar adrinalin yang tidak bekerja dengan baik, atau penyakit ancanthonis nigricans yang membuat daerah lioatan bukan hanya ketiak seperti siku, lutut juga menghitam.

 

Cara Mengatasi Kulit Ketiak Menghitam Dengan Bahan Alami

 

Seiring dengan berkembangnya teknologi maka bukanlah hal yang sulit untuk kembali memutihkan ketiak, ada banyak cara medis yang bisa ada tempuh meskipun harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit.

Namun bagi anda yang tidak memiliki uang yang cukup bisa menggunakan cara alami berikut ini :

Masker Bahan Alami

Lemon dan jeruk nipis diketahui kaya akan manfaat salah satunya yaitu memiliki vitamin C yang cukup besar dan mamapu melawan bakteri.

Dan untuk memutihkan ketiak anda bisa menggosokan lemon atau jeruk nipis secukupnya kemudian diamkan selama 15 menit dan bilas dengan bersih, lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

Selain lemon / jeruk nipis, mentimun, kentang dan gula juga di percaya bisa memutihkan ketiak jika digunakan untuk masker seperti di atas secara rutin.

Nah itu tadi 5 penyebab kulit ketiak hitam dan cara mudah mengatasinya menggunakan bahan alami.


Saran lainnya