Cara Diet Yang Benar dan Terbukti Ampuh 2017


Diet merupakan salah satu pilihan bagi mereka yang memiliki berat badan berlebihan atau kegemukan. Berbagai cara di lakukan untuk menurunkan berat badan atau diet, ada yang menggunakan obat-obatan dan ada pula yang melakukan cara alami. Cara diet yang benar tentu saja akan membuahkan hasil yang optimal dibanding dengan menggunakan obat-obatan.

Jika kita menerapkan diet tanpa aturan atau tidak benar maka kita tidak akan mendapatkan hasilnya, justru hanya akan menyiksa diri dan bisa memicu datangnya berbagai gangguan kesehatan. Seperti yang dilakukan orang yang memiliki tubuh kurus, ada rahasia aman untuk menambah berat badan, diet juga perlu cara yang aman dan benar agar tidak mengganggu kesehatan.

Baca Juga : Berbagai Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan

Cara Diet Yang Benar

1. Pilih Makanan Yang Sehat

Dalam memilih makanan yang sehat, hal utama yang perlu kamu lakukan adalah mempelajari tentang kalori. Orang yang melakukan diet biasanya menghitung kalori tetapi tidak sedikit juga yang tidak mengetahui berapa banyak kalori yang mereka butuhkan. Lebih sedikit kalori berarti lebih cepat proses penurunan berat badan atau diet.

Pastikan kamu mendapatkan jumlah nutrisi yang tepat dari makanan yang akan kamu konsumsi. Buah dan sayur sangat baik untuk proses diet, tapi jangan hanya fokus pada satu jenis buah atau sayur saja. Variasikan jenis buah dan sayur agar kamu tidak bosan.

Jika kamu mengkonsumsi makanan yang di kemas, biasakan untuk selalu membaca label nya terlebih dahulu. Memperhatikan label nutrisi pada paket makanan dapat membantu kamu memastikan bahwa kamu memilih makanan yang sehat. Salah satu bagian terpenting dari label adalah informasi ukuran penyajian serta memberitahu kamu berapa porsi dalam setiap paket, dan fakta gizi apa untuk setiap porsinya.

Ada beberapa tips jika kamu membeli suatu makanan dalam kemasan yakni ;

  • Perhatikan berapa kalori dalam setiap kemasan.
  • Hindari yang mengandung nutrisi seperti lemak jenuh, lemak trans, dan sodium. Ini tidak hanya terkait dengan obesitas tetapi juga memicu penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.
  • Pilih makanan yang mengandung serat, vitamin (A-C-D), zat besi dan kalsium dalam jumlah besar.

Tapi alangkah baiknya jika kamu membuat masakan sendiri ketimbang membeli dalam bentuk kemasan atau makan direstoran. Jika makan di restoran, kamu tidak mengetahui bagaimana proses pembuatan makanan serta bahan apa yang digunakan. Jadi lebih baik dengan memasak sendiri di rumah ketimbang makan di restoran. Hindari juga kebiasaan memasak dengan menggoreng, kamu bisa ganti dengan memanggangnya dan tentu saja dengan memilih bahan-bahan yang masih segar.

Sering ngemil makanan ringan ternyata juga ampuh membantu mempercepat proses diet, karena dengan sering mengemil maka metabolisme tubuh selalu aktif bekerja untuk membakar lemak. Selain itu, ngemil juga dapat menahan rasa lapar sehingga kamu dengan tidak sadar mengurangi porsi makan besar.

2. Gaya Hidup Yang Sehat

Menjalankan diet yang benar otomatis kita akan menjalani pola hidup yang sehat, dan salah satu pola hidup yang sehat adalah dengan berolahraga secara teratur. Dengan menggabungkan proses diet dengan aktifitas fisik, maka akan mendapatkan hasil yang optimal dan tentu saja sekaligus membuat tubuh kita sehat.

Lakukan aktifitas fisik atau olahraga minimal 60 menit dalam sehari, tapi jika kamu beralasan sibuk, bisa melakukan olahraga pada pagi hari sebelum melakukan aktivitas atau bekerja. Waktu pulang kantor atau sore hari juga sangat bagus untuk melakukan olahraga.

Baca Juga : Cara Alami Menghilangkan Bulu di Tubuh Secara Permanen

Selain berolahraga, beristirahat dengan cukup juga dapat membantu proses diet lebih efesien. Usahakan untuk tidur minimal 7 sampai 9 jam dalam satu hari untuk menjaga tubuh tetap fit dan sehat. Jika sahabat fispol memiliki pola tidur yang tidak teratur, kamu bisa membaca artikel kami mengenai cara ampuh untuk mengembalikan pola tidur yang sehat.

Menghindari stress juga sangat ampuh untuk membantu proses diet yang sedang kamu lakukan, karena stress dapat membuat berat badan semakin bertambah. Maka dari itu sebaiknya kamu mengurangi stres untuk menghindari penumpukan lemak yang biasanya bertumpu pada bagian perut. Cara yang bagus untuk mengurangi stress adalah memastikan bahwa kamu berolahraga secara teratur. Ini akan melepaskan endorfin dan umumnya memperbaiki mood kamu, ambil napas dalam-dalam. Berfokus pada pernapasan merupakan metode yang sangat efektif untuk mengurangi stres.

Itulah dua cara diet yang benar dan jika kamu menerapkan kedua hal tersebut yakni memilih makanan yang sehat dan menerapkan gaya hidup yang sehat, maka kamu akan mendapatkan hasil yang optimal. Semoga tulisan ini bermanfaat buat sahabat fispol dan Salam Sehat.


Saran lainnya