5 Tokoh Terkenal Indonesia Yang Dipercaya Moksa


tokoh terkenal  – Dijaman dulu ada beberapa kerajaan yang berdiri di Indonesia dan di saat itu ilmu kanuragan masih banyak dipelajari oleh masyarakat, baik untuk perlindungan atau sebagai alat untuk menyerang.

Sehingga tidak heran jika ada banyak tokoh yang memiliki ilmu tingkat tinggi dan terkenal hingga sekarang, bahkan kabarnya beberapa tokoh tersebut tidak meninggal namun mereka moksa atau menghilang karena tidak di temukan tempat peristirahatannya juga jejaknya.

Moksa sendiri adalah salah satu konsep dari agama Hindu Budha yang memiliki arti pelepasan ikatan duniawi dan lepas juga dari putaran reinkarnasi, sehingga orang yang telah berhasil moksa tidak bisa berengkarnasi kembali seperti ajaran di agama Hindu.

Berikut tokoh – tokoh terkenal Indonesia yang dipercaya moksa atau menghilang versi fispol.com.

Tokoh Terkenal Indonesia Yang Dipercaya Moksa

Prabu Siliwangi

prabu siliwangi
prabu siliwangi

Kehebatan dari Prabu Siliwangi raja dari kerajaan pajajaran memang sudah terkenal dari dulu hingga sekarang, bahkan menurut cerita prabu siliwangi pernah mengalahkan sekumpulan harimau putih dan menjadikannya pasukan atau pendampingnya.

Selain memiliki pasukan harimau, prabu Siliwangi juga memiliki pusaka kujang yang sudah terkenal kehebatannya, sehingga tidak heran jika di setiap lukisan prabu Siliwangi selalu di dampingi oleh harimau dan kujang.

Ajaran islam mulai masuk ke tanah air dan banyak orang terdekat dan juga pengikut Prabu Siliwangi yang masuk islam termasuk istri dan juga anka – anaknya seperti kian santan, agar tidak ada pertengkarang dan juga pecah belah di antara rakyat sunda maka Prabu Siliwangi memutuskan untuk moksa, bahkan menurut mitos yang beredar Prabu Siliwangi moksa bersamam dengan dengan kerajaannya.

Patih Gajah Mada

Patih Gajah Mada adalah salah satu patih dan ksatria yang sudah terkenal kehebatannya di seluruh nusantara bahkan saking terkenalnya, menurut cerita pamor sang raja berada di bawah Patih Gajah Mada.

Kematian Patih Gajah Mada sampai sekarang ini masih menjadi misteri, dikatakan di Kitab Kakimpoi Nagarakretagama jika sang patih meninggal karena sakit namun ada juga cerita yang berkembang jika Patih Gajah Mada tidak meninggal namun moksa.

Terjadinya perang Babat antara Majapahit dan Padjajaran membuat banyak pihak yang menyalahkan Patih Gajah Mada, sehingga Patih Gajah Mada yang kecewa karena pengorbanannya selama ini tidak hargai akhirnya meninggalkan Majapahit dan moksa.

Prabu Jayabaya

Prabu Jayabaya adalah Prabu atau raja yang menguasai daerah Kediri atau Jenggala yang merupakan pewaris tahta dari Raja Terdahulu yaitu Raja Eirlangga.

Prabu Jayabaya pernah membawa kerajaannya di masa keemasan di jamannya, namun Prabu Jayabaya sendiri lebih dikenal sebagai orang yang ahli meramal dengan ramalannya yang terkenal bernama ramalan Jayabaya yang diercayai sampai saat ini.

Dan menurut berita yang beredar, Prabu Jayabaya adalah orang yang terpilih sehingga beliau moksa atau hilang tanpa jejak di Desa Menang, Kediri.

Raden Brawijaya V

Hilangnya patih Gajah Mada, masuknya ajaran islm dan juga penyerangan habis – habisan kediri membuat Majapahit mengalami kehancuran, maka tiada tempat lagi untuk Raden Brawijaya V untuk bersembunyi, ditambah lagi dengan Adipati Cepu yang ingin membalas dendam padanya membuat Raden Brawijaya harus meninggalkan Majapahit.

Akhirnya Raden Brawijaya yang di temani sabdo Palon Noyo Genggong melakukan perjalanan ke Gunung Lawu dan moksa di sana, namun sebelum moksa Prabu Brawijaya bersumpah jika tidak akan ada keturunan Cepu yang boleh memasuki kawasan Gunung Lawu.

Dan sampai sekarang mitos tersebut masih berlanjut, banyak orang Cepu yang tidak berani mamasuki area Gunung Lawu.

Sabdo Palon Noyo Genggong

tokoh terkenal
sabdo palon

Sabdo Palon Noyo Genggong lebih dikenal dengan nama Semar, yang bertugas sebagai pengasuh para Pewaris Tahta keturunan Pandawa.

Ada banyak cerita yang beredar tentang alasan Sabdo Palon Noyo Genggong moksa, yaitu versi pertama karena menemani Raden Brawijaya dan di versi kedua karena kecewa dengan keputusan Raden Brawijaya yang masuk islam di dalam pelariannya, akhirnya beliau memutuskan untuk moksa.

Nah itu tadi 5 tokoh terkenal Indonesia yang dipercaya Moksa, percaya atau tidak itulah sejarah yang harus kita pelajari dan juga ingat karena tanpa sejarah kita tidak akan pernah ada.

 


Saran lainnya