Meski Sambil Bekerja Untuk Orang Lain, Kamu Juga Bisa Menjadi Jutawan Dengan Cara Ini


Kebanyakan orang memiliki pandangan bahwa “Anda tidak akan pernah kaya bila bekerja untuk orang lain”. Mungkin pernyataan ini memang ada benarnya bagi mereka yang punya ambisi dan keberanian untuk memulai petualangan baru, menjadi jutawan di atas kakinya sendiri. Tapi bagaimana jika Anda lebih bahagia dan lebih nyaman bekerja untuk atasan yang membayar lunas asuransi kesehatan Anda?

cara menjadi sukses meski sambil bekerja untuk orang lain

Hal yang perlu Anda pertimbangkan ketika ingin meninggalkan pekerjaan lama dan menjadi pengusaha adalah memastikan Anda dapat menghasilkan setidaknya 35 persen lebih banyak dari gaji Anda saat ini, untuk sepenuhnya mengganti pengasilan Anda setiap bulannya. Terlebih bagi seseorang yang memiliki keluarga untuk dihidupi, meninggalkan pekerjaan yang memiliki kepastian gaji adalah pilihan yang sangat berisiko.

Jika Anda tetap memutuskan untuk menjadi jutawan, tapi Anda juga menginginkan keamanan bekerja untuk orang lain, inilah beberapa pilihan yang perlu Anda pertimbangkan.

1. Dapatkan Status Partner

cara menjadi sukses meski sambil bekerja untuk orang lain

Kemitraan tidak hanya untuk firma hukum. Carilah bisnis kecil atau startup yang memungkinkan Anda bisa menjadi mitra bisnis di beberapa titik. Meskipun saat ini banyak pemilik bisnis lebih memilih untuk membentuk kemitraan atau kepemilikan tunggal sejak awal, namun seorang pendiri bisnis kecil pasti dapat mengubahnya saat perusahaan tumbuh.

Dengan bekerja keras, bawalah keahlian yang Anda miliki dalam usaha ini dan tunjukkan kemampuan kepemimpinan Anda, jelilah mengambil kesempatan untuk mengajukan gagasan untuk bergabung dengan atasan Anda dalam menjalankan berbagai hal. Itu bisa menyebabkan bagian pendapatan Anda bertambah jauh lebih besar selama tahun-tahun berikutnya – bahkan status jutawan akhirnya. Hal semacam itu pasti tidak akan datang dengan cepat jika Anda menghindari keberanian untuk menjadi pemimpin di perusahaan Anda.

2. Ambil Opsi Saham

cara menjadi sukses meski sambil bekerja untuk orang lain

Opsi saham ini biasanya dinegosiasikan di awal, selama proses wawancara kerja. Temukan perusahaan yang menawarkan opsi saham, meski gajinya sedikit lebih rendah dibanding perusahaan lain yang Anda lamar. Pertimbangan ini banyak diterapkan dan menjadi sangat populer di dunia startup Silicon Valley. Calon berbakat ingin tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membeli sebagian saham sebelum mereka memutuskan masuk dalam perusahaan.

Dari semua itu, penting untuk memahami kenyataan pahit bahwa opsi saham tidak selalu membuat karyawan menjadi seorang jutawan. Tidak ada jaminan bahwa perusahaan tempat Anda bekerja memilih menjadi perusahaan go public, dan kemungkinan besar Anda tidak akan menerima transaksi jutaan bila hal itu terjadi. Angap saja ini sebagai investasi untuk masa depan.

3. Hidup di bawah kemampuan Anda

Semakin sedikit Anda habiskan, semakin banyak yang Anda miliki di bank. Tentunya Anda tidak bisa menyimpan banyak uang jika Anda secara konsisten menghabiskan terlalu banyak. Untuk itu Anda harus mengetahui cara mengehemat uang Anda. Seluruh teori dibalik buku “The Millionaire Next Door” karya Thomas J. Stanley dan William D. Dankoo adalah hampir semua orang yang bahkan sangat kaya hidup di bawah kemampuan mereka.

