Menikmati Makanan Khas Balikpapan Sekalian Beli Oleh-Oleh Aksesoris Khas Dayak


Makanan Khas Balikpapan – Balikpapan merupakan kota besar yang ada di Kalimantan Timur dan terkenal dengan sebutan kota minyak atau disebut juga kota beriman. Kota Balikpapan memiliki logo beruang madu, yang merupakan satwa asal Balikpapan yang hampir punah.

Selain terkenal karena daerah industri pertambangan terbesar, Balikpapan juga memiliki tempat-tempat wisata alam yang sangat indah. Biaya hidup di kota Balikpapan termasuk dalam kategori tinggi atau lebih mahal jika dibandingkan dengan biaya hidup di kota-kota lain di Indonesia.

Tidak lengkap rasanya jika sahabat fispol tidak menikmati makanan khas Balikpapan saat berkunjung ke kota minyak. Kuliner khas Balikpapan juga tidak kalah menarik dengan daerah-daerah lain di Indonesia, karena memiliki citarasa yang bisa membuat kamu ketagihan.

Baca Juga : Makanan Paling Favorit Dan Paling Enak di Dunia

Selain menikmati makanan khas Balikpapan, sahabat fispol juga bisa sekalian membeli berbagai oleh-oleh khas Dayak yang banyak dijual di kota beriman tersebut. Sudah menjadi kebiasaan kita untuk mencari oleh-oleh khas disaat kita liburan, karena liburan berasa tidak sempurna jika tidak membawa oleh-oleh untuk orang rumah,hehehehe.

Berikut beberapa makanan khas Balikpapan dan juga oleh-oleh khas Dayak yang bisa kamu dapatkan saat berkunjung atau liburan ke Balikpapan ;

1. Mantau

Mantau seringkali kita temukan di beberapa restoran masakan Cina, tetapi mantau khas Balikpapan memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan dengan mantau khas Cina. Makanan khas Balikpapan yang satu ini menjadi favorit para wisatawan yang berkunjung ke kota Balikpapan.

Kalau sahabat fispol penasaran dengan citarasa mantau khas kota minyak ini, datang saja ke Balikpapan ya hehehehehe. Disana banyak toko kue yang menyediakan kuliner khas daerah ini, bisa makan di tempat atau bisa juga kamu bungkus sebagai oleh-oleh khas.

2. Berbagai Olahan Kepiting

Berkunjung ke kota Balikpapan tidak lengkap rasanya jika sahabat fispol tidak mencicipi berbagai olahan kepiting. Berbagai olahan kepiting merupakan salah satu makanan khas Balikpapan yang sangat favorit dan mudah ditemukan.

Kuliner khas Balikpapan yang berbahan dasar kepiting ini sungguh sangat menggoda, dimasak dengan bumbu rempah yang khas. Berbagai jenis olahan kepiting yang bisa sahabat fispol nikmati di kota minyak yakni, abon kepiting, dendeng, pepes, dan ada juga keripik kepiting yang bisa dijadikan oleh-oleh loh.

3. Bingka

Makanan khas Balikpapan yang satu ini merupakan jajanan tradisional Balikpapan. Kue bingka ini dibuat dengan menggunakan bahan dasar kentang, dan juga bahan-bahan lainnya yakni telor, susu, santan, mentega, dan gula. Rasanya sangat manis dan gurih serta lembut di mulut.

Kuliner khas Balikpapan yang satu ini tidak cocok untuk dijadikan oleh-oleh karena tidak bertahan lama. Hal ini karena kue bingka dibuat tanpa menggunakan bahan pengawet dan bukan kue kering. Makanan khas Balikpapan ini hanya bertahan dalam hitungan jam saja, jadi sangat cocok untuk dinikmati saat sedang santai di kota minyak, apalagi disantap bersamaan dengan teh manis panas atau kopi panas.

4. Amplang

Nah, kalau makanan khas Balikpapan yang satu ini menyerupai kerupuk, ya namanya amplang. Amplang sering dijadikan sebagai oleh-oleh bagi para wisatawan. Jadi sahabat fispol yang berkunjung ke Balikpapan, jangan sampai lupa ya untuk membawa pulang jajanan khas kota beriman tersebut.

Makanan khas Balikpapan ini dibuat menggunakan bahan dasar daging ikan, seperti daging ikan tenggiri. Itu sebabnya amplang ini memiliki rasa yang sangat gurih. Jajanan khas Balikpapan ini banyak di jual di toko oleh-oleh khas Balikpapan, jadi sangat mudah untuk mendapatkannya.

5. Aksesoris Khas Suku Dayak

Sumber Foto : senjamoktika.wordpress.com

Berkunjung ke Kalimantan Timur tentu sangat identik dengan kebudayaan suku Dayak. Di kota Balikpapan, kamu bisa menemukan berbagai akesoris khas suku Dayak yang bisa kamu jadikan cenderamata atau oleh-oleh di rumah.

Oleh-oleh cendera mata khas suku Dayak ini ada berbagai jenis, mulai dari tas, kalung, gelang, anting, atau kain batik khas Dayak, yang tentunya memiliki keunikan yang tidak terdapat di daerah lain. Untuk menemukan aksesoris khas suku Dayak ini, kamu bisa mendapatkannya di pasar impres atau pasar kebun sayur.

Baca Juga artikel terkait lainnya tentang makanan khas daerah di Indonesia :

6. Onde-Onde Ubi Ungu

Sumber Foto : tanyawisata.com

Onde-onde merupakan jajanan khas tradisional Indonesia dan biasanya menggunakan kacang hijau sebagai isinya. Tapi lain halnya dengan makanan khas Balikpapan yang satu ini, ya namanya onde-onde ubi ungu. Onde-onde khas Balikpapan ini menggunakan ubi ungu sebagai bahan dasarnya jadi rasanya juga lebih gurih dibandingkan dengan onde-onde biasa.

7. Bakpia

Mendengar kata bakpia pasti yang terlintas dipikiran adalah jajanan khas Yogyakarta. Kue yang satu ini juga merupakan makanan khas Balikpapan atau oleh-oleh khas Balikpapan yang sangat disukai oleh para wisatawan. Bakpia Balikpapan juga tidak kalah rasa dengan bakpia khas Yogyakarta loh, dan bahkan ukurannya sedikit lebih besar. Kalau soal rasa sudah pasti luarbiasa deh, dan gak akan bikin nyesal jika dijadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga dirumah.

Itu dia beberapa makanan khas Balikpapan atau bisa dijadikan oleh-oleh saat berkunjung ke kota Balikpapan, semoga bisa menjadi referensi buat sahabat fispol yang hobi traveler.


Saran lainnya