Cara Memilih Pasangan Hidup Yang Tepat


Memilih pasangan hidup yang tepat sering kali menjadi momok tersendiri bagi sebagian orang yang tak ingin terjebak dalam penyesalan atau mereka yang pernah menjalani pahitnya bersama dengan pasangan yang tidak tepat.

Cara memilih pasangan hidup yang tepat

Memilih orang yang tepat untuk alasan yang tepat pada waktu yang tepat adalah sebuah bentuk seni. Dengan tingkat perceraian yang saat ini semakin menjadi-jadi, masuk akal bahwa dibutuhkan orang yang tepat, alasan tepat waktu dan benar untuk membuat hubungan yang memuaskan dan kuat. Untuk membantu Anda memilih pasangan hidup yang tepat, pahami beberapa poin cara berikut ini.

1. Jangan membuat pilihan karena takut

Sering kali orang memilih pasangan atau tinggal dengan seseorang dalam hubungan yang tidak bahagia hanya didasari karena ketakutan. Biasanya orang ini akan merasa takut akan hidup sendirian tanpa pasangan selamanya, dan hal ini tentu tak dialami olh semua orang. Ada baiknya lebih baik menyendiri dulu sambil menunggu orang yang tepat daripada membuat keputusan hanya karena takut. Membuat keputusan karena ketakutan menyebabkan kebingungan, kegelisahan dan perasaan bersalah.

2. Berhati-hatilah untuk memutuskan terjun ke hubungan yang serius

Bisa jadi tergoda untuk terjun ke hubungan berkomitmen dengan cepat saat Anda menemukan seseorang yang memiliki hubungan yang berapi-api. Namun, Anda belum benar-benar mengenal orang itu dan Anda mendapatkan investasi emosional pada seseorang yang tidak Anda ketahui. Seiring berjalannya waktu, Anda mungkin menemukan hal-hal yang sebenarnya tidak Anda sukai atau bahwa Anda benar-benar tidak kompatibel dengan orang ini. Karena Anda menginvestasikan begitu banyak energi emosional dengan cepat, ini bisa melukai lebih banyak daripada jika Anda meluangkan waktu untuk mengenal orang tersebut sebelum memasukkan seluruh isi hubungan Anda. Ketika kita berada dalam tahap “romantis” dari awal sebuah hubungan, kita sering membuat pilihan dari proyeksi nafsu dan fantasi seperti bukan kenyataan dan logika.

 

3. Buang daftar periksa Anda

Banyak orang memiliki daftar panjang tentang kualitas dan sifat pasangan ideal mereka. Jika Anda memasukkan diri Anda ke dalam daftar periksa, Anda mungkin akan melewatkan beberapa hal besar yang semestinya bisa dimilki. Hampir tidak mungkin untuk menemukan pasangan checklist yang sempurna, dan ketika kita mengira telah menemukannya, kita membuang semua kehati-hatian ke angin dan mengabaikan beberapa kualitas yang tidak begitu diinginkan. Hubungan yang hebat memiliki kompatibilitas emosional. Bagaimana orang tersebut membuat Anda merasa bertentangan dengan penampilannya yang di atas kertas?

4. Carilah kualitas yang menjadi dasar pasangan yang baik

Kualitas seseorang yang membantu membangun fondasi sebuah pasangan yang baik adalah: empati, integritas, kejujuran, keandalan, kebaikan dan kemurahan hati. Jika Anda menemukan kualitas ini pada seseorang, penasaran ingin mengejarnya lebih jauh, meski mungkin sepertinya Anda tidak seperti tipe di permukaan. Kriteria lain, seperti ‘sense of humor’, ‘maniak traveler’, dan ‘penari yang baik’ bagus untuk dimiliki namun tidak harus berada di sana agar Anda bahagia dalam hubungan Anda.

5. Jangan biarkan nafsu menjadi pemandu Anda

Orang memiliki kecenderungan untuk menghadapi banyak omong kosong dari seseorang yang mereka kencani saat mereka merasakan chemistry magnetik dengan mereka. Sensasi magnetik seperti ini memiliki kekuatan yang kuat karena bukan sesuatu yang sering terjadi. Pada akhirnya yang Anda dapatkan tak lebih dari sesuatu yang tak layak didapatkan.

6. Jangan terus menunggu sesuatu untuk berubah yang jelas tidak akan terjadi

Semakin lama Anda bertahan dalam situasi yang Anda tahu akhirnya ditakdirkan atau tidak sesuai dengan nilai pribadi Anda, semakin Anda menghalangi diri Anda untuk memiliki kesempatan untuk Bertemu orang yang tepat Bersikaplah jelas dengan diri Anda sendiri tentang apa yang Anda inginkan dan tidak akan menerima dan ketahui apa yang harus dilakukan pelanggar kesepakatan Anda. Begitu Anda menjadi jelas mengenai hal-hal itu, lebih mudah membuat keputusan tentang nasib sebuah hubungan.

7. Bersenang-senanglah!

Semakin sedikit tekanan yang Anda berikan pada diri Anda, semakin bahagia Anda dengan diri Anda sendiri, dan semakin mudah Anda menciptakan ruang untuk menarik orang yang tepat kepada Anda. Kadang-kadang dibutuhkan melihat banyak dari apa yang Anda tidak ingin mencari tahu apa yang Anda inginkan. Nikmati dirimu sendiri!


Saran lainnya