Berikut Tips Diet Saat Puasa Yang Harus Anda Jalani


Tips diet saat puasa – Namanya wanita, bukan wanita ya kalau nggak mikirin masalah penampilan. Wanita selalu identik dengan kecantikan, perhatian tentang berat badan dan selalu update tentang hal baru.

Meskipun menurut anggapan kita wanita itu sudah cantik, namun masih ada saja hal yang dilakukan wanita untuk membentuk tubuh ideal. Seperti saat puasa, meskipun perut sedang kosong namun ada juga yang tetap ingin berdiet.

Padahal saat puasa akan terjadi pengurangan berat badan tubuh karena tubuh akan kekurangan energi dan sebagai gantinya tubuh akna membakar lemak untuk mendapatkan energi baru. Dan berkurangnya lemak ini yang membuat berat tubuh berkurang.

Hal ini pastinya kabar baik bagi anda yang memiliki berat badan berlebih namun akan menjadi bencara bagi anda yang memiliki berat badan tubuh kurang. Nah buat anda yang berat badanya berlebih tentunya ingin berdiet lagi. Dan untuk anda yang berbadan kurus saat puasa harus menerapkan tips menghindari badan kurus selama puasa.

Diet saat puasa sebenarnya masih menjadi pro dan kontra ya di masyarakat karena berpuasa saja sudah bisa membakar banyak kalori dan membuat badan lemah. Namun buat anda yang ingin berpuasa sebaiknya anda mengikuti tips diet saat puasa berikut ini.

tips diet saat puasa
Source : prelo

Jenis Diet

Ada banyak jenis diet yang berkembang di masyarakat, mulai diet vegetarian sampai diet keto yang sekarang banyak diminati masyarakat. Namun saat puasa anda wajib memilih jenis diet yang tepat seperti diet tidak makan makanan berat saat malam hari.

Makan makanan berat saat sahur dan berbuka wajib ya hukumnya, karena itu bekal kita selama puasa namuan saat malam hari pilihlah makanan sehat. Karena saat malam tubuh tidak banyak membutuhkan asupan energi.

Penuhi Nutrisi Saat Buka Dan Sahur

Ingin hidup sehat dan badan ideal ? sebenarnya kuncinya terletak pada pola hidup sehat dan asupan nutrisi yang lengkap. Penuhilah nutrisi saat sahur dan buka puasa, penuhi kebutuhan gula, karbo, protein, lemak sehat, serat dan vitamin pada makanan.

Jangan karena diet anda melewatkan karbo, di hari biasa boleh – boleh saja anda mengurangi asupan karbo namun saat puasa tubuh akan membutuhkan banyak karbo untuk diolah menjadi energi. Apalagi ditambah dengan aktivitas anda yang semakin banyak saat puasa.

Hindari Makanan Junk Food

Makanan junk food memiliki banyak efek negatif pada tubuh, meskipun kita berdiet mati – matian namun makan junk food maka anda tidak akan menghasilkan apa – apa. Meskipun makanan junk food sangat lezat larena banyak mengandung natrium namun makanan ini tidak cocok dikonsumsi saat sahur dan berbuka.

Alasannya makanan junk food adalah salah satu makanan yang sulit di cerna, jadi tubuh akan membutuhkan banyak tenaga untuk mencerna. Kerasnya kerja tubuh saat mencerna tadi bisa menyebabakan kelelahan akut yang ditandai dengan badan lemas dan gampang capek secara tiba – tiba.

Hindari Makanan Terlalu Manis

Saat buka puasa kita dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan manis agar energi dan kebutuhan gula dalam tunuh bisa dnegan mudah terpenuhi. Jika kebutuhan gula terpenuhi maka aktib=vitas kita selanjutnya kana lancar karena tubuh sudah memiliki cadamgan energi untuk aktvitas seperti makan atau shalat magrib.

Tapi sayangnya makanan manis di sini sering diasumsikan berbeda oleh masyarakat. Banyak dari kita yang membeli minuman atau makanan  manis di luar yang belum tentu terjamin kualitasnya dari pada membuat sendiri.

Bagi anda yang tengah berdiet, kandungan gula buatan tidak baik bagi tubuh, gula ini bukan memberi energi namun akan menambah berta badan anda dan menyebabkan diabetes karena tidak mudah dicerna oleh tubuh.

Berbeda dengan gula yang beraal dari alam misalnya gula yang terdapat dalam buah atau dalam kurma. Kandungan gula dan serat dalam kurma sangat bermanfaat jadi aman dikonsumsi saat diet.

Konsumsi Air Putih Yang Cukup

Meskipun anda mengurangi jatah makan saat malam hari atau saat sahur namun ada baiknya nada tetap memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Saat puasa tubuh akan mudah kekurangan cairan jadi penting sekali menerapkan pola minum 2 gelas saat buka, 4 gelas selama malam dan 2 gelas saat sahur. Agar tubuh tetap vit selama puasa.

Nah itu tadi tips diet saat puasa yang bisa kalian jadikan referensi. Selamat Berpuasa…


Saran lainnya