Berikut Wisata Kuliner Ambarawa Paling Terkenal Yang Wajib Anda Kunjungi


Wisata kuliner Ambarawa – Ingat dengan pertempuran Ambarawa ? siapa yang tidak kenal dengan pertempuran tersebut sejak kelas sekolah dasar kita sudah dikenalkan dengan pertempuran yang terjadi di Semarang tersebut.

Jadi buat anda yang sedang berada di Semarang sayang sekali jika melewatkan wisata sejarah, wisata kuliner, tempat wisata dan oleh – oleh khas Semarang. Ada banyak penjual kuliner yang bisa anda nikmati saat berada di Ambarawa yang pastinya lezat dan aman di kantong. Tapi sebagian besar dari anda yang belum pernah berlibur ke sini bingung ya mau berkuliner dimana.

Nah berikut kami sajikan wisata kuliner Ambarawa paling terkenal yang bisa anda kunjungi bersama keluarga.

wisata kuliner Ambarawa
wisata kuliner Ambarawa

Wisata Kuliner Ambarawa Paling Terkenal

 

Eva Coffe House

Ingin mencoba nikmatnya kopi asli Ambarawa ? buat anda yang mengaku sebagai pecinta kopi belum lengkap kalua belum mampir ke Eva Coffe House. Temat wisata yang satu ini sebenarnya adalah rumah kopi dari salah satu keluarga yang telah berdiri sejak tahun 1956. Bisa dibilang ini adalah salah satu kopi legendaris yang mempu bertahan hingga sekarang di Ambarawa.

Ada lahan seluas 4 hektar milik keluarga Eva yang dijadikan perkebunan kopi, selain perkebunan ada juga oleh – oleh berupa kopi yang bisa anda beli disini atau anda hanya ingin sekedar ngopĀ  bisa deh mampir di sini.

Eva Coffe berada di Jl raya Ambarawa, untuk harga kopi dibandrol mulai Rp 5000 – Rp 12.500 tergantung ukuran sedangkan untuk sirup kopi dijual dengan harga Rp 25.000.

Sate Kelinci Bandungan

Sate kelinci bukan hanya lezat namun juga bermanfaat bagi kesehatan seperti dapat dijadikan obat penyembuhan asma. Jika biasanya sate kelinci banyak dijual di tempat yang dingin seperti di sarangan atau tempat wisata lembang namun ternyata di Ambarawa juga punya wisata kuliner terkenalnya sendiri yaitu Sate Kelinci Bandungan.

Sate Kelinci Bandungan berada di jl Raya Bandungan-Sumowono KM.1, untuk bisa menikmati 1 porsi sate kelinci yang berisi lontong dan 10 tususk sate kelinci anda harus merooh kocek sebesar Rp 11.000. Dan untuk anda yang tidak menyukai sate kelinci anda bisa memilih sate ayam yang dijual Rp 1000/ tusuknya.

Pecel Tukinem Ambarawa

Pagi – pagi emang paling enak sarapan pecel ya, nah jika anda berada di Ambarawa anda bisa memilih pecel Tukinem Ambarawa sebagai pilihan sarapan. Pecel Tukinem berada di Jl. Kridanggo, Sanggrahan atau Jl Brigjen Sudiarto, Lodoyong tepatnya di atas Kantor Yayasan Gotong Royong.

Warung pecel ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 – 12.00 namun untuk anda yang ingin menikmati nasi pecel untuk makan siang bisa datang ke rumah mbok Tukinem sang penjual di Jalan Pesanggrahan.

Tahu Serasi Bendungan

Sumedang pumya tahu Sumedang, Lembang punya tahu tauhid dan tahu susu, kalau Bandungan Ambarawa punya tahu Serasi. Tahu serasi sama dengan tahu di atas namun setiap daerah memiliki cita rasa yang berbeda jadi tahu serasi tidak bisa disamakan dengan tahu lainnya.

Banyak para wisatawan yang berbondong – bondong ke sini untuk mencicipi tahu yang telah digoreng dan disantap dengan cabau rawit, cengek atau samabl kecap. Bukan hanya di santap ditempat banyak pula yang membawanya sebagai oleh – oleh karena lezat dan murah.

Untuk 1 bungkus tahu berisi 8 tahu padat dibandrol dengan harga Rp 10.000, tertarik mencobanya kalian bisa langsung datang ke jl. Raya Bandungan-sumowono KM.1.

Gecok Tlogo Ibu Siti Sundari

Ada yang sudah berwisata alam atau kuliner ke Solo ? Jika anda pernah ke solo pastinya anda sudah tidak asing dengan tengkleng salah satu makanan solo. Kalau solo punya tengkleng di Ambarawa punya gecok.

Dari segi bahan sama – saja ya namun yang membedakan adalah penggunaan santan pada tengkleng sedangkan pada gecok tidak ada santan. Gecok Tlogo Ibu Siti Sundari berada di Desa Tlogo tempatnya memang jauh dari kota dan jauh dari kesan rumah makan mewah, hanya warung sederhana. Namun untuk rasa dijamin nikmat terlebih lagi warung ini adalah warung langganan para pejabat dan wisatawan.

Nah itu tadi wisata kuliner Ambarawa yang paling terkenal dan hitz yang bisa anda kunjungi saat berwisata ke Ambarawa.


Saran lainnya