Tips Yang Sangat Mudah Untuk Menambah Selera Makan


Banyak sekali yang mengalami masalah dalam selera makan, bahkan jika kita turuti kemauan tidak nafsu makan akan berakibat buruk untuk kesehatan kita. Kekurangan berat badan akan membuat kita tidak percaya diri, misalnya kekurusan, wajah tidak fresh atau pucat, dan lain-lain. Ada beberapa penyebab badan kurus dan salah satunya adalah karena tidak selera makan. Sahabat fispol harus memahami bahwa ini sangatlah penting untuk menjaga tubuh kita tetap sehat atau menjaga berat badan agar tetap ideal.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kita menjadi tidak selera makan, fakto-faktor tersebut antara lain seperti baru pulih dari penyakit, tertekan atau mengalami stress, dan bisa juga karena efek samping dari obat yang kita gunakan. Faktor lain juga bisa karena makanan tersebut tidak menarik atau tidak enak, tapi apapun alasannya, kekurangan makanan yang masuk ketubuh akan mempengaruhi kesehatan kita.

Baca Juga : Resep Masakan Kari Ayam Kentang Yang ”Sedap”

Saya sendiri juga sering mengalami hal-hal yang membuat kita tidak selera makan, merasa eneq atau bahkan mual padahal perut masih kosong. Tapi memaksakan diri agar tetap makan walaupun tidak selera makan juga akan membuat kita stress. Maka dari itu, saya akan berbagi tips kepada sahabat fispol bagaimana cara yang mudah untuk menambah selera makan.

Cara Mudah Menambah Selera Makan

1. Jangan biarkan kamu makan sendirian terus

Jika selama ini sahabat fispol sering makan sendirian, maka mulai dari sekarang cobalah untuk makan bersama teman atau keluarga tapi dalam satu meja makan. Makan bersama-sama itu jauh lebih enak dan dapat memancing selera makan kita. Jangan biasakan kamu makan sendirian terus, karena hanya akan membuat kamu kesepian, dan kurang selera makan.

Kalau kamu mungkin terlalu sibuk sehingga setiap makan siang atau makan malam selalu sendiri. Coba untuk mengundang rekan kerja untuk makan siang misalnya, atau jika teman kamu yang mengundang makan, usahakan agar datang. Itu semua bisa memancing selera makan kamu jika kamu bisa menerapkannya.

2. Makan sesering mungkin dalam porsi sedikit

Bagi kita yang kurang nafsu makan mungkin susah untuk menghabiskan satu piring nasi. Tapi ngemil bahkan bisa tidak ada hentinya, padahal ngemil sebenarnya bisa membuat kita lupa makan dan menghilangkan selera. Jika kamu mengalami hal seperti itu, ngemil sebenarnya juga bisa jadi solusi yang tepat asal cemilan itu mengandung kalori yang tinggi serta padat nutrisi.

Untuk memancing selera makan datang kembali, biasakan untuk makan sesering mungkin tapi dengan porsi yang sedikit (termasuk ngemil). Ngemil makanan yang kalorinya tinggi serta padat nutrisi juga bisa menggantikan makan besar yang mana tiga kali dalam sehari. Kamu bisa ngemil sebanyak 6 hingga 7 kali dalam sehari, tapi hindari ngemil makanan yang rendah kalori seperti keripik, kue basah, dan lain-lain.

3. Coba Makan di Depan Cermin

Cara yang satu ini lumayan unik dan mungkin sulit untuk dipercaya bagi banyak orang. Tapi penelitian salah satu university di jepang yakni Nagoya University menemukan bahwa makan di depan cermin ternyata dapat menambah selera dan merasa makanan menjadi enak. Sahabat fispol juga boleh coba nih siapa tau bisa manjur, hehehehe.

Seperti yang saya katakan diatas tadi bahwa lebih baik makan bersama orang lain (ramai-ramai) daripada makan sendirian. Tapi jika tidk memungkinkan karena memang kamu sendirian dirumah, kamu juga bisa coba cara ini, yakni makan di depan cermin sehingga kamu merasa tidak sendiri karena melihat wajah kamu di cermin,hehehe.

Baca Juga : Makanan Korea Super Enak, Pas Untuk Buka Puasa

4. Jangan Minum Banyak Sebelum Makan

Mungkin hal yang satu ini sering kita lakukan, minum air putih terlalu banyak sebelum makan. Padahal hal ini bisa membuat kita kenyang duluan karena volume cairan yang masuk. Tapi bukan berarti tidak boleh minum sebelum makan, tetapi minum sedikit saja dan usahakan kamu fokus pada makanan. Minum air putih banyak itu lebih baik setelah selesai makan atau merasa sudah kenyang. Dengan cara seperti ini, kita jadi lebih fokus pada makanan saja.

5. Rutin Berolahraga

Secara logika memang sangat berlawanan karena melakukan aktivitas olahraga bertujuan untuk membakar kalori bukan untuk menambah kalori. Dengan berolahraga justru kita akan merasa lelah, dan bagaimana bisa menambah nafsu makan?

Olahraga yang rutin sebenarnya dapat memicu nafsu makan menjadi naik karena tubuh kita justru sehat, dan tubuh yang sehat memerlukan makan yang banyak. Lakukan olahraga secara rutin minimal 20-25 menit dalam satu hari untuk merangsang nafsu makan.

Nah itu dia beberapa tips untuk membangkitkan selera makan, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.


Saran lainnya