Berikut Ini Hidangan Makanan Khas Natal di Seluruh Dunia


Makanan khas Natal – Natal adalah salah satu perayaan agama yang paling dinanti – nanti oleh penganutnya, karena hanya dirayakan 1 tahun sekali maka tidak heran jika perayaan ini selalu di nanti – nanti oleh semua orang untuk berkumpul bersama.

Dan kumpul bersama tidak lengkap tanpa adanya santapan favorit keluarga di meja makan seperti masakan atau olahan dari bahan dasar ayam atau daging. Daging dan ayam menjadi makanan yang paling diminati masyarakat Indonesia, namun bagaimana ya jika di negara lain ?

Nah buat anda yang bosan dengan olahan makanan Indonesia, anda bisa meniru beberapa makanan khas Natal dan special berikut ini yang wajib ada di meja makan saat Natal datang.

Makanan Khas Natal di Dunia

Makanan Khas Natal
Makanan Khas Natal

Feast of Seven Fishes, Italia      

Jika anda merayakan Natal di Italia pasti anda akan menemukan makanan khas yang satu ini di setiap meja makan orang Italia.

Kebiasaan ini adalah tradisi dari masyarakat Italia – Amerika, bagi beberapa aliran tertentu di Iralia malan natal adalah waktu terjaga atau atau puasa, sehingga mereka harus menahan lapar sampai Natal tiba dan saat Natal tiba orang – orang akan menyajikan makananan dari ikan sebagai perayaan.

Feast of Seven Fishes terdiri dari 7 hidangan makanan laut yang semuanya berasal dari olahan ikan, namun tidak semua menyajikan 7 ikan ada delapan, sembilan, sebelas atau tigabelas ikan sedangkan Feast of Seven Fish hanyalah konsep atau sebutan populer saja.

Ceia de Natal , Turki

Berbeda dengan Italia, di turki setiap acara thanks giving anda pasti akan menjumpai olahan kalkun panggang sebagai hidangan tapi ternyata bukan hanya di acara tersebut kalkun akan di sajikan special, karena di hari Natal anda juga akan menjumpai olahan kalkun pangggang yang dimasak denga nrempah – rempah dan juga champagne yang diberi nama Ceia de Natal.

Doro Wat on Injera, Ethiopia

Doro wat adalah salah satu masakan Afrika yang paling tekenal sehingga tidak heran jika Natal tidak lengkap tanpa Doro Wat, Doro wat adalah olahan dari daging ayam atau sapi yang dibumbu pedas sedangkan injera adalah flatbread Ethiopia atau pancake kenyal yang tebuat dari tepung teff yang hanya bisa temui di Ethiopia yang telah di fregmentasi adonannya selama 4 hari.

Jadi Doro Wan on Injera adalah olahan ayam bumbu pedah khas Afrika yang di sajikan di atas Injera atau pancake kenyal.

Mince Pie, Inggris

Lain di Turki lain pula dengan di Inggris, di negara ini tidak lengkap hidangan dan perayaan Natal tanpa Mince Pie.

Mince Pie adalah kue Natal sejenis pie yang isinya terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan saus buah yang manis dan juga terasa sedikit rasa asam, selain daging Mince Pie ada yang terbuat dari buah kering yang dicampur dengan berbagai rempah pilihan.

Uniknya lagi Mince Pie juga dijadikan salah satu varian rasa dari lipbalm merk tertentu yang diproduksi di Inggris karena terkenal dengan rasanya.

Kulkuls, India

Kulkuls atau kidyo adalah salah satu hidangan Natal yang harus ada di saat perayaan Natal, meskipun penganut ajaran Nasrani di India terbilang sedikit namun bagi penganut agama ini di India tidak lengkap rasanya Natal masakan Kulkuls atau kidyo yang terbuat dari kelapa.

Sedangkan untuk bentuknya sendiri lebih mirip dengan kue kering Indonesia.

Bigos Polandia

Satu lagi olahan daging yang menjadi makanan khas Natal yaitu Bigos, Bigos adalah makanan khas Natal yang terbuat dari daging yang dicincang halus kemudian direbus dengan asinan kubis dan kubis segar .

Selain di Polandia Bigos merupakan makanan tradisional dari Belarusia, Lithuania dan juga ukraina.

Dan ternyata Bigos sudah dikenal sejak abad pertengahan yang dikenal dengan kopositum yang berarti campuran. Di kenal sebagai kompositum karena terbuat dari aneka campuran sayur seperti campuran kubis, chard, bawang bombay dan bahan lainnya yang direbus dengan tungku jaman dahulu.

Nah itu tadi makanan khas Natal yang wajib ada di meja makan seluruh Dunia saat perayaan Natal.


Saran lainnya