Makanan Khas Papua Yang Bikin Kamu Ketagihan


Makanan Khas Papua – Papua tidak hanya terkenal dengan keindahan alam yang sangat luar biasa, Papua juga memiliki ciri khas dari makanan tradisionalnya. Indonesia bagian timur mungkin terkenal dengan ciri khas makanan tradisional yang menggunakan bahan dasar dari tepung sagu, tetapi makanan khas Papua tidak hanya bersumber dari sagu saja, tapi ada banyak jenis kuliner khas Papua lainnya yang bisa bikin kamu ketagihan.

Sebagian dari makanan khas Papua juga bisa kamu jadikan sebagai oleh-oleh untuk orang terkasih loh. Kuliner khas Papua juga menjadi salah satu daya tarik wisatawan, baik itu wisatawan domestik maupun wisatawan asing. Jadi buat sahabat fispol yang liburan ke Raja Ampat atau wisata Papua lainnya, jangan sampai lupa untuk mencicipi makanan khas Papua ya, supaya liburannya sempurna,hehehehe.

Pada artikel sebelumnya fispol.com sudah berbagi mengenai makanan khas Indonesia dari berbagai daerah. Tapi kali ini, fispol.com akan memberikan referensi kuliner kepada sahabat fispol jika berlibur ke Papua. Beberapa makanan khas Papua ini juga tidak kalah menarik dengan kuliner daerah lain seperti makanan khas Jogja, atau makanan khas Balikpapan.

Makanan Khas Papua

1. Papeda

Makanan khas Papua yang pertama dan yang sangat terkenal adalah papeda. Kuliner khas Papua yang satu ini merupakan kuliner khas Indonesia bagian Timur dan khususnya Papua dan Maluku. Papeda ini adalah makanan khas Papua yang sangat rendah kolesterol, karena papeda ini terbuat dari tepung sagu.

Papeda ini merupakan makanan khas Papua dan Maluku yang memiliki tekstur yang lengket seperti lem serta warna yang putih bening. Rasa papeda sendiri memang tawar, tetapi biasanya dinikmati dengan perpaduan ikan tongkol yang telah diberi bumbu kunyit, sehingga papeda terasa sangat lezat dan tentu sangat sehat,hehehehe.

Baca juga artikel terkait lainnya :

2. Kue Lontar

Nah, selain yang berbahan dasar sagu, makanan khas Papua yang satu ini menggunakan bahan dasar telur, ya namanya kue lontar. Menurut cerita, kuliner khas papua yang satu ini awalnya dibawa oleh orang luar pada masa penjajahan, yakni Belanda. Dulunya kue lontar ini bernama rontart, akan tetapi karena pelafalannya agak susah, masyarakat Papua menyebutnya kue lontar.

Kuliner Khas Papua yang satu ini sangat mirip dengan pie susu khas Bali, tetapi kue lontar khas Papua memiliki citarasa yang khas. Itu sebabnya kue lontar ini juga menjadi salah satu dari bagian oleh-oleh wisatawan yang berkunjung ke Papua. Kue lontar ini sangat mudah di dapatkan pada saat hari raya lebaran atau pada saat natal.

3. Martabak Sagu

Sumber Foto : mengenalpapua.wordpress.com

Jika sahabat fispol bosan dengan martabak yang biasanya menggunakan tepung terigu sebagai bahan dasar, sahabat fispol bisa mencoba makanan khas Papua yang satu ini, ya namanya martabak sagu. Sesuai dengan namanya, martabak Papua ini menggunakan tepung sagu sebagai bahan dasarnya.

Proses memasak martabak sagu ini juga berbeda dengan martabak pada umumnya. Martabak khas Papua ini bukan dipanggang, melainkan digoreng dengan ditambahkan gula merah sebagai pemanisnya. Martabak sagu ini wajib kamu coba saat liburan ke Papua.

4. Sate Ulat Sagu

Sumber Foto : mangcook.com

Kamu menyukai kuliner ekstrim? kalau iya, kamu harus mencoba makanan khas Papua yang satu ini, namanya sate ulat sagu. Sesuai dengan namanya, sate lhas Papua ini menggunakan ulat sagu sebagai bahan utamanya. Mungkin sebagian jijik dengan ulat yang satu ini, tapi ternyata rasanya memang sangat gurih dan juga sangat baik untuk kesehatan.

Menyantap beberapa sate ayam, sate madura, atau sate padang itu hal biasa, tapi jika kamu berani mencoba sate ulat sagu ini, itu baru luar biasa, dan dijamin kamu akan ketagihan dengan rasa gurih asinnya, hehehehe.

5. Udang Selingkuh

Sumber Foto : sarihusada.co.id

Dari namanya saja sudah unik, apakah kamu tidak penasaran untuk mencobanya? Kalau penasaran dengan kuliner Papua yang satu ini, silahkan datang ke Wamena, Papua. Sesuai dengan namanya, kuliner daerah yang satu ini menggunakan udang sebagai bahan utamanya, udang yang memiliki capit besar menyerupai capit kepiting.

Kalau soal rasa, udang selingkuh tidak kalah rasa dengan lobster yang diolah di restoran loh. Makanan khas Papua yang satu ini bisa diolah dengan berbagai macam saus, seperti saus padang, saus mentega atau saus tiram.

Itulah beberapa makanan khas Papua yang bisa buat kamu ketagihan, semoga bisa menjadi referensi kuliner sahabat fispol saat liburan ke Papua.


Saran lainnya