8 Makanan Khas Semarang Paling Enak dan Unik, Wajib di Coba.


Semarang – Kota Semarang sangat terkenal, baik dari sisi Wisatanya, Kotanya yang Indah, Makanannya dan lain sebagainya. Kota Semarang yang sekaligus sebagai Ibukota Provinsi Jawa Tengah ini sering dijuluki sebagai Kota Atlas, The port of Java, Semarang Pesona Asia, dan Kota Lumpia.

Kota Lumpia menjadi salah satu julukan kota Semarang karena, rata-rata penduduk yang mendominasi kota ini adalah dari suku jawa yang mempunyai makanan khas yaitu Lumpia dan dari kota ini juga lumpia menjadi dikenal oleh masyarakat banyak. Nah, dari situ Kota ini dijuluki sebagai Kota Lumpia.

Selain lumpia, kota semarang juga masih mempunyai masih banyak lagi makanan khas yang  langsung dibuat dari daerah ini sendiri maupun hasil akulturasi dari daerah yang lain. Sehingga kota ini bisa menghasilkan banyak sekali jenis makanan yang enak serta unik. Berikut saya akan memaparkan kepada anda jenias makanan yang super enak dan unik di kota Semarang.

Lumpia Khas Semarang

lumpia khas semarang
lumpia khas semarang

Dijuluki sebagai Kota Lumpia, rasanya kurang lengkap kalau belum mencicipi makanan khas semarang yang satu ini. Lumpia yang dalam nama bahasa inggrisnya Spring roll ini dibuat dari adonan tepung dengan bentuk yang bundar, kemudian diberi isian dilipat lalu digulung baru digoreng dengan minyak panas. Isian dari lumpia ini berupa daging, potongan sayuran, ayam, bawang putih, telur,dan kecap. Pantas aja Lumpia ini sangat enak dan unik, perlu anda ketahui bahwa lumpia ini adalah akulturasi jawa dan china.

Baca juga : Aneka Makanan Klaten yang Wajib anda Cicipi

Bandeng Presto

bandeng presto khas semarang
bandeng presto khas semarang

Bandeng presto yaitu hasil olahan dari ikan bandeng yang dimasak dengan sedemikian rupa dengan cara presto, dengan tujuan untuk menghilangkan duri ikan atau melunakkan duri ikan tersebut. Teknik prersto adalah cara memasak dengan uap air yang bertekanan tinggi. Semua jenis makanan yang dimasak dengan cara ini diletakkan dalam panci yang bisa ditutup rapat. Sehingga air didalam panci tersebut mengasilkan panas dan beruap. Nah, dari uap air itulah makanannya akan dimasak didalam panci tersebut.

Namun, sebelum di masak atau dipresto jenis ikan dengan nama latin Chanos chanos ini harus dikasih bumbu seperti bawang putih, kunyit, dan garam yang telah dihaluskan. Bandeng Presto menjadi oleh-oleh khas jawa tengah munculnya dari Semarang dengan nama Bandeng Presto Juwana, meskipun sebenarnya bandeng presto inii ditemukan oleh Hanna Budimulya warga pati  (1977), namun bandeng presto dengan rasanya yang sangat enak ini cepat menyebar ke Semarang dan digemari oleh masyarakat semarang.

Mie Kopyok

mie kopyok semarang
mie kopyok semarang

Mie Kopyok adalah makanan dengan bahan utamanya mie kemudian ditambahkan dengan lauk yang berupa tahu dan kerupuk gendar, yang menjadi ciri khas Mie Kopyok. Selain mie, dalam porsi mie kopyok juga ditambahkan irisan lontonguntuk menambah cita rasa yang enak, sehingga disebutlah mie lontong. Makanan khas semarang yang satu ini bisa anda temukan sekitar jalanan, yang dijual dengan memakai gerobak untuk memudahkan para penikmatnya mendapatkan mie kopyok ini.

Wingko babat

wingko babat khas semarang
wingko babat khas semarang

Wingko babat adalah makanan khas indonesia. Mungkin didaerah tempat kamu tinggal juga terdapat makanan ini. Wingko babat sendiri terbuat dari kelapa muda yang di parut, gula, dan tepung beras ketan. Tetapi,wingko babat paling terkenal dibuat di semarang dan dijadikan sebagai oleh-oleh khas kota Atlas itu. Sehingga banyak yang mengira bahwa wingko babat ini bersal dari kota ini, meskipun yang sebenarnya wingko babat berasal dari babat, yaitu koya kecil yang ada di Lamongan, Jawa Timur.

Roti Ganjel Rel

Mungkin bagi orang Jawa yang sudah mengetahui roti ganjel rel ini sudah tidak penasaran lagi dengan roti yang satu ini. Tetapi bagaimana dengan anda? Mungkin anda penasaran dengan roti ini, karena dari namanya saja Unik yang membuat kita penasaran denga bentuk rotinya dan rasanya bagaimana?.

Roti ganjel rel diambil dari bahasa jawa yang berarti pengganjel. Yang bentuknya mirip dengan kayu pengganjel rel kereta api, Nah nama roti khas semarang ini diambil dari situ. Roti ini terkenal dari bentuk dan rasanya yang enak dengan warna coklat yang memikat hati para penimatnya.

Tahu Pong

Tahu pong khas Semarang
Tahu pong khas Semarang

Ada-ada saja ya namanya, selain tahu bulat digoreng dadakan harga 500san ada juga saudaranya yaitu Tahu Pong. Tahu pong merupakan makanan khas kota semarang, yang mempunyai persamaan dengan tahu bulat terbuat dari tahu dengan isian sama-sama kopong dan sama bulat. Perbedaan dari kedua tahu ini yakni cara penyajiannya dan memakannya, tahu pong biasanya dimakan dengan menggunakan gimbal udang dan sambel rawit pedas untuk di cocol. Selain itu masih ada bahan pelengkap makanan ini berupa irisan acar lobak dan tahu pong emplek yang digoreng dengan telur.

Gandos

gandos khas semarang
gandos khas semarang

Gandos adalah salah satu makanan tradisional khas semarang yang terbuat dari adonan tepung beras dan santan, tapi akhir-akhir ini makanan ini sudah jarang ditemukan, meskipun di semarang sendiri dikarenakan gandos sudah jarang diproduksi lagi. Gandos dimasak dengan cara dipanggang dalam cetakan, cetakannya hampir sama dengan cetakan kue kukis.

Makanan khas semarang ini mempunyi ciri khas tersendiri yaitu rasanya yang memanjakan lidah anda untuk mencicipi terus kue ini, dan cara penyajinnya yang sangat unik. Yang membuat anda akan kangen dengan makanan ini.

Kue Moaci

Kue Moaci
Kue Moaci

Kue moaci terbuat dari bahan tepung ketan dengan bentuk bulat yang bagian luarnya ada gula karamel yang bercampur dengan kacang. Karena bahan dasarnya tepung ketan yang terkenal lengket makanan ini dilapisi dengan bubk tepung dan diberi alas kertas roti. Kue ini biasanya dijual dalam bentuk kemasan. Seiring berjalannya waktu, Kue Moaci ini lamban laun berkembanng dengan berbagai macam variasi warna seperti hijau, kuning, merah dan juga putih, yang membuat para penikmatnya makin tertarik dengan kue ini.

Itu dia 8 makanan khas yang bisa anda temukan di Kota Semarang.

 

 


Saran lainnya