Berikut Daftar Oleh – Oleh Khas Lembang Yang Wajib Anda Bawa Pulang


Oleh – oleh khas Lembang – Lembang adalah salah satu kecamatan di Kabupaten Bandung Jawa Barat yang memiliki berbagai tempat wisata. Lembang berada di antara gunung Tangkuban Perahu jadi tidak heran jika ada banyak wisata alam yang ditawarkan. Mulai dari pemandangan gunungnya hingga obyek wisata airnya yaitu Ciater.

Bahkan sebagain wisata Lembang menjadi tempat wisata paling banyak dikunjungi oleh wisatawan baik wisatawan lokal maupun wisata mancanegara. Tapi beribur ke Lembang belum lengkap kalau belum membawa oleh – oleh khas Lembang berikut ini.

oleh - oleh khas Lembang
oleh – oleh khas Lembang

Daftar Oleh – Oleh Khas Lembang

Tahu Lembang

Jika selama ini kita hanya mengenal tahu sumedang sebagai salah satu oleh – oleh khas Jawa Barat. Ternyata lembang juga mempunyai tahu khasnya yaitu tahu Lembang. Tahu Lembang ada 2 macam yaitu tahu tauhid da tahu susu.

Tahu Tauhid adalah tahu biasa pada umumnya sedangkan tahu susu adalah tahu yang dicampur dengan susu dan mentega dalam pembuatannya. Kedua jenis tahu ini cocok anda jadikan oleh – oleh mengingat rasa tahu Lembang gurih dan limied hanya ada di Lembang.

Ketan bakar & colenak Lembang

Bukan hanya untuk oleh – oleh makanan yang satu ini cocok dijadikan sarapan atau teman santai saat berada di Lembang. Ketan bakar jarang sekali bisa ditemukan karena proses pembuatannya yang sulit dan juga tidak tahan lama jadi wajar jika hanya sedikit yang menjual makanan ini.

Nah salah satu tempat yang menjual ketan bakar yaitu di Lembang, ada banyak yang menjual ketan bakar dan lengkap dengan berbagai makanan khas lainya seperti colenak, bandrek, sekoteng yang cocok disantap mengingat Lembang cukup dingin karena berada di ketinggian.

Susu Sapi Segar

Lembang memang dikenal dengan banyaknya peternak sapi di sana sehingga tidak heran jika ada banyak susu Lembang melimpah baik di jual langsung pada masyarakat maupun dijual untuk pabrik besar. Untuk anda yang ingin mencicipi susu sapi segar asli lembang ada banyak penjual susu sapi salah satunya yaitu di KPSBU atau Koperasi Peternak Sapi Bandung Utara.

Bukan hanya menjual sapi segar di koperasi ini ada banyak olahan susu yang bisa anda beli mulai dari kerupuk susu, yigurt, susu segar, es susu dan lain – lain. Dengan membeli di koperasi anda bukan hanya bisa menikmati segarnya susu namun juga meningkatkan taraf hidup peternak susu Lembang.

New So-Phia

New So-phia berada di jalan Dharma no 10, Lembang, meskipun dari nama sepertinya New So –Phia menjual makanan Pia namun bukan hanya pia, ada berbagai oleh – oleh berupa miniatur atau hasil kerajinana yang bisa anda pilih.

Ada banyak variasi pia yang di jual di sini seperti kacang hijau, nanas, coklat, keju dan durian yang dijual bebeda – beda tergantung banyaknya isi dan variasi. Untuk kemasan kecil pie dijual dengan harga mulai Rp 15.00 – Rp 20.000 sedangkan untyk kemasan 1 kardus bisa dibandrol sampai Rp 46.000.

Yoghurt & Es Mambo

Lembang memang memiliki susu segar dari peternak yang melimpah sehingga tidak heran jika ada banyak olahan susu yang dijadikan berbagai oleh – oleh Lembang. Salah satu olahan susu yang bisa anda bawa pulang saat ke Lembang adalah Yogurt Lembang. Tenang yogurt di sini terbuat dari susu asli tanpa campuran karena Lembang tidak pernah kekurangan susu segar.

Nah kalau buat anak – anak bisa nih mencicipi salah satu es legendaris yaitu es mambo. Es mambo bisa langsung anda konsumsi di dengan cara dipotong dan jika ingin membawanya sebagai oleh – oleh anda bisa minta pada penjual es mambo utuh.

Jika dalam perjalanan es mambo cair anda bisa memasukannya lagi ke dalam kulkas jika sudah sampai rumah.

Nah itu tadi oleh – oleh khas Lembang yang bisa anda jadikan pilihan untuk buah tangan sanak keluarga di rumah. Bukan hanya lembang, tapi Bandung juga memiiki berbagai oleh – oleh khas Bandung yang cocok untuk anda. Selamat berlibur.


Saran lainnya