Kegiatan Tidak Disadari Pengguna Android Yang Menguras Baterai Dan Cara Penyelesaiannya


Menguras Baterai  – Setelah jatuhnya Blackberry , smartphone menjadi andalan dan target utama para pecinta teknologi, sesuai dengan namany telepon pin tar yang satu ini memiliki banyak kelebihan dibanding dengan jenis handphone sebelumnya.

Smartphone android lebih fleksibel karena bisa dipasang aneka aplikasi yang dapat membantu mobilitas pemakainya, bahkan smartphone android juvga bisa dijadikan sarana hiburan dan juga edukasi.

Namun di balik keistimewannya, smartphone juga memiliki banyak masalah seperti cepat menguras data internet dan menguras daya baterai padahal tidak digunakan untuk apapun.

Nah buat anda yang mengalami hal seperti di atas, ada baiknya anda membaca ulasan dari fispol berikut ini, Kegiatan tidak di sadari pengguna android yang menguras Baterai dan cara penyelesaiannya.

menguras baterai
menguras baterai

Kegiatan Yang Menguras Baterai

Pembaharuan Aplikasi

Rasanya memang menyebalkan baru saja memasang aplikasi tapi mendapat notifikasi pembaharuan aplikasi atau bagi anda yang menyingkronkan pembaharuan otomatis biasanya tiba – tiba aplikasi terbaharui.

Pembaharuan otomatis aplikasi memang terkesan merepotkan tapi tahukan anda jika aplikasi diperbaharui maka secara otomatis sistem aplikasi tersebut akan di upgrade lebih baik temasuk dalam pemaian daya internet dan daya baterai.

Jadi jika ada pemberitahuan pembaharuan aplikasi ada baiknya anda memperbaharui agar data – data di smartphone yang tidak penting dari aplikasi terhapus dan lebih hemat data.

Menggunakan wallpaper

Jika anda masih suka menggunakan wallpaper berganti – ganti atau live wallpaper ada baiknya anda menghentikan wallpaper karena penggunaan wallpaper akan menghabiskan banyak daya.

Anda bisa mengganti live wallpaper dengan wallpaper statis, atau untuk lebih hemat lagi anda bisa menggunakan walpaper atau back ground bernuansa gelap terlebih lagi untuk layar AMOLED, layar tipe AMOLED sendiri banyak digunakan di semua jenis smartphone samsung..

Semakin gelap nuansa wallpaper maka semakin hemat daya yang dihabiskan oleh wallpaper tersebut.

Membuka Tab Bersamaan

Banyak dari kita yang tidak memperhatikan aplikasi yang kita buka dan cenderung mengabaikan aplikasi yang kita gunakan sebelumnya, kemudian membuka aplikasi baru lagi.

Meskipun memudahkan kita, penutupan aplikasi secara tidak sempurna dengan menekan tombol home akan memakan banyak RAM dan juga memakan banyak daya baterai.

Sehingga lebih buat anda yang ingin menghemat baterai hentikanlah penutupan aplikasi dengan cara menekan tombol home secara langsung, tutuplah aplikasi dengan sempurna sehingga tab tidak menumpuk.

Membiarkan Data Selluler Hidup Selama Tidak Terpakai

Penggunaan data selluler memang banyak menghabiskan daya baterai, terlebih lagi saat sinyal tidak stabil maka smartphone akan bekerja lebih keras yang berpengaruh dengan daya baterai. Semakin tidak stabil sinyal maka semakin besar daya yang digunakan.

Ada baiknya anda mematikan data selluler dan memilih sms biasa agar tidak menyita daya terlalu banyak, Dan saat smatphone tidak digunakan seperti saat tidur atau istirahat ada baiknya anda mematikan data seluler agar lebih hemat.

Gunakan Charger Asli

Charger asli atau original memang lebih mahal dibandingkan dengan charger biasa yang dijual di pasaran, namun bagi anda yang ingin membeli charger ada baiknya anda menggunakan charger asli meskipun harganya mahal.

Begitu juga untuk memperpanjang masa pemakaian baterai ada baiknya anda menggunakan charger asli untuk mengisi daya baterai, hindari penggunaan charger dari smartphone lain karena tiap charger memiliki voltage dan daya yang berbeda yang telah disesuaikan dengan smartphone.

Hentikan Pengguanaan Auto Brigtness

Penggunaan mode auto brightness memang memudahkan kita sebagai pengguna smartphone karena kita tidak perlu repot – repot mengatur kecerahan layar, apapun yang kita lakukan brightness akan secara otomatis menyesuaikan.

Namun banyak dari kita yang tidak tahu jika penggunaan auto brightness akan menghabiskan banyak daya dibandingkan dengan penggunaan brightness yang manual.

Jadi ada baiknya untuk anda yang masih menggunakan auto brightness matikanlah fitur auto brightness dan settinglah kecerahan layar secara manual untuk menghemat penggunaan baterai.

Itu tadi Kegiatan tidak di sadari pengguna android yang menguras baterai dan cara penyelesaiannya. Ada baiknya nada mengunakan smartphone dengan bijak agar menghemat daya smartphone dan juga masa smartphone.


Saran lainnya