Daftar Oleh – Oleh Khas Banjarmasin Yang Wajib Anda Bawa Pulang


Oleh – oleh khas Banjarmasin – Nah puas jalan – jalan menelusuri seribu sungai di Kalimantan dan juga menikmati berbagai kuliner Banjarmasin saatnya kita berburu oleh – oleh khas Banjarmasin. Setiap daerah memiliki makanan, camilan, dan juga kerajinannya masing – masing yang tidak akan anda temui di daerah lain.

Kalimantan memiliki berbagai keunikan dan juga kekentalan budayanya yang dituangkan dalam berbagai karya seni sehingga tidak heran jika ada banyak orang yang membawa oleh – oleh berupa miniatur atau barang khas Kalimantan karena bernilai seni tinggi daripada membawa makanan.

Dan buat anda yang tengah berada di Banjarmasin baik sedang berlibur atau melakukan pejalanan bisnis berikut daftar oleh – oleh khas Banjarmasin yang wajib anda bawa pulang.

Daftar Oleh – Oleh Khas Banjarmasin Yang Wajib Anda Bawa Pulang

oleh - oleh khas Banjarmasin
oleh – oleh khas Banjarmasin

Miniatur Rumah Adat

Jalan – jalan ke Banjarmasin memang menyenangkan ya terutama jika meligat kebudayaan dan rumah adatnya yang masih terjaga sampai sekarang. Dan jika dari Banjarmasin tidak afdol jika pulang tanpa membawa oleh – oleh miniatur rumah adat.

Miniatur yang dijual di Bnjarmasin biasanya terbuat dari kayu agatis yaitu kayu khas Kalimantan yang tidak akan anda dapatkan di kota lain. Hal ini juga yang membuat banyak wisatawan tertarik membeli miniatur karena limited.

Batu Mulia

Buat anda pecinta akik, belum lengkap ya jalan – kalan ke Bnajarmasin kalau belum membeli berbagai batu mulia yang di jual di sini. Ternyata bukan hanya Pacitan yang memiliki batu akik ya, karena Banjarmasin juga memiliki berbagai jenis batu mulia.

Bahkan Kalimantan memiliki sebutan kota Intan karena memiliki berbagai batu mulia dan buat anda yang ingin membeli batu dan juga berbagai acsesoriesnya bisa datang ke pusat batu mulia kota Martapura dekat dengan Banjarmasin.

Batik Sasirangan

Setiap daerah memiliki corak batik sendiri – sendiri yang berbeda antara 1 daerah dengan daerah lain. Meskipun tidak terkenal seperti batik Solo, Batik Jogja atau batik yang populer di luar negeri, Batik Sasirangan juga bisa nada jadikan oleh – oleh untuk sanak keluarga.

Ada berbagai motif batik yang bisa anda pilih seperti gigi haruan, sinapur karang, dara manginang, turun dayang, naga balimbur dan motif lainnya.

Panting

Panting adalah alat musik khas Kalimantan Selatan, alat musik yang satu ini dimainkan dengan cara di petik. Dari segi bentuk dan cara memainkannya mirip seperti gabus salah satu alat musik arab namun dari bentuk lebih menarik Panting karena memiliki bentuk dan ukiran khas Kalimantan.

Amplang Ikan Pipih

Amplang juga dikenal dengan kuku macan namun uniknya makanan yang satu ini dibuat dengan bahan dasar ikan pipih sehingga terasa gurih dan renyah. Bahkan ikan pipih ini terbilang langka jadi cocok sekali dijadikan oleh – oleh untuk kerabat atau keluarga di rumah.

Rabuk Ikan Haruan

Sebutan kalimantan sebagai kota seribu sungai memberi banyak dampak positif seperti ada banyaknya jenis ikan yang hidup di Kalimantan. Slah satu ikan yang hidup disinin dan melimpah adalah ikan haruan.

Ikan haruan bisa dijadikan berbagi macam olahan baik untuk lauk konsumsi sehari –hari atau untuk dijadikan rabuk atau abon. Sekarang ini memang sedang trend berbagai abon yang terbuat dari ikan seperti ikan lele, dan di Kalimantan ada abon ikan haruan yang cocok anda jadikan oleh – oleh.

Abon ikan haruian mampu bertahan lama jadi buat anda yang melalui perjalanan jauh seperti di luar negeri tidak perlu takut jika abon basi.

Wadai Rangai

Nah loh makanan apa ini ? buat anda yang tinggal di luar Kalimantan pasti tidak mengenal makanan yang satu ini namun buat anda warga Kalimantan pasti sudah mengenal wadai rangai. Wadai rangai terbuat dari campuran sagu dan kelapa. Wadai dahulu hanya disajikan saat ada acara formal namun sekarang wadai rangai dijual bebas dipasarana dan bisa anda jadikan oleh – oleh.

Nah itu tadi Oleh – oleh khas Banjarmasin yang bisa nada pulang untuk sanak keluarag setelah puas berwisata ke Kota Banjarmasin.


Saran lainnya