Makanan Untuk Otak Agar Tetap Dapat Berpikir Sehat


Makanan Untuk Otak – Otak merupakan organ tubuh terpenting yang memiliki tugas sangat berat karena harus mengatur semua fungsi dari bagian tubuh. Oleh karena itu, otak membutuhkan asupan nutrisi yang lebih besar untuk mengoptimalkan fungsi otak. Nutrisi yang dibutuhkan otak yakni berasal dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari, baik itu makanan untuk otak, maupun makanan untuk kepentingan tubuh lainnya.

Dizaman modern sekarang ini sering kali kita kurang memperhatikan makanan untuk otak atau makanan sehat yang masuk ke dalam tubuh, apalagi dengan adanya berbagai makanan siap saji dan didukung oleh kesibukan kita yang luar biasa. Kita sering lupa panduan dasar untuk makan sehat, termasuk pentingnya makan tiga kali dalam sehari. Tapi tahukah sahabat fispol bahwa kesehatan otak atau berfungsinya otak dengan baik, tergantung dari makanan yang kita konsumsi.

Kalau otak kita sehat, maka kita dapat berpikir sehat,dan otak yang sehat sangat berpengaruh juga pada fungsi organ tubuh lainnya. Karena itu penting sekali untuk memahami makanan untuk otak atau makanan apa yang tepat untuk kesehatan otak.

Baca juga : Cara Efektif Mengatasi Stres, Terbaru Juli 2017

Berikut beberapa jenis makanan untuk otak yang akan membuat otak berfungsi secara optimal, membuat daya ingat menjadi kuat, lebih fokus, serta berenergi sepanjang hari. Mungkin salah satu diantaranya merupakan makanan favorit kamu, jadi akan lebih mudah untuk menerapkan makan sehat seperti ini.

Makanan Untuk Otak

Ini adalah beberapa daftar makanan super atau makanan untuk otak yang harus menjadi bagian dari rencana makan mingguan kamu. Setiap makanan akan mencakup informasi tentang manfaat kesehatan untuk fungsi otak yang spesifik, serta saran resep cepat. Jadi, jika kamu mencari makanan untuk membantu memori, untuk membantu membangunkan kamu, atau bahkan untuk membantu kamu berkonsentrasi, makanan bergizi yang menakjubkan ini pasti akan sangat bermanfaat.

1. Alpukat

Makanan untuk otak pertama yang sangat mudah kamu dapatkan adalah buah alpukat. Buah gurih ini sangat pas untuk dijadikan makanan untuk kesehatan otak anak ataupun orang dewasa, karena alpukat adalah salah satu makanan padat nutrisi dan bukan merupakan makanan perusak otak.

Baca juga : Cara Membuat Anak Cerdas Sejak Usia Dini

Makanan untuk otak yang satu ini mengandung serat, potasium, vitamin A,C,D,E,K, dan vitamin B. Alpukat juga tinggi lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda yang dikenal sebagai asam lemak omega 3, yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan otak kamu. Mengkonsumsi alpukat setiap hari dapat mengurangi resiko terkena penyakit Alzheimer.

Resep Toast Alpukat ;

  • 1 buah alpukat matang
  • Garam secukupnya
  • 1 potong roti gandum utuh
  • Bubuk lada hitam sedikit saja

Siapkan roti gandum yang sudah dibakar kemudian oleskan diatasnya alpukat yang telah dihaluskan sebelumnya. Tambahkan sedikit garam dan lada hitam diatasnya untuk menambah rasa lebih nikmat.

2. Coklat Hitam

Makanan untuk otak selanjutnya adalah coklat hitam. Wah, pasti sahabat fispol tidak akan menolak deh kalau makanan yang berbahan dasar coklat, hehehehehe. Coklat hitam ternyata memiliki manfaat yang sangat besar untuk kesehatan otak. Kandungan Flavonoid di dalam coklat hitam dapat memperbaiki aliran darah ke otak.

Selain itu, mengkonsumsi makanan untuk otak yang satu ini membantu melepaskan endorfin di otak kita, untuk mengurangi tingkat stres. Coklat juga mengandung triptofan tingkat tinggi, yang merupakan neurotransmitter untuk membuat rasa nyaman atau rileks.

Resep Blackberry Coklat ;

  • 6 ons coklat hitam
  • 0,5 kg buah berry hitam

Caranya juga cukup mudah, kamu cuma mencairkan coklat hitam dan kemudian celupkan semua buah berry hitam kedalam coklat yang telah mencair. Setelah itu tiriskan diatas piring dan diamkan sampai coklat mengeras pada buah berry, baru siap untuk dinikmati.

3. Salmon

Salmon juga termasuk makanan untuk otak yang sangat kaya akan asam lemak esensial. Ikan salmon merupakan salah satu sumber protein dan nutrisi terbaik bagi tubuh, khususnya untuk kesehatan otak. Karena tubuh kita tidak dapat membuat asam lemak esensial secara alami, jadi kita harus mendapatkannya dari makanan yang kita konsumsi.

Jenis ikan yang sangat baik untuk kesehatan otak ini mengandung EFA dan DHA dalam jumlah tertinggi. DHA tingkat tinggi dapat memperbaiki kehilangan ingatan dan dapat mengurangi resiko semua penyakit terkait ingatan seperti demensia dan atrofi otak dasar karena proses penuaan alami.

4. Brokoli

Sayuran hijau yang satu ini juga termasuk makanan untuk otak tetap sehat. Brokoli mengandung vitamin K dan Kolin tingkat tinggi yang membantu memperkuat fungsi kognitif otak, serta dapat meningkatkan daya ingat kita.

Makanan untuk otak yang berupa sayur hijau ini juga mengandung banyak asam folat, yang dapat membantu mencegah penyakit Alzheimer dan dapat membantu kita tetap merasa rileks serta menangkal depresi. Selain itu, tingginya lignan, yang telah terbukti bermanfaat bagi kemampuan otak kita untuk menjalankan fungsi dasarnya seperti berpikir, mengingat, membayangkan dan belajar kata-kata.

Baca Juga : Minum Air Putih Saat Bangun Pagi Ternyata Bagus Untuk Kesehatan

5. Bayam

Pasti sahabat fispol sudah tidak asing dengan sayur yang satu ini, selain bagus untuk kesehatan otak, bayam juga sangat lezat untuk dijadikan sebagai teman nasi yang tentunya diolah dengan bumbu yang pas. Makanan untuk otak yang satu ini sangat kaya kalium, yang berfungsi untuk menjaga konektifitas otak, dan juga meningkatkan daya ingat.

Itulah beberapa jenis makanan untuk otak agar tetap sehat sehingga kita bisa berpikir sehat. Selain ke 5 jenis makanan diatas, masih ada banyak lagi makanan lain yang dapat berperan untuk kesehatan otak, seperti madu, blueberry, teh hijau, tomat, kedelai, pisang,dll.


Saran lainnya