Pengorbanan dengan hidup di bawah kemampuan Anda mungkin akan berlangsung bertahun-tahun atau bahkan puluhan tahun. Tinggal di rumah kecil atau kontrakan sederhana, mengendarai mobil bekas, tapi jika di kemudian hari hal ini terbayarkan, pengorbanan Anda selama itu terasa sangat berharga.

Dalam beberapa kasus, menabung sebenarnya lebih baik daripada menghasilkan lebih banyak uang, terutama saat Anda ingat harus membayar pajak pada bulan berikutnya, memiliki uang di bank yang sebelumnya Anda tabung sangat membantu untuk itu.

4. Ambil Alih Bisnis

Pada akhirnya, semua pemilik bisnis akan pensiun atau beberapa di antaranya memilih untuk berpindah ke bisnis lain. Hal ini adalah kesempatan yang bagus untuk Anda mulai bersinar.

Jika saat ini pemilik bisnis tempat Anda bekerja bahkan belum menekati usia pensiun, ciptakanlah kemungkinan bahwa suatu hari kelak ketika dia ingin meninggalkan bisnis ini atau berpindah ke perusahaan lain Anda adalah satu-satunya yang pantas untuk menggantikannya. Sepanjang masa jabatan Anda dalam perusahaan, tunjukkan bahwa Anda memiliki semangat dan etika kerja yang diperlukan untuk menjalankan bisnis tanpa kehadiran pemilik saat ini. Jika pimpinan saat ini merasa bahwa Anda adalah karyawan yang terpercaya, kemungkinan Anda akan mendapatkan lebih banyak dan lebih banyak tanggung jawab untuk memimpin perusahaan seiring perkembangan waktu.

Namun jika Anda tidak bisa membayangkan ingin mengambil alih bisnis yang saat ini Anda jalani, pertimbangkan untuk mencoba bidang bisnis yang berbeda.

Baca juga: Cara Membangun Tim Yang Kuat

5. Ciptakan Bisnis Sampingan

Begitu pekerjaan Anda di perusahaan orang lain berakhir, sisi entrepreneur dalam diri Anda harus dimulai. Dengan teknologi saat ini, Anda tidak perlu berinvestasi di kantor fisik dan tim karyawan untuk memulai bisnis baru. Tak ada salahnya Anda mulai memperlajari Cara Memulai Bisnis Online Sukses, Modal Kecil Untung Besar sebelum memulai kesusesan Anda.

Menjaga pekerjaan Anda saat ini sambil menjadi jutawan dengan bisnis ‘pribadi’ mungkin mengharuskan Anda bekerja keras malam demi malam untuk membangun basis klien Anda untuk membangun aliran pendapatan yang stabil, sehingga Anda dapat meninggalkan posisi penerima gaji saat ini di suatu hari nanti. Pastikan bisnis sampingan Anda tidak menimbulkan konflik kepentingan pada pekerjaan Anda saat Anda masih mengandalkannya untuk membayar tagihan Anda.

Beberapa pengusaha memiliki penghasilan fantastis dan didapat dalam hitungan satu malam saja. Namun butuh bertahun-tahun kerja keras dan pemikiran untuk mencapai tingkat pendapatan seperti itu. Seperti kebanyakan orang, jika Anda ingin menghasilkan lebih banyak uang, Anda harus melakukannya saat Anda bekerja untuk orang lain, setidaknya di awal. Ingatlah seberapa besar pekerjaan untuk membuat bisnis baru, pelajari apa yang diinginkan pelanggan Anda dan juga menciptakan produk atau layanan yang sesuai dengan itu.

Pengorbanan adalah nama permainan dan itu mungkin tidak cocok untuk semua orang. Masih bisa diraih, selama Anda tetap disiplin, pikirkan dengan cepat dan tekun dalam jangka panjang.


Saran lainnya