Kesulitan Menghemat Uang? Cobalah Cara Ini Supaya Kamu Sukses Memiliki Tabungan Sendiri


Memiliki tabungan untuk masa depan adalah impian semua orang. Namun terkadang hal yang paling sulit yang terjadi saat ingin menabung adalah menghemat uang itu sendiri. Bayangkan saja uang kamu terus mengalir untuk banyak pengeluaran yang tidak terkontrol, pastinya rencana menabung kamu tak akan bisa terwujud. Selain untuk menyisihkan tabungan, dengan menghemat, kebutuhan lain-lain kamu yang mendadak bisa kamu cukupi. Mungkin bagi sebagian orang sangat sulit mengetahui cara untuk menghemat uang dan bagaimana cara menggunakan tabungan untuk mengejar tujuan keuangan

cara menghemat uang/;

Panduan langkah demi langkah untuk menghemat uang ini dapat membantu kamu mengembangkan rencana penghematan yang realistis.

1. Catat Semua Pengeluaran

Langkah pertama yang akan mengantarkan kamu untuk bisa berhemat hingga memiliki tabungan adalah dengan mengetahui berapa banyak yang kamu belanjakan. Hitung dan catat semua pengeluaran kamu. Itu berarti tidak mengecualikan setiap setiap kopi, koran dan makanan ringan yang kamu beli. Jangan lewatkan setiap sennya. Begitu kamu sudah memiliki catatan lengkapnya, buatlah kelompok berdasarkan kategori belanjaan, seperti bensin, bahan makanan, dan hitung jumlah totalnya. Tak ada salahnya menggunakan catatan kartu kredit serta laporan bank untuk membatu kamu dalam hal ini. Jika kamu menggunakan fitur bank online, cobalah untuk memfilter laporan belanja kamu untuk memecah pengeluaran. Dengan memiliki catatan pengeluaran, kamu bisa tahu urutan kebutuhan yang harus kamu belanjakan serta megurangi barang belanjaan lainnya yang sekiranya boleh disisihkan.

2. Buat Anggaran Sendiri

Setelah memiliki gagasan yang jelas mengenai berapa banyak yang harus kamu belanjakan setiap bulanya, kamu bisa mulai mengatur biaya yang tercatat menjadi anggaran yang bisa digunakan sesuai dengan pendapatan dan target keuangan. Anggaran yang dibuat harus mampu menjelaskan pengeluaran yang sesuai dengan pendapatan kamu. Dengan memiliki anggaran yang jelas seperti ini, kamu dapat merencanakan pembelajaan dan menetapkan batas pengeluaran maksimal. Selain biaya bulanan tadi, pastikan untuk memperhitungkan biaya yang terjadi secara rutin tapi tidak setiap bulan, seperti perawatan mobil, dan lainnya. Baca informasi lebih lanjut tentang cara membuat anggaran.

3. Rencana Memiliki Tabungan Yang Jelas

Selanjutanya, begitu kamu telah memiliki anggaran, tambahkan item tabungan di dalam daftar itu. Kamu bisa mencoba menyisihkan 10-15 % dari jumlah pendapatan untuk ditabung. Apabila pengeluaran kamu terlalu tinggi sehingga tak memungkinkan kamu bisa menabung sebanyak itu, mungkin sudah waktunya kamu menguranginya. Cara sederhana mengurangi pengeluaran adalah dengan mengidentifikasi daftar pengeluaran yang kamu rasa tidak terlalu penting dan bisa kamu lewatkan lebih sedikit, contohnya hiburan atau makan di luar. Kami mengumpulkan ide untuk menghemat uang setiap hari  dan juga mengurangi biaya bulanan tetap Anda .

Tips: Mempertimbangkan untuk mengurangi biaya rutin, seperti belanja, adalah cara yang bagus untuk memperkuat kebiasaan menabung yang baik.

4. Tentukan Target: Menabung Untuk Apa?

Salah satu cara terbaik yang bisa kamu lakukan untuk menghemat uang keluar adalah dengan menetapkan sasaran. Mulailah dengan memikirkan apa yang mungkin ingin kamu prioritaskan, apa pun itu. Mulai dari uang muka untuk rumah baru sampai biaya liburan, lalu cari tahu berapa lama waktu menabung yang kamu butuhkan untuk mencukupi biaya itu. Buatlah lebih sederhana berdasarkan lama waktunya.

Berikut adalah beberapa contoh tujuan jangka pendek dan jangka panjang:

Jangka pendek (1-3 tahun)

  • Dana darurat (biaya hidup 3-9 bulan, untuk jaga-jaga)
  • Liburan
  • Uang muka untuk mobil

Jangka panjang (4+ tahun)

  • Pensiun *
  • Pendidikan anak anda *
  • Uang muka rumah baru atau biaya renovasi

* Jika Anda menabung untuk mepersiapkan masa pensiun atau pendidikan anak Anda, pertimbangkan untuk menyimpan uang itu ke rekening investasi. Meski tak jarang investasi datang bersamaan dengan risiko dan bisa kehilangan uang. Investasi juga dapat mendatangkan keuntungan yang majemuk untuk Anda apabila memiliki perencanaan matang sebelumnya. Rincian lebih lanjut pada langkah No. 6 di bawah ini.

5. Pastikan Prioritasnya Yang Mana

Setelah memiliki anggaran serta pendapatan yang jelas, tujuan yang banyak justru berpengaruh pada rencana bagaimana menghemat uang Anda. Pastikan Anda tetap konsisten terhadap tujuan jangka panjang, sangat penting: jangan sampai perencanaan untuk persiapan masa pensiun berada di posisi paling belakang karena didahului oleh kebutuhan jangka pendek. Memprioritaskan tujuan dapat memberi Anda gambaran yang jelas tentang pilihan yang paling tepat untuk mulai menabung. Misalnya, jika Anda tahu Anda perlu mengganti mobil Anda dalam waktu dekat, Anda bisa mulai menabung uang untuk mendapatkannya tanpa mengesampingkan rencana jangka panjang lainnya.

6. Pilih Alat Yang Tepat Untuk Menabung

Saat ini hampir semua bank memiliki produk tabungan yang bervariasi. Ada yang menawarkan tabungan untuk investasi baik jangka panjang maupun jangka pendek. Pastikan Anda memiliki pemahaman yang mantap sebelum memilih produk tabungan mana yang Anda pilih untuk menyimpan uang. Hal yang harus diperhatikan adalah tujuan keuangan Anda, berdasarkan jangka waktu penggunaannya, Anda bisa memilih tabungan jangka pendek atau jangka panjang.

7. Gunakan Penghematan Otomatis

Hampir semua bank saat ini menawarkan transfer otomatis antara rekening giro dan tabungan Anda. Anda bisa memilih kapan, berapa dan di mana uang Anda akan ditransfer, atau bahkan membagi deposit langsung Anda antara rekening pengecekan dan tabungan Anda. Transfer otomatis adalah cara terbaik untuk menghemat uang karena Anda tidak perlu memikirkannya dan umumnya mengurangi godaan untuk menghabiskan uang.

8. Pantau Perkembangan Tabungan

Periksa kemajuan Anda setiap bulannya. Hal ini tidak hanya akan membantu Anda tetap pada rencana tabungan pribadi Anda, tetapi juga membantu Anda mengidentifikasi dan memperbaiki masalah dengan cepat. Cara sederhana untuk menghemat uang bahkan bisa menginspirasi Anda untuk menghemat lebih banyak dan mencapai sasaran Anda lebih cepat.


Saran lainnya