Manfaat Zumba Dance Untuk Kesehatan


Manfaat Zumba Dance Untuk Kesehatan – Bagi orang yang menyukai olahraga atau dance pasti sudah tidak asing dengan zumba dance, bisa dibilang zumba dance adalah tarian yang digunakan untuk olahraga.

Zumba dance sendiri menggabungkan berbagai gerakan dalam prakteknya seperti hip hop, soca, tarian samba, salsa, mamabo dan banyak gerakan lainnya yang membuat penikmat olahraga ini dapat menikmati berbagai kemampuan dance sekaligus berolahraga.

manfaat zumba dance bagi kesehatan
manfaat zumba dance bagi kesehatan

Sejarah Zumba Dance

Tarian zumba ini diciptakan oleh Alberto ‘Beto’ Perez seorang penari sekaligus koreografer di tahun 1990-an, Hingga saat ini tarian zumba masih banyak dipilih sebagai alternatif olahraga dibandingkan dengan tarian olahraga lainnya.

Orang yang mengikuti kebugaran jasmani dengan bersenam zumba, pasti akan merasakan kelelahan  karena gerakannya yang terlalu banyak dan juga energik namun banyak manfaat yang di dapatkan dengan mengikuti zumba dance seperti kelincahan tubuh, tanpa di sadari orang yag mengikuti zumba dance memiliki kelenturan tubuh dan kelincahan lebih dibandingkan dengan orang lain.

Tapi bukan hanya kelincahan dan kelenturan yang anda dapat karena zumba dance ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Manfaat Zumba Dance Untuk Kesehatan

Berikut manfaat yang akan anda dapatkan dengan memilih zumba dance sebagai olahraga kebugaran jasmani.

Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang tengah berencana diet atau menurunkan berat badan, zumba dance bisa menjadi pilihan olahraga untuk program diet.

Karena gerakan zumba dance yang cukup lincah maka tidak heran jika ada banyak kalori dan lemak tubuh yang terbakar saat menari zumba yang membuat berat badan anda turun.

Sedangkan untuk anda bertubuh normal atau bertubuh ideal zumba dance tidak menimbulkan banyak penurunan tubuh malah akan membentuk otot di beberapa bagian dan tubuh menjadi lebih indah dan ramping.

Membuat Seluruh Tubuh Bekerja

Berbeda dengan olahraga lainnya yang hanya menggerakan beberpa bagian tubuh dan otot saja, zumba dance dapat ,membuat seluruh tubuh bekerja sehingga panas yang dihasilkan dan lemak yang terbakar rata.

Dan secara tidak langsung maka aliran darah akan merata ke seluruh tubuh, selain itu karena koreografi zumba di sesuaikan dengan irama maka anda akan merasakan kepuasan tersendiri setelah berolahraga.

Menguatkan Sistem Pernafasan

Karena zumba salah satu tarian olahraga yang energik dan banyak gerakan maka tenaga yang diperlukan dan nafas yang diperlukan juga banyak, sehingga zumba bisa digunakan untuk latihan pernafasan bagi yang membutuhkan seperti para artis atau penyanyi.

Mengencangkan Otot

Membentuk tubuh atau mengencangkan otot tidak hanya dengan melakukan olahraga ekstrem atau berat karena hanya mengikuti zumba dance secara rutin, tubuh anda perlahan – lahan akan membentuk dan otot menjadi kencang.

Merefresh Otak Dan Mental

Karena pada basixnya zumba adalah dance maka tidak heran jika anda akan merasakan kepuasan tersendiri jika mampu mengikuti gerakan – gerakan instruktur yang tanpa disadari membuat otak dan pikiran lebih fresh.

Karena pada dasarnya semua olahraga bisa mengrangi stress dan tekakan pada otak.

Tubuh Lebih Lincah

Karena lemak dalam tubuh terbakar, otot mengencang dan berat badan tubuh menurun maka akan berdampak pada aktivitas anda sehari – hari. Tubuh anda yang awalnya berat akan terasa lebih ringan sehingga gerakan anda juga akan jauh lebih lincah dari sebelumnya.

Badan Lebih Sehat

Sudah tidak diragukan lagi, dengan berolahraga secara rutin maka tubuh anda juga jauh lebih sehat, segar dan daya tahan tubuh juga akan meningkat seiring waktu.

Nah itu tadi Manfaat Zumba Dance Untuk Kesehatan yang bisa anda dapatkan, bukan hanya kesehatan namun tanpa sadar zumba dance jug aberpengaruh pada kecantikan dan peningkatan rasa percaya diri.


Saran lainnya