Fakta Yang Harus Diketahui Jika Menyusui Saat Sakit


Menyusui Saat Sakit – Banyak ibu – ibu yang khawatir dengan kesehatan sang bayi saat sang ibu sakit. Pasalnya kita harus tetap menyusui sang bayi meskipun keadaan kita sedang tidak fit. Dan yang menjadi pertanyaan besar di masyarakat adalah apakah nanti tidak menular pada bayi jika saya sakit dan tetap menyususinya ?

Karena alasan ini ibu – ibu banyak yang mengganti ASI ekslusifnya dengan susu formula karena takut sang bayi akan tertular. Padalah di 6 bulan pertama ASI sangat penting bayi kekebalan dan pertumbuhan sang bayi.

Nah buat anda ibu – ibu yang sedang bingung karena mengalami hal di atas, berikut hal – hal yang harus anda ketahui jika anda menyusui saat sakit.

Fakta Yang Harus Diketahui Jika Menyusui Saat Sakit

menyusui saat sakit
menyusui saat sakit

Jika Menderita Penyakit Tertentu Anda Tidak Boleh Menyusui

Meskipun ASI sangat dibutuhkan sang bayi, namun ada beberapa kondisi atau penyakit tertentu dimana anda tidak boleh menyususi karena bisa menularkan penyakit pada bayi. Jadi penting sekali ya bunda mengetahui riwayat apa yang ada pada diri kita dan memeriksakannnya secara rutin jika perlu.

Penyakit yang tidak memperbolehkan anda menyusui bayi anda yaitu :

  • HIV
  • HTLV – 1
  • TBC
  • Sedang menjalani kemoterapi
  • Sedang menjalani terapi radiasi untuk kanker
  • Dan jangan susui bayi saat bayi menderita galactosemia.

Tetap Susui Jika Anda Menderita Penyakit

Jika di atas adalah penyakit tertentu yang membuat anda tidak boleh menyusui sang bayi, namun ada juga penyakit yang diperbolehkan untuk menyususi bayi seperti berikut ini :

  • Flu
  • Demam
  • Sakit Tenggoriokan Mastitis
  • Keracunan Makanan
  • Dll

Imunitas Bayi Dan Ibu

Saat sakit imunitas ibu menurun dan sang bayi tetap minum air susu kita, apakah tidak menular ?

Jelas saja menular bunda, namun saat menyusui air susu yang dihasilkan mengandung sisitem imun sang ibu sehingga sang anak akan mudah cepat pulih karena mendapatkan suplay antibody.

Tips Menyusui Saat Sedang sakit

Was – was juga ya bunda kalu harus menyusui saat sang ibu sedang sakit, nah berikut tips menyususi saat sedang sakit yang bisa anda lakukan :

Jaga Kebersihan Diri

Disaat – saat seperti saat ini penting sekli ya bunda menjaga kebersihan diri seperti :

  • Cuci tangan dengan sabun sebelum kontak dengan sang anak
  • Gunakan masker agar virus tidak mudah menyebar
  • Hindari bersin di hadapan snag anak

Konsumsi Banyak Air Putih

Untuk memperlancar asupan ASI dan mengurangi sakit yang anda derita seperti saat deman dan flu ( baik mengkonsumsi air putih banyak saat sakit tersebut ) wajib hukumnya konsumsi air putih yang banyak.

Air putih salah satu komponen  penting dalam tubuh ya bunda jadi jangan sampai anda kekurangan banyak cairan terlebih lagi saat menyusui.

Penggunaan Obat

Setelah periksa ke dokter biasanya dokter akan memberikan resep, namun ingat katakan pada dokter jika anda sedang menyusui. Karena tidak semua obat friendly dengan si kecil. Pastikan obat yang diberikan tidak berpengaruh pada sang buah hati demi kesehatannnya.

Pompa ASI Selalu

Inilah gunanya memompa dna menyimpan ASI sebagai cadangan, karena kita tidak akan tahu kapan kita membutuhkan ASI. Sepetti saat sakiyt seperti ini, jika anda terpaksa minum obat yang tidak bersahabat untuk ibu menyusui anda bisa menggunakan cadangan ASI yang sudah anda pompa sebelumnya yang jauh lebih sehat, higenis dari pada susu formula.

Nah itu tadi hal – hal yang harus anda ketahui jika anda menyusui saat sakit. Bagaimana bunda pilih mana menyususi meski sedang sakit atau menggantinya dengan susu formula ?. Itu semua tergantung pilihan bunda ya, yang terpenting adalah kesehatan sang bayi dan hindarkan bayi dari tempat yang tidak boleh di datangi bayi.


Saran lainnya