Manfaat Mengonsumsi Cabai Pada Kesehatan Orang Sichuan Di China


Di provinsi Sichuan, China, cabai merupakan bahan makanan yang sangat populer. Bahkan disana hampir semua orang mengonsumsi cabe setiap kali makan. Para juru masaknya menggunakan cabai dalam semua menu hidangan, bahkan makanan yang tidak memiliki cabai dianggap tidak enak. Menurut peneliti terapi diet China,orang Sichuan makan banyak cabai karena dikaitkan dengan cuaca di lingkungan mereka, cuaca dingin membuat cabai sangat cocok dikonsumsi untuk mengeluarkan rasa dingin.

Sichuan adalah daerah yang sangat lembab, berkabut dan sangat dingin sepanjang tahun. Salah satu fungsi yang sangat penting dari cabe adalah membersihkan kelembaban dan mengeluarkan dingin. Hal ini sesuai dengan Pengobatan Tradisional China karena sudah diketahui bahwa mengonsumsi makanan tertentu dapat membantu mengeluarkan kondisi lingkungan (seperti kelembaban dan dingin) yang dapat mempengaruhi tubuh. Inilah sebabnya mengapa orang-orang di Sichuan suka mengonsumsi cabe dan banyak orang mengatakan bahwa jika Anda tinggal di Sichuan, Anda juga harus belajar untuk makan cabai.

Kelembaban: faktor Patogenik dalam tubuh

Pengobatan Cina meyakini kelembaban menjadi faktor patogenik yang umum pada tubuh. Hal ini berasal dari lingkungan terutama saat musim hujan terus menerus, likungan berawan dan kabut. Bila kondisi ini berlangsung terlalu lama atau sering terjadi, hal itu akan mempengaruhi tubuh dengan menggerakkan kelembaban ke dalam tubuh. Bila kelembaban mempengaruhi tubuh, hal itu akan mempengaruhi keseimbangan tubuh terutama limpa dan fungsinya.

Keuntungan Makan Cabai

Limpa penting untuk proses metabolisme makanan dan pengangkutan cairan dalam tubuh. Jika fungsi limpa terpengaruh, kemungkinan akan mengalami gejala-gejala seperti: kekurangan energi, kelesuan, susah tidur, perasaan perut penuh, kembung dan berat, gerakan usus yang lamban atau tinja yang kendor, rasa berat di kepala, leher dan bahu kaku. Jika gejala di atas tidak terkontrol beberapa dapat mengalami tiroid yang kurang aktif, penambahan berat badan, diabetes dan tekanan darah tinggi.

Jadi jika Anda tinggal di tempat yang sangat lembab dan dingin atau tubuh Anda terkena kelembaban, saya sarankan bahwa selama perawatan Anda, Anda bisa makan sejumlah cabai bersama makanan Anda, yang dapat membantu membersihkan kelembaban dan kelembapan dari tubuh. Ini akan membantu mengobati gejala dan mencegah efek patogen lebih lanjut.

Manfaat Kesehatan Cabai

1. Membantu membersihkan retensi cairan, kelembaban dan dingin

Karakteristik yang melekat pada cabai adalah pedas dan hangat. Hal inilah yang membantu limpa dan saluran limpa untuk memetabolisme cairan dan mengeluarkan kelembaban dan dingin dari kondisi lingkungan. Dari sini, sekarang kita mengerti mengapa orang Sichuan suka makan cabe.

2. Membantu mencerna makanan

Pengobatan Cina meyakini limpa menjadi organ utama yang terlibat dalam pencernaan dan pengangkutan makanan. Jika tubuh Anda lembab, itu akan mempengaruhi fungsi limpa. Oleh karena itu, cabe dapat membantu limpa untuk membersihkan tubuh dari kelembaban sehingga berfungsi dengan baik. Hal ini dapat meningkatkan transportasi dan metabolisme makanan dan membuat gerakan usus lebih mudah. Inilah sebabnya mengapa beberapa orang ada yang menemukan manfaat cabai dalam menurunkan berat badan.

3. Membantu menghentikan nyeri sendi dan mencegah arthritis

Kelembaban udara di lingkungan dapat dengan mudah mempengaruhi sendi dan sirkulasi. Hal ini dapat menyebabkan stagnasi pada sendi yang dapat menyebabkan masalah sendi seperti nyeri sendi dan artritis.

Hal ini terkait dengan gejala seperti nyeri sendi, sesak sendi atau mati rasa hingga dingin, nyeri sendi memburuk saat lingkungan terasa dingin atau basah dan lembab. Bahkan beberapa orang mungkin merasakan dingin sesaat sebelum hujan turun dan mereka mulai merasa tidak nyaman. Inilah sebabnya mengapa diagnosis dan perawatan Pengobatan China memberi banyak perhatian pada kondisi tubuh dan musim.

Jika Anda menderita gejala di atas, dan sedang menjalani perawatan, makan sejumlah cabai dapat membantu kondisi Anda. Mengkonsumsi makanan dengan karakteristik pedas membantu mengeluarkan kelembaban dan menghangatkan tubuh untuk menghilangkan hawa dingin.


Saran lainnya