Makanan Khas Semarang Yang Super Enak dan Unik


Makanan Khas Semarang, Fispol.com – Semarang merupakan kota terbesar ke 5 di Indonesia dan juga ibukota dari provinsi Jawa Tengah. Jika kita berbicara tentang wisata alam, Semarang mungkin tidak se populer Yogyakarta atau daerah lain, tapi kalau soal kuliner, makanan khas Semarang memang super enak dan unik. Makan siang di Semarang sungguh menyenangkan, apalagi kalau makanan khas Semarang dipadukan dengan minuman khas Semarang, waoooo pasti kamu bakal ketagihan.

Pada artikel sebelumnya fispol.com sudah membahas tentang makanan khas Indonesia dari berbagai daerah. Tapi kali ini, fispol.com akan memberikan referensi kuliner kepada sahabat fispol jika berlibur ke Semarang. Beberapa makanan khas Semarang ini juga tidak kalah menarik dengan kuliner daerah lain seperti makanan khas Jogja, atau makanan khas Balikpapan.

Makanan Khas Semarang

1. Tahu Gimbal

Sumber : klikdieng.com

Makanan khas Semarang yang satu ini sangat mirip dengan ketoprak karena penyajiannya disiram dengan bumbu kacang, ya namanya tahu gimbal. Kuliner khas Semarang yang satu ini sangat mudah kita temui saat berkunjung ke kota semarang.

Gimbal sendiri adalah udang yang telah digoreng dengan tepung, dan selain gimbal, satu porsi tahu gimbal berisi tahu goreng, irisan kol dan juga tempe. Meskipun harganya murah, tahu gimbal sangat enak dan bisa buat kamu kenyang loh. Jangan lupa mencicipi makanan khas Semarang yang satu ini ya jika berkunjung ke kota Semarang.

2. Nasi Ayam

Sumber : indoautoblog.wordpress.com

Makanan khas Semarang yang satu ini menggunakan nasi dan suiran ayam sebagai bahan dasarnya. Sekilas mirip dengan kuliner khas Solo, yakni nasi liwet Solo. Rasa gurih begitu menggoda lidah karena nasinya dimasak menggunakan santan kelapa.

Beberapa bahan lainnya juga disajikan dalam nasi ayam seperti krecek, labu siam dan sambel, semakin menambah gurihnya makanan khas Solo ini. Nasi ayam Semarang ini biasanya disajikan dengan menggunakan daun pisang, dan dengan harga yang sangat terjangkau, kuliner Semarang ini sangat digemari oleh masyarakat Semarang.

Baca juga artikel terkait lainnya :

3. Lumpia

Kota semarang sangat terkenal dengan lumpia yang sangat enak dan lezat. Dan bahkan lumpia menjadi salah satu makanan favorit wisatawan yang berkunjung ke Semarang. Meski harganya dibawah sepuluh ribu rupiah, namun makanan khas Semarang yang satu ini memiliki citarasa yang begitu unik dan memikat.

4. Kue Lekker Paimo

Makanan khas Semarang selanjutnya adalah kue lekker paimo. Lekker artinya enak, yang merupakan bahasa Belanda. Bentuk kuliner Semarang yang satu ini menyerupai martabak, hanya saja lebih tipis dan lebih kecil.

Varian rasa kue lekker paimo juga beragam, ada yang rasa coklat, keju, ada juga yang menggunakan pisang atau sosis. Makanan khas Semarang ini belum banyak belum banyak cabang, kalau sahabat fispol ingin mencicipinya, datang aja ke Semarang Tengah di Jl. Karanganyar.

5. Pisang Plenet

Sumber : emakmbolang.com

Sahabat fispol mungkin sudah terbiasa menikmati pisang goreng, tapi bagaimana dengan pisang bakar?. Jika penasaran dengan pisang bakar yang sangat enak, datang saja ke Semarang. Disana banyak kamu temukan makanan khas Semarang yang menggunakan pisang yang dibakar, ya namanya pisang plenet.

Kuliner khas Semarang yang satu ini menggunakan pisang kepok raja yang telah matang, agar manisnya terasa. Pisang kepoknya dibakar dengan menggunakan arang dan kemudian di tekan hingga berbentuk pipih. Pisang plenet ini sangat nikmat jika dipadukan dengan segelas teh manis panas, wahhh wajib kamu coba deh sahabat fispol.

6. Babat Gongso

Sumber : hellosemarang.com

Babat gongso juga salah satu kuliner khas Semarang yang dimasak dengan bumbu kecap. Berbagai jenis jeroan lainnya seperti paru, hati, dll juga menjadi pelengkap makanan khas Semarang yang satu ini. Kalau soal rasa, kuliner Semarang ini sangat menantang, karena dibalik rasa manisnya, ada rasa pedas yang menggoyang lidah.

7. Wedang Tahu

Kuliner Semarang yang satu ini sangat nikmat disantap pada saat cuaca dingin, atau bisa juga pada saat santai di malam hari. Minuman khas Semarang ini bisa membuat badan jadi hangat, dan juga rasanya yang memanjakan lidah. Wedang tahu ini dibuat dari kembang tahu yang dihasilkan dari campuran susu kedelai dengan agar-agar.

Rasa pedas yang berasal dari jahe terasa sangat segar, apalagi karena ada rasa manis yang berasal dari campuran gula merahnya. Tidak hanya wedang tahu saja yang ada di Semarang, berbagai wedang lainnya juga bisa kamu nikmati seperti wedang ketan durian, wedang kacang hijau, dll.

Itulah beberapa makanan khas Semarang atau minuman khas Semarang yang super enak dan unik, semoga bisa menjadi salah satu referensi kuliner buat sahabat fispol yang berkunjung ke Semarang.


Saran lainnya