Hati-hati, Ini 5 Tanda Android Kamu diretas


Android. Seiring berjalannya teknologi  yang semakin kesini semakin canggih, dalam memberikan kita kemudahan untuk melakukan serangkaian kegiatan dan koneksi internet yang mudah untuk di akses dimanapun, yang merubah gaya hidup setiap insan yang menggunakannya.

radiasi smartphone
smartphone android

Lebih lagi lewat sebuah smartphone yang anda pegang saat ini, fungsinya sangat berpengaruh untuk kegiatan rutinitas kita. Selain sebagai media komunikasi, sekarang smartphone sudah menjadi barang yang Multifungsi dimana kita bisa melakukan kegiatan mulai dari bertransaksi perbankan, kirim email, dokumen penting dan juga sebagai tempat kita untuk eksis (update status) di media sosial.

Tapi, apakah anda tahu bahwa data di dalam smartphone anda bisa dicuri orang atau data kamu diretas? Saya sarankan mulai sekarang jangan jadikan smartphone kamu sebagai media dokumen penting kamu, karena smartphone kamu bisa diretas orang dan data-data penting kamu bbisa dicuri. Itulah teknologi, disalahgunakan oleh pihak-pihak tertentu yang bertujuan buruk terhadap anda bahkan orang disekitar anda sekalipun.

Pasalnya, setiap smartphone memmpunyai celah keamanan yang bisa dieksploitasi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.

Lantas, bagaimana cara kita mengetahui smartphone diretas? Berikut adalah tanda-tandanya smartphhone kamu diretas.

Wi-fi Aktif dengan Sendirinya

Saat kamu berada ditempat umum atau keramaian, tiba-tiba jaringan wifi kamu aktif tanpa kamu aktifkan, hal ini patut anda waspada. Mungkin saja smartphone kamu sedang diretas, karena melalui jaringan wifi para peretas bisa dengan mudah masuk atau menginfeksi smartphone kamu dan memindahkan data-data anda di target yang mereka inginkan. Dianjurkan untuk tidak sembarangn menggunakan wifi umum yang dirasa tidak aman untuk digunakan.

Baterai Smartphone Anda Terkuras dengan Cepat

Penyebab baterai smartphone cepat habis

Jika hal demikian terjadi pada Smartphone anda, patut untuk diwaspadai. Setap smartphone memang mempunyai daya baterai yang berbeda-beda, ada yang dayanya tinggi dan ada juga yang sedang, pastinya anda bisa mengenal daya tahan baterai smartphone anda sendiri. Namun dengan sendirinya baterai tiba-tiba terkuras secara drastis, sesuatu hal yang tidak wajar bukan?

Hal ini bisa saja terjadi karena aplikasi tak dikenal sedang menjalankan aksinya secara background. Itu diakibatkan karena kecerobosan kita dalam mendownload aplikasi yang tidak direkomnedasi untuk di download. Bisa saja sejenis malware yang bisa mencuri data-data di dalam smartphone kamu, solusinya jangan sembarangan mendownload atau menginstall aplikasi dari sumber yang tidak dikenal.

Smartphone Tiba-tiba Bersuhu Panas

Sama halnya dengan poin diatas, jika ada aplikasi yang berjalan secara background otomatis smartphone akan cepat panas. Jika hal tersebbut terjadi pada smartphone anda, segera periksa aplikasi yang berjalan melalui menu pengaturan, karena bisa saja HP anda sedang diretas. Bagi pengguna android bisa cek melalui menu setting > developper option > Running service.

Jika kamu menemukan aplikasi yang tidak dikenal dan merasa aneh dengan keberadaan aplikasi tersebut, segera hapus dan jangan menginstall aplikasi yang tidak ddikenal sumbernya.

Ada Suara Orang Lain Saat Melakukan Panggilan

Penyebab baterai smartphone cepat habis
smartphone diretas

Hal ini adalah yang paling fatal bahwa smartphone anda sudah disadap, ditandai dengan adannya suara-suara bising dan aneh saat kamu melakukan panggilan telepon. Jika kamu merasa hal demikian terjadi pada smartphone anda segera perbaiki atau install ulang smartphone  anda karena bisa saja smartphone kamu sedang disadap. Apalagi kalau lawan bicara kamu merasa baik-baik saja.

Kuota Internet Boros

batasi pemakaian kuota
Kuota internet boros

Jika kamu kerap menggunakan paket data, kamu pastinya hapal berapa lama biasanya kuota kamu bertahan. Namun jika tiba-tiba menjadi boros, kamu patut waspada dan segera mengecek ada aplikasi apa saja yang ter-install di smartphone kamu

Baca juga : 5 Fungsi lain Airplane Mode pada smartphone yang wajib kamu ketahui

Selain daya baterai yang tiba-tiba terkuras secara drastis, kuota internet yang mendadak jadi boros adalah salah satu tanda ada aplikasi yang sedang mengirim data tanpa sepengetahuan kamu. Jadi berhati-hati dalam menginstal suatu aplikasi karena dampaknya sangat berbahaya.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

 


Saran lainnya