Tips Mengatasi Anak Takut Pada Orang Asing


Mengatasi Anak Takut Pada Orang Asing – Setiap anak memiliki sifat yang berbeda – beda ya, ada anak yang ceria, ada anak yang pendiam. Ada anak mudah bergaul dengan orang lain dan ada juga anak yang kesulitan bersosialisasi.

Anak kecil selalu menjadi pusat perhatian orang yang ada di sekitar ya, banyak orang yang selalu ingin memegang, menggendong dan bermain dengan anak karena keluucuannnya. Tapi apa jadinya ya jika sang anak takut pada orang baru.

Pastinya kita sebagai seorang ibu khawatir juga ya bagaimana jika kedepannnya sang anak tidak bisa bersosialisasi dengan baik dengan masyarakat. Nah untuk bunda, sebagai seorang ibu kita wajib ya mendukung dan mengajari anak agar memiliki kemampuan bersosialisasi.

Nah bunda berikut tips Mengatasi Anak Takut Pada Orang Asing yang bisa anda lakukan, selamat mencoba.

menghadapi anak takut pada orang asing
menghadapi anak takut pada orang asing

Tips Mengatasi Anak Takut Pada Orang Asing

Kenalkan Pelan – Pelan

Wajar saja ya kalau snag anak menangis saat saat di ajak atau bertemu dengan orang asing karea bagi mereka ibu adalah satu – satunya yang dibutuhkan. Aroma tubuh sang ibu yang dikenalinya sejak lahir tidak akan hilang dan menganggap orang baru sebagai ancaman atau asing.

Jadi anda sebagai ibu tidak bisa langsung menyururh anak langsung akrab dengan orang asing meskipun dalam lingkup 1 keluarga. Perkenalkan anak pelan – pelan. Gendong anak anda saat mengenalkan pada orang asing agar sang anak lebih nyaman dan tidak takut.

Akui Perasaan Anak

Jangan mencela, mengihinda atau mengjudge anak, tindakan ini tidak dibenarkan sama sekali. Seperti kata orang ucapan adalah doa, jadi hinaan atau ejekan yang keluar dari mulut anda akan terjadi karena sang anak merasa dicap penakut atau cengeng oleh anda.

Menangis saat bertemu orang asing wajar saja ya bunda, apalagi balita memiliki sifat ayng lebih sensitif dibandingkan orang dewasa. Bahkan kita saja sebagai orang dewasa akan menghindar atau pura – pura tidak menyadari kehadirannnya jika bertemu orang asing.

Jangan Langsung Gendong Sang Anak

Karena lucu banyak orang – orang yang tertarik dengan bayi anda dan langsung menggendongnya, padahal hal ini tidak dibenarkan. Jnagan gendong anak langsung atau konsekuensinya snag anak akan menangis ketakutan.

Ajaklah sang anak bercanda dan berain terlebih dahulu, tunggu snag anak hingga nyaman baru anda bisa menggendong dan membawanya kemanapun.

Bawa Benda Favorit Anak

Anak – anak memang mudah dialihkan ya perhatiannnya, nah slaah satu cara yang bisa anda lakukan saat ingin mengajak anak tersebut bermain atau berteman yaitu dengan memainkan mainana favoritnya.

Begitu juga saat mengendong ambil mainan  favoritnya biasanya dia akan memilih mainanna dari pada rasa takutnya.

Ajari Anak Friendly Pada Orang Di Sekitar

Pengajaran sejak dini sangat penting ya bunda, jadi ada baiknya anda mengajari anak untuk menyapa orang sejak bayi. Meskipun belum bisa bicara namun anda bisa memberi contoh menyapa orang yang lewat.

Atau menjawab panggilan yang dilontarkan orang lain, dengan cara ini saat sang anak sudah tumbuh dna bisa bicara akan lebih mudah bersosialisasi dan ramah. Hal ini juga yang diterapkan oleh masyarakat suku jawa dimana jika ada yang memanggil wajib dijawab agar sang anak kelak juga menjawab jika sedang di sapa orang.

Sering Ajak Anak Pergi Atau Jalan – Jalan

Tips selanjutnya yaitu jalan – jalan, dengan jalan – jalan anda bisa berekreasi melihat sekitar.Dan membiasakan anak untuk keluar rumah sehingga nantinya saat sudah dewasa sang anak tidak takut keluar rumah dan terbiasa bertemu orang asing.

Beri Penjelasan Pada Anak Dan Orang Tersebut

Setelah mengakui perasaan anak yang harus anda lakukan yaitu memberi penjelasan baik penjelasan pada anak dan orang tersebut. Katakan pada snag anak identitas orang tersebut, apakah dia saudara jauh, apakah dia tetangga atau dia orang yang sangat baik.

Nah untuk orang asing tersebut anda bisa menjelaskan keadaan sang anak seperti “ anakku tidak mudah akrab dengan orang lain” “ dia hanya mau digendong oleh orang yang dikenal” dan lain – lain, agar orang tersebut tidak memaksakan kehendaknya untuk mendekati sang anak sedangkan snag anak belum siap.

Gunakan Tips Dan Trick

Anak kecil snagat mudah ya dialihkan perhatiannnya , anda bisa menggunakan trick untuk mencuri perhatian seperti memberi makanan, memberi minuman, mengajaknya melihat mobil, mengajaknya membeli jajan dan lain – lain.

Nah itu tadi tips Mengatasi Anak Takut Pada Orang Asing yang bisa anda lakukan pada anak, selain itu hindarkan bayi dari tempat berbahaya yang bisa mempengaruhi kesehatannnya.


Saran lainnya