Hati – hati Ini Dia Modus Penipuan Yang Ramai di Lakukan Melalui Media Online


Modus Penipuan – Seiring dengan pekembangan jaman, bukan hanya teknologi yang berkembang namun modus penipuan juga ikut berkembang.

Masyarakat sudah mulai pintar dan kritis dalam menghadapi berbagai penipuan dengan modus jaman dulu seperti undian berhadiah, penggandaan uang, telepon nyasar dan lain – lain sehingga korban penipuan tidak sebanyak jaman dahulu.

Namun dengan berkembangnya teknologi dan banyaknya masyarakat yang menggunakan teknologi maka banyak penipuan yang menggunakan teknologi sebagai medianya seperti pencurian identitas, undian berhadiah dan lain sebagainya. Berikut modus penipuan melalui media online yang wajib anda waspadai, mungkin salah satunya yang akan anda hadapi.

modus penipuan
modus penipuan

Modus Penipuan Yang Ramai di Lakukan Melalui Media Online

Phising

Kalu fishing mungkin banyak dari anda yang menyukainya ya terutama untuk kaum adam, namun kalau phising ini berbeda ya dan berbahaya. Phising berasal dari P ( personal ) dan Fishing yang berarti memancing.

Dikatakan memancing karena modus ini dilakukan dengan cara memancing pengguna internet untuk mengklik dan memasukan data secara suka rela sehingga banyak orang yang tidak menyadari jika dirinya sedang tertipu saat itu.

Modus ini biasanya akan dilakukan saat masuk ke sebuah situs aneh kemudian anda diharuskan mengisi berbagai informasi mulai dari email, pasword, nomor hp dan lain – lain.

Olshop Gadungan

Maraknya trend belanja online menjadi berkah sendiri bagi sebagian orang, banyak penjual yang mendapatkan banyak keuntungan dengan memasukan dagangannya ke media sosial maupun toko online.

Begitu juga dengan pembeli yang diberikan layanan praktis tidak perlu keluar rumah untuk membeli berbagai kebutuhan mulai dari fashion, properti, keperluan masak, dapur, kecantikan, perawatan diri dan lain – lain.

Namun sayangnya peluang ini juga banyak dimanfaatkan oleh penipu untuk meraup keuntungan dari konsumen olshop. Banyak penipu yang memasarkan produk palsu dan membuat situs palsu hanya untuk mengambil uang pelanggan kemudian tidak merespon pesanan tersebut.

Nah untuk antisispasi, anda bisa mewaspadai penipuan ini dengan melihat testimoni dari toko tersebut, membeli barang di toko online terpercaya dan tidak tergiur dengan iming – iming barang murah.

Otp / Verification Code Scam

Bagi anda yang belum mengetahui OTP, OTP adalah semacam nomor verifikasi yang diberikan untuk melakukan suatu pembayaran dan bersifat pribadi karena kita dilarang menunjukan nomor OTP kepada siapapun.

Biasanya penipu mengaku dari perusahaan yang bersangkutan dan meminta nomor OTP dengan dalih untuk pencairan uang atau pembelian suatu barang untuk kelancaran transaksi. Namun perlu anda ketahui jika pihak apapun itu tidak akan pernah menghubungi anda untuk meminta nomor – nomor yang bersifat pribadi seperti nomor OTP, pasword email, pasword kartu kredit dan debit.

Meskipun jarang terjadi namun kasus seperti ini pernah terjadi seperti pernah terjadi di Gojek saat orang – orang masih awam dan juga di akun fintech.

Skema Ponzi

Skema Ponzi atau yang lebih dikenal dengan skema piramid adalah salah satu skema yang pernah dipakai oleh seorang penipu ulung dalam sejarah Amerika bernama Carlo Ponzi.

Dan parahnya skema ini telah berlangsung sejak jaman dulu hingga jaman sudah maju seperti ini dan sulit sekali untuk mematikan modus seperti ini karena perusahaan legal pun banyak yang melakukan modus seperti ini.

Nigerian Scam / Nigerian 419

Meskipun memiliki nama Nigerian scam namun faktanya penipuan ini tidak hanya terjadi di Nigeria, karena hampir terjadi di seluruh dunia termasuk Indonesia. Sedangkan nomor 419 lebih mengacu pada nomor atau pasal yang dikenakan pada kasusu penipuan jenis ini.

Ada banyak jenis penipuan Nigerian Scam seperti Black Money Scam, Spanish Prisoner Scam, Nigerian Later dan lain – lain.

Namun yang paling trend dan banyak terjadi di Indonesia adalah penipuan yang memohon bantuan untuk pencairan suatu dana dengan berbagai alasan sehingga kita sebagai korban dimintai nama lengkap, identitas diri, nomor rekening dan lainnya.

Nah itu tadi Modus Penipuan Yang Ramai di Lakukan Melalui Media Online, selain penipuan di atas masih ada banyak penipuan lainnya sehingga sudah sepatutnya kita lebih waspada. Baca juga bisnis online tanpa biaya yang terbukti menghasilkan.


Saran lainnya