Liburan Ke Candi Borobudur? Jangan Lewatkan Makanan Khas Yogyakarta Ini!


Makanan Khas Yogyakarta – Yogyakarta merupakan salah satu destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi oleh para wisatawan, baik wisatawan asing, maupun wisatawan dalam negri. Yogyakarta terkenal akan wisata alam serta bangunan-bangunan bersejarah. Candi Borobudur adalah destinasi wisata Jogja yang paling banyak dikunjungi. Tetapi selain Candi Borobudur dan berbagai wisata alam yang ada di Yogyakarta, Makanan khas Yogyakarta juga memiliki ciri khas tersendiri yang wajib kamu cicipi.

Kebanyakan para wisatawan yang liburan ke Yogyakarta bertujuan untuk mengunjungi wisata Candi Borobudur. Liburan ke Candi Borobudur memang sangat mengesankan dan tidak rugi jika kamu menghabiskan banyak biaya untuk pergi kesana. Candi Borobudur merupakan salah satu tempat wisata Indonesia yang sudah mendunia. Liburan ke Candi Borobudur akan lebih sempurna jika sahabat fispol juga menikmati berbagai makanan khas Yogyakarta yang begitu khas dan memanjakan lidah.

Makanan khas Yogyakarta mungkin tidak sepopuler makanan khas daerah lain di Indonesia, seperti makanan khas Manado atau seperti makanan khas Sumatra. Tetapi kuliner Jogja mampu menarik perhatian para wisatawan dan bahkan ada banyak jajanan khas Jogja yang bisa kamu jadikan sebagai oleh-oleh saat berlibur ke Candi Borobudur.

Baca Juga : Makanan Khas Balikpapan Yang Sangat Enak

Makanan Khas Yogyakarta

Pada artikel sebelumnya, fispol.com telah mengulas berbagai makanan khas Indonesia yang berasal dari berbagai daerah. Berikut beberapa makanan khas Yogyakarta yang bisa kamu nikmati saat berlibur ke Candi Borobudur. Beberapa dari kuliner Jogja ini juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh khas.

1. Gudeg

Makanan khas Yoyakarta pertama yang sudah tidak asing dan sudah sangat terkenal adalah gudeg. Ya, gudeg tidak hanya terkenal di Jogja saja, di berbagai daerah lain di Indonesia, kuliner Jogja yang satu ini banyak di temukan. Masakan khas Jogja ini sangat nikmat untuk menemani liburan kamu ke Candi Borobudur.

Bahan dasar untuk membuat gudeg yaitu menggunakan nangka muda yang dimasak dengan waktu yang cukup lama menggunakan santan kelapa. Gudek tidak pedas dan bahkan cenderung manis, dan akan semakin lezat jika dipadukan dengan sambel krecek dan ayam goreng. Makanan khas Yogyakarta yang satu ini merupakan favorit para wisatawan pencinta kuliner daerah.

2. Yangko

Yangko adalah jajanan khas Jogja atau makanan khas Yogyakarta yang sangat mudah kita temukan saat liburan ke Jogja. Tepung beras digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat kuliner Jogja yang satu ini, sehingga rasanya sangat lembut dan kenyal di mulut, tapi juga sangat manis.

Makanan khas Yogyakarta yang satu ini berbentuk kotak dan sangat cocok di jadikan sebagai cemilan saat liburan ke Candi Borobudur. Yangko juga sangat bagus sebagai salah satu bagian dari oleh-oleh kamu saat berkunjung ke Jogja.

3. Soto Sulung

Sumber foto : reseptante.com

Makanan khas Yogyakarta selanjutnya adalah berupa soto, ya namanya soto sulung. Soto sulung khas Jogja ini juga memiliki citarasa yang berbeda dengan soto di daerah lain. Kuliner Yogyakarta ini juga menjadi makanan favorit para wisatawan, dan biasanya banyak di jual di stasiun kereta. Jadi, jangan lupa untuk mencicipi soto khas Jogja ini saat berlibur ke Yogyakarta ya sahabat fispol.

4. Jadah Tempe

Makanan khas Yogyakarta yang satu ini disajikan dengan perpaduan tempe bacem dan juga jadah. Kalau tempe bacem mungkin sudah tahu kan, nah kalau jadah ini terbuat dari bahan dasar ketan putih yang dibentuk bulat. Kuliner Jogja ini sangat cocok dinikmati pada waktu santai, lebih nikmat lagi jika dipadukan dengan teh manis panas.

Baca juga artikel terkait lainnya :

5. Tiwul

Tiwul merupakan makanan khas masyarakat Gunungkidul, dan biasanya menjadi suatu makanan pokok pengganti beras. Makanan khas Yogyakarta yang satu ini menggunakan bahan dasar singkong. Untuk menambah rasa gurih dan manis, biasanya tiwul di tambahkan dengan gula merah dan diatasnya ditaburi dengan parutan kelapa.

6. Brongkos

Sumber foto : masakankoki.com

Kuliner Jogja yang satu ini sangat mudah ditemukan jika kita berkunjung ke Yogyakarta. Cita rasa makanan khas Yogyakarta yang satu cenderung rasa manis pedas dan juga gurih. Bahan dasar yang digunakan untuk memasak brongkos yakni tempe, tahu, kacang tolo dan disiram dengan kuah kaldu atau menggunakan kuah santan.

7. Bakpia

 

Ini dia oleh-oleh khas Jogja yang paling banyak disukai oleh para wisatawan. Makanan khas Yogyakarta ini sering kali dijadikan sebagai oleh-oleh oleh wisatawan. Untuk mendapatkan bakpia asli Jogja juga tidak susah karena disana ada banyak toko kue oleh-oleh yang menjual bakpia. Bakpia ini berbahan dasar tepung terigu dan kacang hijau, dan proses memasaknya yaitu dengan cara dipanggang.

8. Oseng-Oseng Mercon

Sumber foto : jajanjogja.com

Tidak hanya daerah Manado yang memiliki kuliner dengan citarasa yang pedas, makanan khas Yogyakarta ini juga terkenal akan rasa pedasnya, ya namanya oseng-oseng mercon. Bahan dasar yang digunakan yakni daging dan juga lemak, serta menggunakan bumbu rempah yang pastinya dengan rasa pedas yang menantang lidah.

9. Salak Pondoh

Makanan Khas Yogyakarta terakhir ini berupa buah, ya buah salak yang banyak kita temukan di beberapa daerah di Indonesia. Tetapi salak pondoh asli Jogja ini memiliki rasa yang sangat manis dan daging salaknya juga kering. Salak pondoh juga banyak dijadikan sebagai oleh-oleh bagi para wisatawan, karena rasanya memang berbeda dengan salak yang terdapat di daerah lain.

Nah, itulah beberapa makanan khas Yogyakarta yang saya rekomendasikan kepada sahabat fispol saat liburan ke Candi Borobudur. Semoga informasi kuliner ini bermanfaat.


Saran lainnya