Cara Jitu Cek Smartphone Android Asli Atau Palsu


Cara Cek Android Asli Atau Palsu – Teknologi zaman sekarang semakin canggih, dan banyak juga orang yang memanfaatkan hal tersebut untuk meraih keuntungan besar. Salah satu yang saya maksud adalah dengan membuat android palsu atau tiruan. Bagaimana perasaan kamu jika membeli android kesukaan kamu dan ternyata itu palsu atau tiruan ? Pasti rasanya nggak karuan kan ? kesel, kecewa, emosi , dan lain-lain. Tentu hal seperti ini tidak kita inginkan terjadi pada kita ataupun keluarga kita.

Mungkin saat ini kamu ingin membeli smartphone android bekas atau baru, tentunya kamu akan mengecek kondisi smartphone tersebut. Kamu harus tahu apakah mesinnya masih normal, atau android yang ingin kamu beli termasuk smartphone android terbaik 2017, biar kamu nggak kalah tren sama teman-teman kamu, hehehehe. Tapi ada yang lebih penting dari itu yang mungkin banyak orang tidak mengetahuinya, yaitu cara cek android asli atau palsu. Ternyata android juga memiliki kode-kode rahasia untuk mengecek keasliannya.

Pada tulisan saya kali ini, saya akan berbagi informasi mengenai cara jitu dalam mengecek keaslian smartphone android, silahkan disimak ya guys ;

a. Mengecek nomor IMEI

Untuk mengecek IMEI pada android yaitu dengan mengetik kode ; *#06# pada android kamu. Nomor IMEI (International Mobile Station Equipment Identity) adalah semacam identitas sebuah handset yang bersifat eksklusif. Pada android original tentu akan keluar kode IMEI, namun jika tidak keluar, kamu perlu waspada karena bisa saja android tersebut adalah palsu atau tiruan. Selain cara diatas, kamu juga bisa mengecek nomor IMEI via online yaitu mengunjungi situs yang disediakan ; www.imei.info. Masukkan nomor IMEI android kamu pada kolom yang tersedia, kemudian tekan check. Dalam sekejap akan muncul informasi spek perangkat kamu, sesuaikan spek yang muncul dengan smartphone android milik kamu. Jika sesuai berarti android kamu itu asli.

b. Gunakan Kode Rahasia

Tiap merek android memiliki kode rahasia masing-masing. Seperti samsung misalnya ; *#0*# atau pada sony ; *#*#7378423#*#*. Kalau muncul informasi spek berarti android kamu itu asli, tapi ada juga android palsu yang tetap bisa memunculkan informasi spek, untuk itu kamu harus kembali mengecek IMEI seperti yang saya sudah jelaskan diatas.

c. Gunakan aplikasi Antutu Benchmark

Kamu bisa download aplikasi ini di playstore android kamu. Aplikasi ini dapat membantu kamu mengecek spesifikasi lengkap smartphone android kamu. Selanjutnya bandingkan dengan detai spek ketika kamu mengecek IMEI atau info. Jika sama berarti android yang kamu miliki adalah original atau asli.

d. Cek hasil kamera dan ukuran filenya

Cara untuk mengecek keaslian android selanjutnya adalah dengan mengecek kualitas foto yang dihasilkan serta ukuran file foto tersebut. Misalnya android dengan lensa 13 MP, hasil foto akan mempunyai ukuran file 2mb atau 3 mb, sementara pada android palsu atau tiruan, ukuran file foto hanya berkisar 500kb saja. Sangat mudah bukan? kamu bisa coba cara ini dengan memindahkan salah satu foto hasil kamera android kamu ke komputer. Periksa deskripsi foto dengan cara klik kanan dan pilih menu properties.

Itu dia beberapa cara jitu untuk mengecek keaslian smartphone android, semoga bermanfaat ya guys.


Saran lainnya