Berikut Aneka Makanan khas klaten Yang Wajib Anda Cicipi


Makanan khas klaten – Puas mencicipi berbagai wisata kuliner gudeg legendaris Jogja dan wisata kuliner Solo kini saatnya kita ke Klaten. Klaten adalah kabupaten propinsi Jawa tengah dengan pusat pemerintahan berada di Kota Klaten.

Selain itu klaten juga berbatasan dengan 4 kota yaitu di bagian timur berbatasan langsung dengan kabupaten Sukoharjo, bagian Selatan berbatasan dengan Gunung Kidul, di bagian barat berbatasan dengan Sleman dan utara berbatasan dengan kabupaten Boyolali.

Klaten bukan hanya memiliki berbagai wisata air yang indah namun juga memiliki berbagai makanan khas yang wajib anda kunjungi saat anda berlibur ke kota ini. Nah berikut makanan khas klaten yang wajib anda cicipi saat berada di Kota Klaten.

makanan khas klaten
makanan khas klaten

Makanan khas klaten Yang Wajib Anda Cicipi

Ayam Bakar  dan Panggang Khas Klaten

Makanan khas Klaten pertama yang wajib anda cicipi adalah ayam bakar khas Klaten, mungkon di daerah asal anda ada banyak penjual ayam bakar namun jika nada sednag berada di kota ini tidak ada salahnya mampir dan mencicipi hidangan ini.

Meskipun sama namun orang – orang Klaten menggunakan bumbu rahasia khas klaten untuk membumbui ayam bakar dan panggangnya yang dijamin anda tidak akan menemukannya di tempat lain.

Tidak sulit kok untuk menemukan makanan yang satu ini karena ada berbagai warung dan tempat makan yang menyediakan menu ini seperti di ayam bakar pak Widodo yang terletak di utara masjid Sudo Wayah Klaten. Dan ayam panggang khas Klaten bisa anda temukan di Warung makan ayam panggang Ny Anggraini di jalan Rajawali 113 dan Toko Florida di Jalan Pemuda.

Kepelan Asli Pedan

Kepelan adalah salah satu camilan khas Klaten yang terbuat dari tepung gandum dengan bumbu bawang putih, bawang merah, merica digoreng dan santap dengan aneka saus. Kepelan banyak kita jumpai di Klaten seperti di alun – alun Klaten dimana kita bisa langsung menjumpai penjual kepelan. Namun kepelan yang paling terkenal yaitu Kepelan yang di buat di Desa Keden Kecamatan Pedan.

Swike Kodok

Bagi anda yang belum mencicipi makanna yang satu ini mungkin terlihat horor dan ekstrimya namun bagi anda yang pernah mencicipinya pasti sudah tahu kelezatannya makana  yang satu ini. Sesuai namanya Swike adalah makanan yang terbuat dari kodok. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menikmati kodok bisa di goreng atau di dibumbui.

Untuk anda yang belum pernah makan, tenang rasa dari swike mirip burung dara goreng kok, lezat dan gurih. Di klaten sudah hal umum menjual swike jadi anda tidak akan kesulitan menemukannya. Salah satu warungmakan yang menyediakan swike kodok dan sudah terkenal yaitu Warung Swike Bu Reso.

Swike biasanya diolah menjadi swike goreng tepung, swike nyemek, swike kuah, telur swike goreng dan lain – lain.

Soto Kwali Khas Klaten

Jika biasnaya soto dimasak menggunakan bejana berbahan stainless namun ada yang unik di Klaten yaitu soto di sini dimasak menggunakan kwali atau bejana yang terbuat dari tanah liat. Karena keunikan proses dan alat pembuatannya maka soto di klaten dinamakan soto kwali.

Soto kwali ini juga menjadi salah satu wisata kuliner Klaten yang  wajib anda cicipi saat berada di kota ini. Tidak sulit kok menemukan penjual soto kwali seperti Soto Kwali Bu Sri, Soto Kwali Pak Suryo. Soto Kwali Mas Kliwir atau Soto Kliwir dan soto kwali lainnya.

Nasi Tumpang Lethok

Kalau di Kediri punya nasi peel tumpang yang terbuat dari tempe yang dibususkan kemudian dihaluskan. Di Klaten punya nasi tumpang lethok yang lezat dan menggoda lidah. Sekilas nasi tumpang ini tidak memiliki perbedaan dengan nasi tumpang Kediri namun yang membedakan adalah rasa dari masakan tersebut.

Klaten memiliki citarasa yang khas berbeda dengan daerah lain sama seperti kediri yang memiliki cita rasa sendiri. Di sini banyak warung atau tempat makan yang menjual nasi tumpang seperti di Nasi Tumpang Lethok Mbak Riyanti di Jl Mayor Kusmanto.

Nah itu tadi makanan khas klaten yang wajib anda cicipi saat berada di Kota klaten baik untuk berbisnis maupun liburan.


Saran lainnya