8 Makanan Khas Betawi Atau Oleh-Oleh Khas Jakarta


Makanan Khas Jakarta, Fispol.com – Jakarta memiliki banyak destinasi wisata yang sudah terkenal dan bahkan sudah mendunia. Itu tak lepas karena Jakarta merupakan ibukota dari negara kita tercinta, Indonesia. Jadi wajar saja kalau semua yang berkaitan dengan Jakarta akan cepat populer di mata wisatawan asing.

Mungkin sahabat fispol sudah banyak mengetahui apa saja tempat-tempat wisata yang ada di Jakarta, tapi tidak dengan makanan khas Jakarta, meskipun sebagian juga ada yang tahu. Makanan khas Betawi atau Jakarta tidak terlalu terkenal karena di Jakarta sendiri lebih banyak dijual makanan khas dari berbagai daerah lain di Indonesia.

Penduduk asli Jakarta adalah suku Betawi, jadi makanan khas Jakarta tentunya adalah makanan khas Betawi. Banyak yang bingung jika berkunjung ke Jakarta, harus membeli oleh-oleh yang khas Jakarta, atau ingin mencoba kuliner khas Betawi. Berikut saya akan ulas delapan makanan khas Betawi atau oleh-oleh khas Jakarta, agar sahabat fispol tidak bingung saat berkunjung ke Jakarta.

Baca Juga artikel terkait lainnya tentang makanan khas daerah di Indonesia :

1. Kerak Telor

Kuliner pertama yang sangat khas jika berkunjung ke Jakarta adalah kerak telor. Kerak telor merupakan makanan khas asli Betawi yang memiliki citarasa yang khas dan tidak ditemukan di daerah lain. Bahan dasar makanan khas Betawi ini adalah telur dan beras ketan. Selain dengan rasanya yang gurih dan lezat, kerak telor dibuat dengan cara yang unik sehingga menjadi daya tarik masyarakat untuk mencobanya.

Sayangnya penjual kerak telor di Jakarta semakin hari semakin berkurang, tapi masih bisa kita temukan di tempat-tempat ramai seperti di kebun binatang Ragunan, atau daerah kemayoran. Biasanya para penjual kerak telor akan muncul jika ada event-event tertentu seperti Pekan Raya Jakarta.

2. Roti Buaya

Makanan khas Betawi yang satu ini memiliki ukuran yang sangat besar dan berbentuk persis seperti buaya. Roti khas Jakarta ini biasa digunakan pada saat pernikahan suku Betawi, yang mana roti ini harus dibawa oleh mempelai pria untuk diserahkan kepada mempelai wanita.

Roti khas Jakarta yang satu ini juga bisa kamu jadikan sebagai oleh-oleh loh, karena tersedia dalam berbagai ukuran dan mudah kamu temukan di toko roti atau toko oleh-oleh khas Jakarta. Rasanya lumayan gurih dan enak, tapi yang lebih menarik itu karena bentuknya menyerupai buaya.

3. Dodol Betawi

Makanan khas yang bernama dodol sudah banyak kita temukan di berbagai daerah di Indonesia, tapi masing-masing memiliki ciri khas tersendiri. Betawi juga memiliki dodol yang rasanya sangat gurih dan manis. Bahan dasar dalam pembuatan dodol Betawi adalah menggunakan ketan putih, durian, dan juga ketan hitam. Dodol Betawi bisa juga di jadikan oleh-oleh saat berkunjung ke kota Jakarta.

4. Soto Betawi

Soto sudah banyak kita temukan di beberapa daerah di Indonesia dan tentunya memiliki ciri khas tersendiri. Soto betawi merupakan kuliner khas Jakarta yang sudah sangat terkenal dan salah satu favorit warga Jakarta.

Makanan khas Betawi ini sangat mudah kita temukan saat berkunjung ke Jakarta, dan bahkan di beberapa daerah lain juga menjual soto betawi ini. Ada dua pilihan untuk kuah soto betawi yakni bisa menggunakan kuah kuning atau ada juga kuah bening.

5. Nasi Uduk

Makanan khas Jakarta yang satu ini sudah sangat terkenal karena hampir di seluruh wilayah di Jakarta ada penjual nasi uduk. Nasi uduk biasanya di jual pada pagi hari dan menjadi buruan para anak kost atau para pekerja sebagai sarapan. Selain karena harganya yang sangat murah, nasi uduk juga memiliki rasa yang pas di lidah dan sangat gurih.

6. Lontong Sayur

Sama halnya dengan nasi uduk, kuliner khas Jakarta yang satu ini biasanya dijual pada pagi hari karena sangat cocok dijadikan sebagai sarapan. Lontong sayur ini berbahan dasar lontong, sayuran dan sebutir telur rebus. Makanan khas Jakarta yang satu ini sangat mudah kita temukan saat berada di Jakarta, terutama pada pagi hari, bahkan sampai masuk gang pun banyak yang menjual makanan khas Jakarta ini.

7. Kue Geplak

Jajanan khas Jakarta yang satu ini semakin hari semakin susah di dapatkan padahal kue ini merupakan salah satu oleh-oleh khas Jakarta yang sangat enak. Hampir sama dengan roti buaya, kue geplak biasanya digunakan pada acara adat betawi yakni pada saat pernikahan.

8. Bir Pletok

 

Namanya bir pletok tapi bukan berarti mengandung alkohol ya sahabat fispol, hehehehehe. Minuman khas Betawi ini justru dapat menyehatkan tubuh karena dibuat dengan bahan-bahan yang alami seperti jahe, daun pandan, dan serai.

Minuman khas Betawi ini bisa kamu nikmati dalam bentuk kemasan botol, dan ada juga yang berbentuk serbuk, jadi lebih mudah untuk kamu bawa sebagai oleh-oleh,hehehehe. Konon katanya bir pletok ini bisa meredakan pegal dan masuk angin.

Itulah delapan makanan khas Betawi atau oleh-oleh khas Jakarta, semoga bisa menjadi referensi buat kamu sebagai bahan oleh-oleh atau sekedar menikmati kuliner khas Jakarta.


Saran lainnya