8 Makanan Khas Bali Yang Memanjakan Lidah Wisatawan


Makanan Khas Bali – Bali merupakan destinasi wisata paling top di Indonesia, dan bahkan menjadi tujuan utama para wisatawan asing saat berkunjung ke Indonesia. Dengan adanya kuliner Bali yang memiliki citarasa yang khas, semakin menyempurnakan ke istimewaan pulau Dewata ini. Makanan khas Bali juga sudah terkenal diberbagai daerah di Indonesia dan sebagian juga telah mendunia loh.

Tidak lengkap rasanya jika sahabat fispol tidak mencicipi beberapa makanan khas Bali saat sedang liburan di Bali. Mulai dari kuliner pedas, lezat, gurih, dan manis, semua bisa kamu dapatkan di Bali untuk menyempurnakan liburan kamu. Berikut saya merangkum delapan makanan khas Bali yang akan memanjakan lidah para wisatawan yang sedang berlibur ke Bali.

Baca Juga : 9 makanan khas Indonesia dari berbagai daerah

1. Ayam Betutu

Ayam betutu merupakan makanan khas Indonesia yang berasal dari Bali. Proses pembuatan ayam betutu cukup unik yakni dengan menggunakan satu ekor ayam yang utuh dan di dalamnya di isi dengan bumbu-bumbu yang khas.

Ayam betutu ini dimasak dengan cara dibakar atau dipanggang, sehinggga menjadikan daging ayam begitu lembut dengan bumbu yang meresap. Ayam betutu merupakan salah satu makanan favorit wisatawan asing yang berada di Bali.

2. Sate Lilit

 

Sahabat fispol pasti sudah kenal ya makanan khas Indonesia yang biasanya ditusuk pake bambu, ya namanya adalah sate. Diberbagai daerah di Indonesia, kita mudah menemukan berbagai macam jenis sate, tetapi setiap daerah memiliki sate dengan ciri khas tersendiri.

Sate lilit yang merupakan kuliner khas Bali ini berbeda dengan sate di daerah lain. Cara membuatnya juga sangat unik karena daging yang digunakan tidak ditusukkan ke bambu, tetapi dililit pada batang sereh atau bisa juga menggunakan bambu.

Daging yang digunakan pada sate lilit sebelumnya telah dihaluskan dan dicampurkan dengan bumbu, baru dililitkan pada batang sereh. Daging yang digunakan bisa berupa daging ikan, atau daging ayam. dan bahkan sebagian ada yang menggunakan daging babi.

3. Tum Ayam

Sumber Foto : pinterest.com

Sesuai dengan namanya, makanan khas Bali yang satu ini menggunakan daging ayam sebagai bahan dasarnya. Daging ayam yang digunakan dicincang dan diberikan bumbu rempah yang khas, kemudian dibungkus dengan daun pisang. Cara memasak kuliner bali yang satu ini adalah dengan cara dikukus. Pembungkus daun pisang menjadikan makanan khas Bali ini mengeluarkan aroma yang khas serta rasa yang sangat gurih.

Baca Juga artikel terkait lainnya tentang makanan khas daerah di Indonesia :

4. Serombotan

Makanan khas Bali yang satu ini sangat sehat karena sebagian besar bahan dasarnya dari sayur-sayuran. Hampir sama dengan sayur urap, tetapi citarasanya tentu berbeda karena bumbu yang digunakan juga berbeda.

5. Nasi Tepeng

Sumber Foto : kmstour.com

Nasi tepeng ini juga menjadi ciri khas kuliner khas Bali yang wajib sahabat fispol cicipi. Nasinya dibuat agak lembek dan disiram dengan bumbu yang khas serta dengan citarasa yang pedas. Berbagai macam sayuran atau lalapan sebagai pelengkap nasi tepeng seperti kacang panjang, terong, nangka muda, dll.

6. Rujak Kuah Pindang

Menikmati semangkok rujak mungkin sudah biasa dan sering kita lakukan, karena berbagai jenis rujak mudah kita temukan di berbagai daerah. Namun bagaimana kalau rujak yang menggunakan kuah ikan? Rujak kuah pindang bisa sahabat fispol nikmati disaat sedang berlibur di Bali. Perpaduan buah-buahan segar dengan kuah pindang yang manis pedas akan memanjakan lidah.

Baca Juga : 8 Makanan Khas Betawi Atau Oleh-Oleh Khas Jakarta

7. Kue Bagiak

Makanan khas Bali selanjutnya berupa kue kering yang berukuran kecil. Meskipun ukurannya kecil tetapi kue bagiak ini memiliki rasa yang sangat manis dan gurih. Kue bagiak ini sebenarnya berasal dari Banyuwangi, tetapi sering kita temukan di Bali. Bahan dasar yang digunakan untuk membuat jajanan khas Bali ini yaitu tepung sagu dan kelapa yang telah diparut. Karena kue bagian berupa kue kering, jadi sangat cocok untuk kamu jadikan oleh-oleh khas Bali.

8. Bubur Mengguh

Sumber Foto : katalogkuliner.com

Makanan khas Bali yang satu ini sudah sangat populer bagi masyarakat Bali. Hampir sama dengan bubur ayam pada umumnya, tetapi bubur khas Bali ini memiliki ciri khas tersendiri yakni dengan rasa manis, pedes, dan gurih.

Sebenarnya masih banyak lagi makanan khas Bali yang tidak masuk dalam tulisan kali ini, tetapi delapan makanan khas Bali diatas bisa menjadi rekomendasi kuliner sahabat fispol saat berkunjung ke Bali.


Saran lainnya