Buat Pecinta Mie Instant, Berikut Cara Sehat Konsumsi Mie Instant


Mie Instant – Siapa yang tidak menyukai mie instant, baik muda, tua, anak – anak semua menyukainya karena rasanya yang lezat, praktis dan juga harganya yang pas di kantong. Mie instant banyak digemari masyarakat sebagai makanan pengganjal bakan dijadikan makanan pokok karena banyak mengandung karbohidrat.

Namun kepopuleran mie instant mulai tercoreng dan membuat banyak penggermarnya takut mengkonsumsinya karena beredar kabar yang menyebutkan jika mie instant banyak mengandung lilin dan berbagai bahan pengawet.

Bahkan banyak orang yang mengatakan jika konsumsi mie instant dapat memicu berbagai penyakit kronis seperti maag, lambung, gangguan pencernaan dan lain – lain. Namun bagi anda pecinta mie instant tidak perlu takut mengkonsumsi mie instant karena ada berbagai cara yang bisa kita lakukan untuk menetralisir bahaya.

mie instant
mie instant

Kandungan Mie Instant

Mie instant banyak mengandung karbohidrat sehingga tidak dianjurkan untuk anda yang memiliki tekanan darah tinggi, orang gemuk atau dalam masa mie instant diet, dan juga diabetes.

Kandungan kabohidrat pada mie sudah mengalami proses berkali – kali sehingga akan mudah terserap dalam tubuh. Sedangkan kandungan lilin pada mie bisa hilang dengan cara perebusan dan tidak menggunakan air bekas rebusan sebagai kuah untuk mie instant.

Sedangkan untuk bumbu mie instant, bumbu tersebut banyak mengandung kadar garam, dan pengawet yang tinggi sehingga tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi mie instant  terlalu sering.

Cara Sehat Mengkonsumsi Mie Instan

Meskipun bukan tergolong makanan yang sehat, namun mie instant masih menjadi primadona banyak masyarakat indonesia, namun buat anda pecinta mie instant tetap tenang ya guys karena kalian masih tetap bisa mengkonsumsi mie instant tanpa takut resiko yang ditimbulkan.

Periode Makan Mie Instant

Karena buka tergolong makanan sehat, maka konsumsi mie instant hanya diperbolehkan 1 kali dalam seminggu. Selebihnya sangat tidak dianjurkan karena tubuh juga perlu waktu untuk menetralisir kandungan dari mie instant.

Jika anda sudah bisa mengendalikan diri untuk hanya makan mie seminggu sekali ada baiknya anda meningkatkan menjadi 2 minggu sekali dan selanjutnya.

Proses Pemasakan Mie Instant

untuk pemasakan mie instant sendiri ada baiknya dimasak menggunakan air yang bersih dan membuang sisa rebusan mie, jangan gunakan sisa rebusan mie sebagai kuah karena kuah dari mie instant mengandung zat berbahaya dan kandungan lilin.

Selain itu anda juga bisa menambahkan aneka sayuran sebagai komponen netralisisr kandungan mie instant seperti menambahkan sawi, kubis, wortel dan lain – lain.

Sangat tidak dianjurkan makan mie instant dalam keadaan mentah karena tanpa sadar anda akan memakan kandungan lilin dalam mie dan zat – zat berbahaya di dalamnya. Sangat tidak dianjurkan pula mengkonsumsi mie bersamaan dengan nasi karena dapat menyebabkan kegemukan.

Karena mie instant mengandung karbohidrat sedangkan nasi juga mengandung karbohidrat, ada baiknya anda mengkonsumsi mie instant bersama dengan protein sebagai pelengkap seperti ayam dan aneka lauk lainnya.

Setelah Konsumsi Mie Instant

Setelah makan mie instant ada baiknya kita mengkonsumsi air putih sebanyak 500 ml atau 2 gelas, agar mie instant lebih mudah tercerna dan ternetralisir oleh air mineral tersebut.

Dampak Buruk Konsumsi Mie Instant

Ada berbagai dampak buruk dari mie instant yang patut kita waspadai jika kita tidak memperhatikan cara memasak dan konsumsi yang dianjurkan.

Obesitas

Seperti yang telah kita ketahui mie instant banyak mengandung karbohidrat yang dapat menyebabkan kegemukan dan juga berbagai masalah tubuh lainnya. Sehingga tidak cocok bagi anda yang sedang berdiet atau mengalami kegemukan.

Gangguan Pencernaan

Mie instant memiliki banyak dampak negatif pada saluran pencernaan karena mie instant adalah salah satu makanan yang sulit dicerna bagi lambung sehingga saluran cerna harus bekerja lebih keras sehingga terkadang terdapat banyak kasus seperti kebocoran usus, maag dan lain – lain.

 Meningkatkan Tekanan Darah Tinggi

Kandungan garam dalam mie instant dapat menyebabkan meningkatnya tekanan darah tinggi, sedangkan darah tinggi sendiri dapat memicu berbagai penyakit kronis seperti stroke dan serangan jantung.

Nah tu tadi cara sehat konsumsi mie instant yang bisa anda praktekan di rumah.


Saran lainnya