Berikut, Penyebab, Pencegahan dan Perawatan Alergi Dingin


Alergi dingin – Bagi anda yang memiliki metabolismne tubuh yang tidak terlalu kuat pastinya pernah mengalami yang namanya alergi dingin  terlebih lagi dimusim penghujan seperti ini dimana suhu cuaca sangat tidak menentu dan terasa sangat dingin.

Tidak banyak orang yang mengidap alergi dingin karena alergi dingin biasanya hanya di derita oleh orang dengan usia remaja dan akan hilang sendiri tanpa pengobatan yang khusus. Meskipun alergi seperti ini terbilang tidak boleh diremehkan.

Reaksi alergi setiap orang berbeda – beda tergantung dengan masing – masing pribadi seseorang, ada yang hanya menderita ruam di kulit, ada yang sampai mengalami flu dan bersin setiap cuaca dingin dapa pula yang parah hingga kehilangan kesadaran dan sulit bernafas.

Sehingga bagi anda yang tengah menderita alergi sebaiknya memerlukan pengawasan oleh pihak medis.

alergi dingin
alergi dingin

Penyebab Alergi Dingin

Alergi dingin disebabkan karena terjadi pelepasan histamin dan zat kimia lainnya ke dalam aliran darah yang disebabkan karena udara dingin.

Sedangkan alergi dingim sendiri bisa disebabkan karena berbagai hal seperti :

Usia Anak – anak Dan Remaja

Usia anak – anak dan remaja paling sering terkena alergi dingin namun anda tidak perlu khawatir karena alergi npada usia remaja bisa hilang dengan sendirinya.

Penyakit Dasar Tertentu

Bagi yang telah memiliki riwayat penyakit gangguan kesehatan seperti kanker atau hepatitis sebelumnya bisa juga terkena alergi dingin karena pengaruh dari penyakit tersebut.

Genetika

Meskipun jarang terjadi namuan ada juga kasus dimana orang tua mewariskan alergi pada sang anak, sehingga sang anak memiliki alergi sama seperti sang orang tua.

Cara Mengecek Alergi Dingin

Alergi memiliki beberapa tanda – tanda seperti tangan terasa bengkak saat memegang benda dingin, muncul bilur yang gatal di bagian tubuh yang terpapar udara atau benda dingin, kulit yang terkena alergi dingin akan berwarna kemerahan dan bagi penderita alergi yang cukup parah akan merasakan pembengkakan tenggorokan jika mengkonsumsi makanan atau minumam yang dingin.

Nah untuk mengecek apakah anda menderita alergi dingin atau tidak caranya sangatlah mudah yaitu dengan cara meletakan es batu di kulit selama 5 menit, jika setelah eksperimen tersebut kulit anda yang ditempeli es batu muncul benjolan merah atau kulitbterasa gatal maka bisa dipastikan anda menderita alergi dingin.

Namun untuk memperkuat diagnosis ada baiknya anda melakukan tes alergi dengan pengambilan darah, dengan tes tersebut maka akan terlihat jelas apakah anda menderita alergi atau tidak.

Cara Pencegahan Alergi Dingin

Meskipun tidak efektif sepenuhnya, tapi alergi dingin bisa dicegah dengan berbagai cara berikut ini :

  • Hindarilah konsumsi atau minum makanan atau minuman yang dingin untuk mencegah pembengkakan tenggorokan.
  • Konsumsilah obat sesuai dengan resep dokter dengan dosisi dan ca aminum yang sesuai untuk mengurangi reaksi alergi yang ditimbulkan.
  • Bagi anda yang menderita alergi dingin parah ada baiknya anda mengkonsumsi antihistamin sebelum terpapar udara dingin secara langsung.
  • Gunakan pakaian yang tebal dan menutupi seluruh area tubuh jika terpaksa keluar di area dingin.

Perawatan Alergi Dingin

Bagi anda yang sedang mengalami alergi dingin tidak ada cara lain selain menemui pihak medis, dan biasanya pihak medis akan memberikan obat untuk mengurangi gejala alergi dingin, karena alergi ini tidak dapat disembuhkan hanya bisa dikurangi gejalanya agar tidak muncul di kemudian hari.

Tapi selain obat, menjaga daya tahan tubuh, olahraga teratur dan pola makan yang sehat dapat mengurangi gejala alergi dingin dikemudian hari.

Berikut beberapa obat yang akan diberikan dokter untuk anda penderita alergi dingin, meskipun setiap orang aka diberikan obat yang berbeda – beda tergantung dengan kondisi pasien.

  • Omalizumab : Omalizumab sebenarnya adalah obat asma namun banyak juga dokter yang menggunakan obat ini untuk mengatasi alergi dingin dari pasien.
  • Anthistamin : Obat ini sendiri berfungsi menghambat zat histamin dalam tubuh yang menghasilkan alergi.
  • Cyproheptadine : Berbeda dengan Anthistamin yang menghambat zat histamin, Cyproheptadine menghambat reaksi saraf yang menjurus pada gejala alergi dingin sehingga dampaknya bisa berkurang.
  • Doxepin : Doxepin sendiri selain dapat digunakan untuk meredakan gejala alergi dingin, biasanya doxepin juga digunakan untuk mengatasi gangguan seperti depresi atau kecemasan.

Nah itu tadi Penyebab, Pencegahan dan Perawatan Alergi Dingin yang bisa anda lakukan di rumah, dan jangan lupa lakukan pola hidup sehta agar badan selalu fit. Jangan lupa baca info menarik lainnya makanan yang aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

 


Saran lainnya