Tips Patungan Modal Usaha Dengan Teman, Buat Pebisnis Pemula


Patungan Modal Usaha Dengan Teman – Membangun sebuah bisnis memang tidak mudah, ada banyak hal yang perlu kita persiapkan baik dari segi mental, peluang usaha apa yang akan trend di tahun 2018 dan modal. Modal adalah salah satu hal yang paling banyak menghambat para wirausahawan muda.

Meminjam modal tidak selalu mudah, tidak selalu berjalan mulus terlebih lagi bagi wirausahawan yang tidak memiiki pengalaman. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi seorang peminjam modal kepada bank dan tidak semua orang bisa memenuhinya.

Ditambah lagi dengan bunga yang ditawarkan bank dianggap terlalu besar sehingga mengurangi minat wirausahawan muda.

Karena berbagai kendala di atas, ada banyak orang yang memilih patungan modal sebagai solusi, entah patungan dengan 2 orang atau berkelompok dengan pembagian hasil yang disepakati sebelumnya.

Dan cara ini bisa menjadi solusi untuk anda yang saat ini kebingungan masalah modal, namun sebelum patungan modal ada baiknya anda mengetahui tips patungan modal usaha dengan teman.

Tips Patungan Modal Usaha Dengan Teman

Berada Dalam 1 Tujuan

Patungan modal sama saja dengan membuka suatu bisnis bersama – sama dan bisnis tersebut adalah milik anda dan teman anda jadi akan lebih baik jika bisa bekerja sama memajukan usaha tersebut.

Ibarat kata patungan modal usaha sama dengan boncengan dengan 1 motor, jika penumpang mototr tersebut beda tujuan, beda pemikiran maka hal ini akan menyulitkan anda kedepannya. Ditengah – tengah perjalanan anda bisa – bisa akan bertengkar hebat berebut tujuan jika tidak ada tujuan yang sama.

Lebih parahnya lagi perdebatan tersebut bisa membuat kalian terpecah begitu juga dengan bisnis yang dijalankan. Jadi kita tidak bisa memilih teman berbisnis asal – asalan, terangkan dulu kepada partner anda tentang tujuan, goal jangka pendek, gial jangka panjang, konsep bisnis, strukstur bisnis, tugas dan kewajiban dan lain – lain.

Pembagian Tugas Yang Jelas

Sepetti yang dijelaskan di atas, anda harus menjelaskan pada partner anda tentang tugas dan tanggung jawab masing – masing orang. Hal ini menghindari adanya lempar tanggung jawab dan saling berebut tugas.

Dengan pembagian tugas yang jelas maka produktivitas bisnis anda akan lebih terjamin, akan lebih bagus dan anda akan terhindar dari bentrokan karena tugas yang tidak jelas.

Dan salah satu kesalahan yang paling banyak dilakukan saat patungan modal adalah kepemimpinan, meskipun modal yang digelontorkan sama namun anda tidak bisa menganggap sama, dalam dunia bisnis dan hidup berorganisasi tidak ada 2 matahari atau tidak ada 2 pemimpin jadi anda harus menentukan siapa pemimpin paling tepat dalam bisnis anda.

Keterbukaan

Karena usaha tersebut adalah usaha patungan, maka anda juga harus sadar jika ada hak yang dimiliki setiap penanam modal sehingga perlu adanya keterbukaan dengan para pemberi modal atau partner.

Suksesnya bisnis yang anda jalani adalah suksesnya pemilik modal begitu juga dengan kebangkrutan atau masalah yang dialami adalah masalah pemilik modal bisnis tersebut. Bukan hanya itu mulai dari aset, pendapatan, karyawan, uang, laba, rugi bisnis juga harus dibicarakan bersama.

Jangan sampai masalah ditanggung oleh seorang saja, kecuali ada perjanjian sebelumnya.

Perjanjian Hitam Diatas Putih

Tidak ada salahnya kok jika anda sudah percaya sepenuhnya dengan partner anda namun ada baiknya anda mengawalinta dengan perjanjian hitam di atas putih, tidak ada maksud lain dari penandatangan perjanjian ini, ini hanya sebuat lambang komitmen berbisnis bersama sekaligus bukti jika bisnis ini adalah bisnis bersama.

Perjanjian hitam di atas putih ini akan menguntungkan bisnis dan kedua belah pihak di kemudian hari jika ada kecurangan salah satu pemilik modal.

Tidak perlu bingung, tidak perlu ke notaris, untuk bisnis yang baru di rintis dan masih kecil anda bisa menulis perjanjian tersebut dengan tanda tangan di atas materai semua pemilik modal dan pembangun bisnis.

Nah itu tadi tips patungan modal usaha dengan teman yang harus anda ketahui sebelum patungan, patungan modal memang lebih menguntungkan dibandingkan dengan meminjam uang dari bank dengan bunga selangit. Lagi pula lebih banyak kepala lebih banyak pula inovasi yang bisa diciptakan.


Saran lainnya